Perbedaan GLB dan GLBB

Apa sih perbedaan dari Gerak Lurus Beraturan (GLB) dengan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) itu?

Nah, buat kalian semua yang belum tahu? Nih simak ulasan yang ada dibawah ini.


Pengertian GLB dan GLBB

Perbedaan GLB dengan GLBB

1. GLB

GLB atau Gerak lurus beraturan yaitu sebagai gerak suatu benda dengan kecepatan tetap. Kecepatan tetap artinya tuh baik besar maupun arahnya selalu tetap.

Contohnya: Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan tetap yaitu 70 km/jam. Artinya, mobil tersebut bisa menempuh jarak 70 km dalam waktu 1 jam.

Kalo jarum speedometer di mobil itu tetap menunjukkan 70 km/jam, yang berarti mobil itu bergerak dengan kecepatan konstan. Karena kecepatan benda tetap, maka kata kecepatan bisa diganti dengan kelajuan.

2. GLBB

Gerak lurus berubah beraturan atau GLBB yaitu gerak yang lintasannya adalah garis lurus dan dengan kecepatan yang berubah beraturan.

Gerak lurus berubah beraturan juga bisa diartikan sebagai gerak lurus suatu objek, dimana kecepatannya berubah terhadap waktu karena adanya percepatan yang konstan atau tetap.

Akibat adanya percepatan rumus jarak yang ditempuh gak lagi linier, tetapi menjadi kuadratik.

Percepatan adalah besaran vektor. Dengan itu, buat menyatakan suatu percepatan harus menentukan besar dan arahnya.

Kalo arah percepatan searah dengan gerak benda, maka diberi tanda positif. Kalo pada percepatan berlawanan dengan gerak benda, maka diberi tanda negatif.

Contohnya: Naik sepeda tanpa di kayuh pada jalanan yang dikategorikan menurun. Sepeda akan bergerak semakin lama maka akan semakin cepat.


Perbedaan Ciri – Ciri GLB dengan GLBB

Perbedaan Ciri - Ciri GLB dengan GLBB

1. GLB 

Suatu benda dikatakan bergerak lurus beraturan, kalo menunjukan sebuah ciri – ciri seperti berikut dibawah ini:

  • Pada lintasan berupa garis lurus atau masih bisa dianggap sebagai lintasan yang lurus.
  • Pada kecepatan benda tetap atau konstan.
  • Tidak Mempunyai percepatan (a = 0).
  • Pada panjang lintasan yang ditempuh sama dengan luas grafik v – vs – t.
  • Pada kecepatan berbanding lurus dengan perpindahan dan berbanding terbalik dengan waktu.

2. GLBB

Berikut dibawah ini ada beberapa ciri – ciri dari sebuah gerak lurus berubah beraturan, diantaranya yaitu:

  • Lintasannya berupa garis lurus atau lintasan yang masih dianggap lurus.
  • Pada kecepatan benda berubah beraturan (naik atau turun).
  • Pada Benda mengalami percepatan tetap (a = konstan).
  • Grafik v – vs – t miring ke atas atau kebawah.

Perbedaan Rumus GLB dengan GLBB

Perbedaan Rumus GLB dengan GLBB

Dibawah ini tabel perbedaan kecepatan dan percepatan pada sebuah GLB dan GLBB.

Besaran
GLB
GLBB
Kecepatan
v = tetap/konstan
v = berubah
Percepatan
a = 0
a = tetap/konstan

Nah, dari tabel perbedaan kecepatan dan percepatan diatas, nilai v dan a pada GLB dan GLBB ini berbeda. Jadi, rumus besaran fisika seperti jarak dan kecepatan pada masing – masing jenis gerak itu juga berbeda – beda.

Berikut ini ada rumus – rumus dalam GLB dan GLBB, yang diantaranya sebagai berikut ini.

Rumus GLB, yaitu:

Jarak: St = S0 + a.t

Kecepatan: Vt = S/t

Rumus GLBB, yaitu:

Jarak: ( Vt = v0 + a x t ) Atau, ( S = v0 x t + ½ x a x t2 )

Kecepatan: Vt2 = V02 + 2 x a x s

Keterangan:

  • S0 = Jarak awak saat t = 0 (m)
  • St = Jarak pada saat t detik (m)
  • V0 = Kecepatan awal (m/s)
  • Vt = Kecepatan pada saat t detik (m/s)
  • a = Percepatan (m/s2)
  • t = Waktu (s)

Perbedaan Grafik GLB dengan GLBB

Perbedaan Grafik GLB dengan GLBB

Grafik GLB dan GLBB ini ada 3 macam, yaitu grafik s-t, grafik v-t dan grafik a-t.

Bahwa, yang membedakan GLB dengan GLBB ini adalah besar kecepatan benda, jadi bentuk grafik geraknya juga berbeda.

Nah, khusus dalam grafik GLBB ada dua jenis gerak, yaitu GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat.

1. Grafik Hubungan Jarak Terhadap Waktu (s-t) pada GLB dan GLBB

Kamu pasti tahu, kalo rumus kecepatan adalah jarak yang dibagi waktu (s/t).

Dari gambar diatas, bentuk kurva GLB yaitu garis lurus dimana seiring bertambahnya waktu, jarak yang ditempuh juga akan bertambah secara teratur.

Karena, hal ini mengandung makna kalo kecepatan benda akan selalu konstan atau stabil pada setiap saat/waktu.

Sedangkan, bentuk kurva GLBB yaitu garis lengkung (parabola). Buat gerak lurus berubah beraturan dipercepat, kurvanya berbentuk parabola terbuka keatas.

Ini menunjukkan kalo seiring bertambahnya waktu, jarak yang ditempuh benda tersebut akan semakin bertambah besar, jadi benda tersebut mengalami percepatan.

Nah, buat gerak lurus berubah beraturan diperlambat, model kurvanya berbentuk parabola terbuka kebawah.

Karena, mengindikasikan kalo seiring bertambahnya waktu, jarak yang bisa ditempuh benda tersebut akan semakin menurun, disebabkan benda mengalami perlambatan.

2. Grafik Hubungan Kecepatan Terhadap Waktu (v-t) pada GLB dan GLBB

Coba perhatikan gambar grafik v-t yang ada diatas ini. Pada GLB, bentuk kurva lurus horizontal jadi nilai kecepatan benda akan selalu sama setiap saat.

Pada GLBB dipercepat bentuk kurva linier ke atas yang mengindikasikan kalo sering bertambahnya waktu, maka kecepatan bertambah besar secara teratur.

Pertambahan kecepatan ini, karena adanya percepatan.

Sedangkan pada GLBB diperlambat, bentuk kurva liniernya ke bawah. Karena, mengandung arti kalo seiring pertambahan waktu, maka besar kecepatan benda semakin berkurang secara teratur.

Pengurangan kecepatan ini, karena pengaruh adanya perlambatan.

3. Grafik Hubungan Percepatan Terhadap Waktu (a-t) pada GLB dan GLBB

Percepatan adalah besaran vektor jadi selain mempunyai nilai, percepatan juga mempunyai sebuah arah.

Pada GLB, percepatannya adalah nol jadi bentuk kurvanya lurus horizontal dan berhimpit dengan sumbu waktu (positif) yang menunjukkan kalo nilai percepatan pada GLB selalu nol.

Kalo buat GLBB dipercepat, kurvanya berbentuk lurus horizontal dan berada pada sumbu percepatan (positif), hal ini menunjukkan kalo pada GLBB dipercepat benda mengalami percepatan yang berharga positif (+a).

Sedangkan pada GLBB diperlambat, kurvanya ada pada sumbu percepatan (negatif) yang berarti kalo pada GLBB dipercepat benda mengalami percepatan yang berharga negatif (-a) yang disebut dengan perlambatan.


Yey! Sekarang, kamu jadi udah tahu perbedaan antara GLB dengan GLBB itu sendiri. Jangan lupa share dong! 😀

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu

Update : 11 September 2020 - Published : 13 Maret 2020

       

3 pemikiran pada “Perbedaan GLB dan GLBB”

Tinggalkan komentar