Model Atom Rutherford

Pernah gak sih, kamu mendengar kata atom? Sebenarnya apa sih itu atom?

Nah, dibawah ini ada beberapa pembahasan tentang pengertian model atom Rutherford, ciri – cirinya, model, kelebihan, kekurangan dan lainnya. Yuk langsung aja simak!


Pengertian Atom

Pengertian Atom

Atom merupakan suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya.

Kata atom tuh berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata Atomos yang artinya gak bisa dibagi – bagi lagi.

Inti atom terdiri dari proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral (kecuali pada inti atom Hidrogen-1, yang gak mempunyai neutron).

Diameter yang ada pada atom sekitar 6 sampai 30 nm. Karena, adanya gaya elektromagnetik atom bergabung bersama dengan atom – atom yang lain jadi membentuk sebuah molekul.


 

Sifat – Sifat Atom

Sifat - Sifat Atom

Berikut, dibawah ini ada beberapa sifat – sifat yang ada pada Atom.

 

1. Massa Atom

Jadi, jumlah keseluruhan dari partikel dasar dalam suatu Atom itu, disebut nomor massa.

 

2. Nomot Massa

Atom merupakan suatu zat yang berbeda mempunyai jumlah proton yang gak sama dalam intinya. Nah, jumlah proton dalam inti ini disebut nomor atom.

 

3. Gaya Atom

Misalnya, kamu dalam penggunaanya gaya menjaga elektron yang bermuatan negatif agar tetap ada orbit sekeliling inti muatan positif.

 

4. Sifat Nuklir

Dalam sifat ini, cuma ada pada unsur – unsur atom yang punya nomor atom lebih dari 82. Dari sekitar 339 nuklida yang udah ditemukan secar alami di bumi, sebanyak 269 diantaranya belum terpantau secara menyeluruh.

Di unsur kimia, 80 dari unsur yang diketahui memiliki satu atau lebih isotop stabil.

Unsur 43, 63 dan semu aunsur yang memiliki nomor atom lebih dari 82 gak punya isotop stabil. Jadi, menyebabkan unsur tersebut memiliki sifat radioaktif.


 

Model Atom Rutherford

Model Atom Rutherford

Rutherford bersama 2 muridnya yaitu Hans Geiger dan Erners Masreden melakukan sebuah percobaan yang dikenal dengan hamburan sinar alfa (λ) ke lempeng tipis emas.

Dari semua hasil penelitiannya, dia menemukan sebagian besar partikel alfa mampu menembus lembaran emas tanpa dibelokkan. Rutherford juga menemukan partikel alfa yang dibelokkan sedikit, tapi dengan sangat mengejutkan.

Rutherford juga menemukan beberapa partikel alfa yang dibelokkan pada sudut yang sangat tajam kembali ke sumber radioaktif. Rutherford kemudian mengembangkan model inti atom.

Nah, berikut beberapa kesimpulan dari hasil pengamatannya:

  1. Karena hampir semua partikel alfa diteruskan maka Atom bukan merupakan bola pejal.
  2. Kalo lempeng emas tersebut dianggap sebagai satu lapisan atom – atom emas, maka didalam atom emas ada partikel yang sangat kecil yang bermuatan positif.
  3. Dengan didasari sebuah fakta yang menegaskan kalo 1 dari 20.000 partikel alfa akan dibelokkan. Maka, angka tersebut merupakan suatu perbandingan diameter, maka didapatkan ukuran inti atom kira – kira 10.000 lebih kecil dari ukuran atom keseluruhan.

Dari kesimpulan diatas, Rutherford mengemukakan sebuah model atom yang dikenal dengan model atom Rutherford.

Rutherford: Atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif, dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif.


 

Ciri – Ciri Teori Atom Rutherford

Ciri - Ciri Teori Atom Rutherford

Rutherford melakukan penelitian tentang hamburan sinar α (alpha) pada lempeng emas. Hasil pengamatan tersebut dikembangkan dalam hipotesis model atom Rutherford.

Nah, berikut ada beberapa ciri – ciri atau bunyi teori atom Rutherford yang perlu kamu ketahui nih.

  1. Dengan kecepatan yang sangat tinggi, elektron bergerak mengelilingi inti.
  2. Sebagian kecil dibelokkan dan sedikit sekali yang dipantulkan.
  3. Permukaan kosong atau hampa merupakan bentuk atom.
  4. Awan elektron gak mempengaruhi penyebaran partikel α (alfa).
  5. Dengan bermuatan positif dan termasuk pusat massa atom disebut inti atom.

 

Kelebihan dan Kelemahan Model Atom Rutherford

Kelebihan dan Kelemahan Model Atom Rutherford

Ada beberapa kelebihan dan kelemahan model atom Rutherford, berikut dibawah ini penjelasannya.

Kelebihan:

  1. Dengan inti atom yang berputar mengelilingi maka bisa menjelaskan bentuk lintasan elektron.
  2. Dapat menggambarkan gerak elektron disekitar inti.
  3. Mudah dipahami untuk menjelaskan struktur atom yang rumit.

 

Kelemahan:

  1. Bersumber dari para pakar hukum fisika klasik, pada elektron yang bergerak mengelilingi inti memancarkan energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik.
  2. Dalam penjelasan model atom rutherford, dia gak bisa menerangkan dimana letak elektron dan cara rotasinya terhadap inti atom.
  3. Saat energi atom jadi gak stabil itu diakibatkan oleh elektron memancarkan energi saat sedang bergerak.
  4. Tidak mempunyai kemampuan buat menjelaskan spektrum garis pada atom hidrogen (H).

Nah, diatas tadi beberapa pembahasan materi tentang model Atom Rutherford yang belum banyak diketahui. Semoga bisa membantu dan menambah wawasan kamu tentang teori model atom Rutherford.

       

Tinggalkan komentar