Model Atom Dalton

Seperti apa sih model Atom Dalton? Nah, buat kamu semua yang penasaran dengan model atom Dalton?

Berikut dibawah ini ada beberapa penjelasan lengkap tentang Model Atom Dalton, loh? Yuk langsung simak aja!

 


Sejarah Penemuan Atom

Sejarah Penemuan Atom

Dalam sejarah, atom pertama kali ditemukan pada tahun 1803 oleh John Dalton, yang saat itu mengemukakan sebuah teori tentang atom.

Terus, banyak tuh ilmuwan yang mendukung teori atom yang dilakukan oleh John Dalton seperti, Michael Faraday seorang yang udah menemukan teori pemecahan molekul pakai elektrolisis pada tahun 1832 dan J. Plucker yang menemukan tabung katoda pada tahun 1839.

Kemudian, ditahun 1869 seseorang yang bernama Dmitri Mendelev menemukan sebuah hukum yang mengenai hukum periodic.

Pada tahun 1870, Sir Willian Crookes melakukan penelitian eksperimen menemukan suatu elektron yang punya massa tertentu dengan cara penembakan sinar Katoda.

Setelah itu, ditahun 1873 John C. Maxwell melakukan penelitian tentang listrik dan medan listrik.

E. Goldstein setelah melakukan penelitian, dia menemukan proton yang bermuatan positif dan berlanjut pada G.J Stoney yang berhasil menemukan partikel penyusun atom bermuatan negatif yaitu Elektron.

Rutherford membuat hipotesis berdasarkan penelitiannya yang mengemukakan kalo ada suatu inti atom selain proton yang menjaga keseimbangan atom.

Hipotesis Rutherford tersebut dan dibuktikan oleh James Chadwik tahun 1932 dengan menemukan partikel atom yang bermuatan netral yang disebut dengan neutron.

 


Teori Atom Dalton

Teori Atom Dalton

John Dalton berpendapat pada tahun 1803 berdasarkan 2 hukum yaitu hukum kekekalan massa (Lovoisier) dan hukum susunan tetap (hukum prouts).

Lavosier menjelaskan dalam hukum kekekalan massa kalo massa total zat-zat sebelum reaksi sama dengan massa total zat-zat hasil reaksi.

Sedangkan, Prouts menjelaskan kalo perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa selalu tetap.

Nah, dari kedua hukum diatas, J. Dalton menarik kesimpulan seperti dibawah ini.

  1. Jenis atom merupakan suatu bagian terkecil dalam materi yang gak bisa dibagi – bagi lagi.
  2. Atom berbentuk mirip seperti bola pejal yang sangat kecil, suatu atom memiliki unsur – unsur yang identik dan berbeda dengan unsur yang berbeda.
  3. Atom – atom yang apabila bergabung akibatnya akan membentuk sebuah senyawa dengan perbandingan suatu bilangan bulat dan sederhana.
  4. Reaksi kimia punya fungsi buat pemisahan dan penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom, jadi atom gak bisa diciptakan atau dimusnahkan.

 


Ciri – Ciri Model Atom Dalton

Ciri - Ciri Model Atom Dalton

Berikut dibawah ini beberapa ciri – ciri model atom Dalton.

  1. Jenis atom yaitu yang merupakan suatu bagian terkecil dari materi yang udah gak bisa dibagi – bagi lagi.
  2. Suatu unsur mempunyai atom-atom yang identik dan buat unsur yang berbeda, atom bisa digambarkan menjadi bola pejal yang sangat kecil.
  3. Dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana atom bergabung membentuk senyawa. Misalnya air terdiri atom – atom hidrogen dan atom – atom oksigen.
  4. Pada Reaksi kimia disebut juga suatu pemisahan dan penggabungan atau penyusunan kembali dari atom – atom, jadi atom gak bisa diciptakan atau dimusnahkan.

 


Kelebihan dan Kelemahan Model Atom Dalton

Kelebihan dan Kelemahan Model Atom Dalton

Banyak sekali kelebihan dan kelemahan yang ada pada model aatom Dalton, berikut dibawah pembahasannya.

Kelebihan:

  • Pada Teori dalton jadi suatu teori yang sangat penting jadi buat ilmuan lain tertarik buat mempelajari atom secara mendalam, jadi ada model – model atom yang lebih kompleks.

Kelemahan:

  • Atom digambarkan sebagai bola pejal yang kecil.
  • Atom merupakan suatu partikel kecil yang gak bisa dibagi – bagi lagi.
  • Atom merupakan suatu unsur yang mempunyai sifat yang sama.
  • Apabila atom digabungkan maka akan membentuk atom yang senyawa.
  • Reaksi kimia merupakan reoganisasi dari sejumlah atom, jadi gak ada atom yang berubah akibat reaksi kimia.

 

 


Partikel Dasar Atom

Partikel Dasar Atom

1. Proton

Proton yaitu partikel dasar yang punya suatu muatan positif (+1) dan mempunyai diameter yang cuma 1/3 diameter electron. Tapi, proton memiliki massa sekitar 1840 kali electron.

 

2. Neutron

Neutron yaitu suatu partikel dasar yang gak punya sebuah muatan (Netral) dan ada massa yang sama dengan gabungan antara massa proton dan massa electron.

 

3. Elektron

Elektron yaitu masih termasuk partikel dasar yang punya tapi bermuatan negative (-1) dan memiliki massa paling ringan diantara partikel lainnya yang cuma 1/1840 kali massa proton atau neutron.

 

 


Partikel – Partikel pada Atom

Partikel - Partikel pada Atom

1. Partikel Subatom

Dalam definisi, atom menerangkan kalo atom tuh suatu bagian terkecil dari material yang gak bisa dibagi – bagi lagi.

Tapi dalam ilmu modern, atom sendiri tersusun dari beberapa partikel subatom. Partikel subatom tersebut meliputi proton, elektron dan neutron.

 

2. Inti Atom

Inti atom terdiri atas proton dan neutron yang terikat di inti atom oleh suatu gaya elektromagnetik. Proton dan nutron ini disebut nucleon atau penyusun inti.

Inti atom mempuyai diameter sekitar 10 sampai 15 nm, dari sudut unsur kimia atom punya kimia dan jumlah proton yang sama. Suatu unsur bisa punya variasi jumlah neutron yang disebut isotop.

 

3. Awan Elektron

Awan partikel merupakan suatu daerah dalam sumur potensi dimana tiap – tiap electron menghasilkan sejenis gelombang diam (gelombang yang gak bergerak).


Kesimpulan

Jadi, kesimpulan dari pembahasan model atom Dalton adalah:

  • Teori atom Dalton merupakan tahap pertama buat menggambarkan semua materi dalam kaitannya dengan atom dan sifatnya.
  • Dalton mendasarkan teorinya pada hukum kekekalan massa dan hukum komposisi konstan.
  • Teori atom dalton menyatakan kalo semua materi terbuat dari atom, yang gak bisa dibagi – bagi lagi.
  • Teorinya menyatakan kalo semua atom dari unsur tertentu memiliki massa dan sifat yang identik.
  • Teori tersebut menyatakan kalo senyawa merupakan kombinasi dari dua atau lebih jenis atom.
  • Teori model atom dalton menyatakan kalo reaksi kimia merupakan penataan kembali atom.
  • Bagian dari teori tersebut harus dimodifikasi berdasarkan keberadaan partikel subatomik dan isotop.

Gimana penjelasan model atom dalton, pengertian ciri, teori, kelebihan dan kekurangannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan meningkatkan ilmu pengetahuan kalian 😀

       

Tinggalkan komentar