Perbedaan Gymnosp3rm4e dan Angiosp3rm4e

Di dalam dunia tanaman, kamu pastinya akan menemukan beberapa tanaman atau tumbuhan dengan beberapa bentuk yang berbeda-beda.

Apalagi jika kalian merupakan murid sekolah yang sedang belajar mata pelajaran IPA khususnya biologi, pernahkah kamu mendengar gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4e?

Gymnosp3rm4e adalah tumbuhan yang serbuk sarinya bisa jatuh secara langsung pada bakal biji yang bahkan belum dibuahi, bukan juga bagian dari kepala putik yang bijinya tidak tertutup dengan buah.

Sedangkan angiosp3rm4e adalah tumbuhan yang memiliki 300 suku dan mayoritas diantaranya masih hidup sampai saat ini.

Diantara kedua tanaman ini pastinya terdapat sejumlah perbedaan gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4e.

Apa aja sih? Yuk simak baik-baik pembahasannya berikut ini.


Perbedaan Biji Gymnosp3rm4e dan Angiosp3rm4e

Perbedaan Biji Gymnosp3rm4e dan Angiosp3rm4e

Untuk perbedaan gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4e pertama yang harus kamu pelajari adalah perbedaan yang terletak pada bijinya.

Kamu perlu paham bahwa tumbuhan pada gymnosp3rm4e ini bijinya terbuka sehingga mampu terlihat dari luar diantara dedaunan.

Sedangkan biji tumbuhan yang ada pada angiosp3rm4e ini tertutup sehingga daun buahnya tidak bisa terlihat dari luar.


Perbedaan Pembuahan gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4e

Untuk perbedaan selanjutnya adalah perbedaan dari pembuahan kedua tanaman ini. Untuk proses dari pembuahan tumbuhan gymnosp3rm4e adalah pembuahan tunggal yang nantinya hanya bisa terjadi sekali dalam pembuahan antara ovum dan sp3rm4.

Pada pembuahan tunggal ini, nantinya akan ada satu sel sp3rm4 yang mampu membuahi satu sel telur sehingga mampu membentuk zigot.

Sedangkan untuk proses pembuahan yang ada di dalam tumbuhan angiosp3rm4e adalah proses pembuahan ganda.

Mengapa disebut sebagai pembuahan ganda? Hal ini dikarenakan adanya dua inti sp3rm4 yang akan melebur.

Bahkan pembuahan ganda nantinya akan berlangsung sebanyak 2 kali. Pertama adalah sp3rm4tozoa satu yang akan membuahi ovum dan mampu menghasilkan zigot.

Perkembangannya akan menjadi biji, sedangkan proses sp3rm4tozoa dua akan membuahi kandung lembaga sekunder dan nantinya mampu menghasilkan endosp3rm4e yang akan menjadi sebuah daging buah.


Perbedaan Bentuk Daun gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4e

Perbedaan Bentuk Daun gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4e

Setelah mengetahui pengertian dari tanaman gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4e, dan perbedaan dari proses pembuahan dan bijinya, kamu juga harus paham perbedaan gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4edari bentuk daunnya.

Untuk bentuk daun dari tumbuhan gymnosp3rm4e kaku dan juga sempit. Sebagai contohnya tumbuhan pakis haji yang daunnya berbentik seperti palem dan untuk daunnya memiliki sifat majemuk dengan tulang yang bentuknya tidak beragam.

Sedangkan untuk bentuk daun pada tumbuhan angiosp3rm4e ini pipih dan juga lebar. Sehingga susunan tulang daun yang ada akan bervariasi.

Untuk bentuk tulang daun tumbuhan dikotil juga ada yang menyirip dan juga menjari. Sedangkan untuk bentuk tanaman monokotil memiliki bentuk tulang daun yang sejajar dan juga melengkung.


Perbedaan Ovarium gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4e

Perbedaan Ovarium gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4e

Untuk perbedaan selanjutnya adalah perbedaan dari ovarium dari masing-masing tanaman. Untuk ovum dari tumbuhan gymnosp3rm4e ini tidak ada karena tidak memiliki ovarium.

Sedangkan untuk ovum dari tumbuhan angiosp3rm4e ini memiliki ovum yang bentuknya putik.


Perbedaan Alat Reproduksi gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4e

Perbedaan reproduksi gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4e

Perbedaan lain yang juga harus bisa kamu pahami dari kedua tumbuhan ini adalah alat reproduksi mereka. Untuk alat reproduksi yang ada pada tumbuhan gymnosp3rm4e ini dinamakan dengan strobilus.

Strobilus ini adalah sekumpulan sporofil yang nantinya akan membentuk sebuah struktur di mana strukturnya juga berbentuk kerucut pada ujung tunas fertile.

Sedangkan untuk alat reproduksi yang ada pada angiosp3rm4e adalah bunga yang terdiri dari putik yang digunakan sebagai alat kelamin betina.

Sedangkan untuk alat kelamin jantan terletak pada benang sari. Nantinya, benang sari akan menghasilkan sebuah serbuk sari yang akan masuk ke dalam putik dan akan terjadi sebuah proses pembuahan.


Perbedaan Batang gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4e

Perbedaan Batang gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4e

Akar yang dimiliki oleh kedua tanaman ini pun akan cukup berbeda. Di mana tumbuhan gymnosp3rm4e ini batangnya memiliki kambium.

Kambium adalah jaringan tumbuhan yang berada diantra xilem dan juga floem. Nantinya kambium inilah yang akan menjadi sebuah jaringan tumbuhan sehingga bisa berkayu.

Sedangkan untuk batang dari tanaman angiosp3rm4e ini ada 2 jenis karena ada yang memiliki kambium, namun ada juga yang tidak memiliki kambium.

Perbedaannya adalah tumbuhan dikotil yang memiliki kambium sedangkan untuk tumbuhan monokotil tidak memiliki kambium.


Perbedaan Akar gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4e

Perbedaan Akar gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4e

Untuk informasi terakhir mengenai sejumlah perbedaan gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4eadalah perbedaan dari bentuk akarnya.

Untuk tumbuhan gymnosp3rm4e memiliki akar tunggang, sedangkan untuk tumbuhan angiosp3rm4e ini memiliki akar yang akan bervariasi.

Tumbuhan dikotil dengan akar yang tunggang, sedangkan untuk tumbuhan monokotil akan berakar serabut.

Jadi, itulah sejumlah perbedaan gymnosp3rm4e dan angiosp3rm4e mulai dari bentuk daunnya, kemudian bentuk akar, alat reproduksi betina dan jantan dari masing-masing jenis tanaman, dan lainnya.

Tentunya dengan adanya informasi sejumlah perbedaan yang sudah disebutkan, maka kamu akan lebih paham tentang tumbuhan gymnosp3rm4e dan juga angiosp3rm4e.

Originally posted 2020-01-02 20:20:46.

Maulana Fahri

Update : 26 Juni 2022 - Published : 26 Juni 2022

Tinggalkan komentar