Perbedaan Administrasi dan Manajemen

Garis batas antara administrasi dan manajemen sangat tipis dan gak jelas. Mereka kelihatannya serupa, tapi sangat berbeda satu sama lainnya.

Perbedaan administrasi dan manajemen juga gak begitu berpengaruh pada prakteknya.

Titik perbedaan utama antara keduanya yaitu kalo manajemen bisa dipertanggungjawabkan terhadap administrasi.

Ingin tahu lebih lengkap mengenai perbedaan Administrasi dan Manajemen? Langsung aja yuk, simak pembahasannya pada artikel dibawah ini!


 

Pengertian Administrasi dan Manajemen

1. Administrasi

Administrasi

Administrasi yaitu keseluruhan kegiatan pencatatan tertulis dan tersusun secara sistematis, dari keterangan yang ada buat mempermudah dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Fungsinya yaitu buat pembentukan dari rencana, kebijakan, aturan, prosedur, pengaturan tujuan serta objek, menegakkan regulasi serta tujuan, dan lain sebagainya.

Administrasi ini mewakili lapisan tertinggi dari hirarki manajemen sebuah organisasi yang bersifat birokratis.

Contoh administrasi, yaitu:

  • Saat ada pekerja di sebuah pabrik yang meminta THR atau tunjangan hari raya, maka mereka akan diminta buat menungggu keputusan dari manajemen.
  • Saat kamu melakukan pengurusan dokumen di sebuah lembaga, instansi, atau kantor. Maka, kamu akan selalu dimintai kompensasi atas dokumen tersebut dengan istilah biaya administrasi.

2. Manajemen

Manajemen

Manajemen yaitu seni menyelesaikan pekerjaan milik orang lain atau bisa didefinisikan sebagai suatu tindakan mengelola pekerjaan dan karyawan buat bisa mencapai tujuan dengan memakai sumber daya organisasi.

Fungsi dari sebuah manajemen yaitu merencanakan, memimpin, mengontrol, memotivasi, mengelola, membuat koordinasi san juga keputusan.

Manajemen ini berorientasi pada hasil dan fokus terhadap pencapaian hasil yang diinginkan.

Ada 5M yang harus ada didalam manajemen, diantaranya yaitu:

  • Men (orang)
  • Material (bahan)
  • Machines (mesin)
  • Method (metode)
  • Money (uang).

 

Perbedaan Utama dari Administrasi dan Manajemen

Perbedaan Utama dari Administrasi dan Manajemen

PembedaAdministrasiManajemen
PengertianAdministrasi adalah keseluruhan kegiatan pencatatan secara tertulis dan tersusun secara sistematis dari keterangan – keterangan yang ada untuk mempermudah dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan.Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan milik orang lain atau dapat juga didefinisikan sebagai suatu tindakan mengelola pekerjaan dan karyawan untuk dapat mencapai tujuan dengan menggunakan sumber daya organisasi.
PeranMenentukanPelaksana
MenentukanApa yang harus diselesaikan ? Dan kapan pekerjaan tersebuut selesai ?Siapa yang melakukan pekerjaan ? Dan bagaimana pekerjaan tersebut dapat diselesaikan ?
KewenanganLevel atasLevel menengah bahkan bawah
PekerjaanMenentukan tujuan, menyusun kebijakan, dan formulasi dari rencana.Kebijakkan sebagai aksi dan menerapkan rencana.
Diterapkan padaKantor pemerintah, klub, militer, rusah sakit, perusahaan bisnis, organisasi pendidikan dan agama, serta lain sebagainya.Hanya organisasi bisnis. Karena organisasi bisnis menghasilkan profit.
Berpusat padaMenentukan alokasi terbaik yang memungkinkan dari sumber daya yang terbatas.Melaksanakan pekerjaan.
Wilaya OperasiMemiliki kontrol penuh atas semua aktivitas di organisasi.Manajemen bekerja di bawah administrasi.
Juru KunciAdministratorManajer
MewakiliPemilik : yang mendapatkan imbalan pada modal yang diinvestasikan oleh mereka.Karyawan : yang bekerja untuk pemberian upah.

Nah, dibawah ini penjelasan lebih lengkapnya tentang perbedaan dari Administrasi dan Manajemen:

  • Manajemen yaitu cara sistematis mengelola orang dan hal – hal dalam organisasi. Sedangkan, Administrasi didefinisikan sebagai tindakan mengelola seluruh organisasi oleh sekelompok orang.

  • Manajemen merupakan kegiatan bisnis dan tingkat fungsional. Sedangkan, Administrasi merupakan kegiatan tingkat tinggi.

  • Manajemen berfokus pada implementasi kebijakan. Sedangkan, formulasi kebijakan dilakukan oleh administrasi.

  • Fungsi administrasi termasuk undang – undang dan penentuan. Sebaliknya, fungsi manajemen bersifat eksekutif dan mengatur.

  • Administrasi mengambil semua keputusan penting dari organisasi. Sedangkan, manajemen membuat keputusan di bawah batas yang ditetapkan oleh administrasi.

  • Sekelompok orang, yang merupakan karyawan organisasi secara kolektif dikenal sebagai manajemen. Sedangkan di sisi lain, administrasi mewakili pemilik organisasi.

  • Manajemen bisa dilihat dalam organisasi yang menghasilkan laba seperti perusahaan bisnis. Sedangkan, Administrasi ditemukan di kantor – kantor pemerintah dan militer, klub, rumah sakit, organisasi keagamaan, serta semua perusahaan nirlaba.

  • Manajemen merupakan semua tentang rencana dan tindakan. Sedangkan, administrasi berkaitan dengan kebijakan framing dan menetapkan tujuan.

  • Manajemen memainkan perannya bersifat eksekutif dalam organisasi. Sedangkan, administrasi ini perannya bersifat menentukan.

  • Manajer mengurus manajemen organisasi. Sedangkan, administrator bertanggung jawab atas administrasi organisasi.

  • Manajemen berfokus pada mengelola orang dan pekerjaan mereka. Sedangkan di sisi lain, administrasi berfokus buat memanfaatkan sumber daya organisasi sebaik mungkin.


Secara teoritis, bisa dibilang kalo keduanya punya istilah yang berbeda, tapi secara praktek. Kamu akan menemukan kalo kedua istilah tersebut kurang lebih sama.

Dan, kamu akan menyadari kalo seorang manajer melakukan kedua aktivitas fungsional dan administrative.

Meskipun manajer yang bekerja pada level yang paling tinggi, dikatakan sebagai bagian dari administrasi walaupun manajer bekerja pada level bawah atau menengah mewakili manajemen.

Jadi, kamu bisa bilang kalo administrasi itu di atas manajemen. Semoga artikel tentang perbedaan Administraasi dan Manajemen bisa bermanfaat 😀

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu

Update : 10 Juni 2020 - Published : 3 Juni 2020

       

Tinggalkan komentar