Contoh Kebutuhan Primer

Kamu manusia kan? Ya pasyi dong hehe. Kalo manusia pasti sangat membutuhkan sesuatu buat hidup.

Di dunia ini, dikenal ada 3 jenis kebutuhan yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan juga tersier.

Nah, kali ini kita akan membahas salah satu kebutuhan manusia yaitu kebutuhan primer.

Apa sih, yang dimaksud dari kebutuhan primer itu?

Buat memahaminya lebih lanjut Cerdika.com akan kasih beberapa contoh kebutuhan primer yang sudah kami rangkum dari banyak sumber. Apa aja? Scroll aja ke bawah yuk!


Pengertian Kebutuhan Primer

Pengertian Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer yaitu kebutuhan pokok (primary) yang sifatnya mendesak yang dalam pemenuhannya gak bisa ditawar dan wajib buat terpenuhi, supaya manusia bisa bertahan hidup.

Ada kata primary tuh, ibaratnya kalo kamu main game RPG atau yang ada senjatanya pasti ada primary weapon kan?

Jadi, “primary” ini yang benar-benar harus dipenuhi atau harus kita punya dulu baru landjut ke sekunder.

Pahami juga contoh kebutuhan sekunder.

Kalo kebutuhan primer gak terpenuhi, akibatnya gimana kak? Kalo gak terpenuhi, bisa-bisa kehidupan seluruh manusia akan terganggu lho.

Contohnya aja, kebutuhan primer itu kan ada Pangan (Makanan), coba bayangin manusia gak pernah makan atau minum, pastinya akan meninggal kan?


Contoh Kebutuhan Primer

1. Sandang (Pakaian)

Sandang

Sandang merupakan kebutuhan manusia yang berupa pakaian yang digunakan untuk menutupi dan melindungi tubuh kita dari panas dan dingin.

Contoh dari  sandang (pakaian) itu seperti baju dan celana.

Pada jaman dulu, pakaian ini dibuat dari kulit kayu dan hewan. Tapi, dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat, saat ini pakaian dibuat dari tenunan benang dengan berbagai macam jenis.

Tanpa adanya sandang, manusia masih bisa buat bertahan hidup. Tapi, kalo seseorang gak mengenakan pakaian, dia akan cenderung merasa kedinginan dan malu buat bergaul karena udah menyalahi norma yang ada.

2. Pangan (Makanan)

Pangan

Pangan merupakan kebutuhan manusia untuk makan dan minum sehingga manusia dapat memperoleh energi untuk beraktivitas.

Makanan (termasuk minuman) ini merupakan kebutuhan pokok dan paling utama bagi setiap makhluk hidup.

Karena, gak cuma manusia aja yang membutuhkan makanan, tapi hewan dan tumbuhan juga membutuhkannya makanan buat bertahan hidup.

Contoh dari pangan itu seperti sembako (sembilan bahan pokok), yaitu:

  • Beras, jagung, dan sagu
  • Daging
  • Sayur-sayuran dan buah-buahan
  • Susu
  • Telur
  • Gula Pasir
  • Garam beriodium dan bernatrium
  • Minyak goreng dan margarin
  • Minyak tanah atau LPG.

3. Papan (Tempat Tinggal)

Papan

Papan (rumah/tempat tinggal) merupakan tempat yang dipakai menusia sebagai tempat tinggal dan tempat buat berlindung atau berteduh dari hujan atau panas.

Seiring berjalannya waktu, rumah dipakai sebagai tempat buat berkumpul dengan keluarga.

Tapi, gak semua keluarga mempunyai tempat tinggal yang nyaman bahkan ada yang gak mempunyai tempat tinggal.

4. Keluarga

Keluarga

Keluarga juga merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh manusia.

Berbagai macam hal yang pertama kali kita pelajari itu berawal dari keluarga seperti awal kita bisa berbicara, berjalan, dan sebagainya.

Karena, melalui keluarga banyak sekali pelajaran yang bisa diterima, sehingga keluarga juga jadi suatu kebutuhan psikologis yang cukup penting.

Gak semua orang masih mempunyai keluarga, bahkan ada yang hidup sebatang kara dan sebagainya.

Makanya, buat kamu yang masih mempunyai keluarga yang utuh bersyukur lah dan jaga dengan baik keluarga yang kita punya.

5. Teman

Teman

Manusia merupakan makhluk sosial, yang tidak bisa hidup sendiri sehingga kita saling membutuhkan dan saling tolong menolong untuk bisa bertahan hidup.

Setiap orang pasti mempunyai teman, dan melalui teman kamu bisa banyak belajar dan mendapatkan rasa kasih sayang serta berbagai pengalaman.

6. Pendidikan

Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang gak boleh diabaikan, karena dengan pendidikan sebuah negara bisa menjadi semakin maju.

Karena gak cuma sandang, pangan, dan papan aja, tapi pendidikan juga sangatlah penting.

Makanya, suatu negara juga mewajibkan seorang anak mendapatkan pendidikan yang layak dan juga sesuai dengan standar yang ditentukan.

7. Informasi

Informasi

Dengan adanya informasi, maka kamu akan lebih mudah buat memenuhi kebutuhan lainnya.

8. Pengetahuan

Pengetahuan

Pengetahuan ini hampir sama dengan pendidikan, tapi pengetahuan mempunyai cakupan yang lebih luas.

Pengetahuan mempunyai banyak jenis, seperti pengetahuan formal dan non formal serta skill hidup yang menjadi pengetahuan untuk bertahan hidup.

9. Pekerjaan

Pekerjaan

Pekerjaan merupakan kebutuhan primer, dimana dengan kita bekerja maka kita akan memperoleh penghasilan.

Penghasilan atau uang yang didapatkan tersebut, bisa dipakai buat memenuhi kebutuhan dalam sehari-hari.

Contohnya: Kamu bisa membeli makanan, minuman, pakaian, da lain sebagainya dari hasil jerihpayah kamu dalam bekerja.

10. Kasih Sayang

Kasih Sayang

Manusia juga membutuhkan kasih sayang, baik itu dari keluarga, teman, atau orang lain yang ada di sekitarnya.

Dengan adanya kasih sayang, maka manusia bisa lebih peduli dengan sesama dan peduli dengan hal lainnya yang ada di sekitar mereka.

11. Hubungan

Hubungan

Kita sebagai manusia akan membutuhkan suatu hubungan, seperti hubungan kekeluargaan, pertemanan, atau berbagai macam hubungan yang bisa memenuhi kebutuhan pokok kita.

12. Menunjukkan Prestasi/Kemampuan

Menunjukkan Prestasi

Manusia juga butuh buat menunjukkan prestasinya, karena orang lain akan memperhitungkan keberadaannya dan mendapat pengalaman hidup.

13. Identitas

Identitas

Setiap manusia pasti ingin dikenal di dalam lingkungannya yang mereka tinggali saat ini.

Jadi, orang lain bisa mengenali dan bisa berinteraksi satu sama lain yang kemudian akan terjalin ikatan pertemanan yang sangat menyenangkan.

14. Privasi

Privasi

Setiap orang pasti sangat membutuhkan privasi, karena ada beberapa hal yang sensitif yang cuma boleh diketahui oleh dirinya sendiri.

15. Keamanan

Keamanan

Setiap manusia pasti mempunyai harapan buat tinggal di tempat yang aman dan juga nyaman.

Gak cuma di tempat tinggalnya aja, tapi juga di sekitarnya jadi kita akan merasa aman dan gak merasa was-was atau curiga dengan hal negatif yang bisa mencelakainya.

16. Kesehatan

Kesehatan

Dengan kondisi tubuh yang sehat, maka seseorang bisa dengan mudah melakukan segala hal, jadi kebutuhan primernya bisa terpenuhi.

Kalo kondisi tubuh seseorang gak sehat, maka dia akan kesulitan buat memenuhi kebutuhannya yang lain dan kelangsungan hidupnya akan terganggu.

Jadi, dengan begitu pemerintah mulai memberikan jaminan kesehatan buat masyarakatnya.

17. Ketentraman

Ketentraman

Dengan adanya ketentraman, maka hidup kita akan lebih damai dan gak merasa terganggu.

Jadi, setiap individu juga akan membutuhkan lingkungan yang aman, kesehatan yang baik, dan juga terpenuhi kebutuhan lainnya, jadi hidupnya akan terasa lebih tentram.

18. Menghargai dan Dihargai

Menghargai dan Dihargai

Setiap orang pasti ingin dihargai, tapi kalo ingin dihargai maka kamu juga harus bisa menghargai orang lain dulu.

19. Mencintai dan Dicintai

Mencintai dan Dicintai

Sebagai manusia pasti mencintai keluarga ataupun temannya. Selain mencintai, kita juga berharap buat bisa dicintai oleh orang lain.

Makanya, rasa mencintai dan dicintai tersebut bisa digolongkan menjadi kebutuhan primer.

20. Keselamatan

Keselamatan

Setiap orang juga memerlukan jaminan keselamatan, misalnya aja saat mendapatkan suatu pekerjaan sebelum menerimanya.

Maka, dia akan memperhitungkan faktor keselamatan dan jaminan keselamatan yang akan didapat.


Referensi:

Maslow’s hierarchy of needs
Fundamental Human Needs
Hedisasrawan

Gimana? Contoh kebutuhan primernya kurang banyak? Kalo masih kurang silahkan berkomentar atau boleh tambahin contohnya di kolom komentar biar admin edit lagi artikelnya.
Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 1 Average: 5]
Avatar
Yugi Al

Seorang mahasiswa yang sangat antusias terhadap IT, Bisnis dan juga Traveling.

Update : 4 Agustus 2020 - Published : 5 Agustus 2019

       

Satu pemikiran pada “Contoh Kebutuhan Primer”

Tinggalkan komentar