Peran Indonesia di ASEAN dalam Bidang Pangan

Indonesia menjadi salah satu anggota ASEAN yang selalu berperan aktif dalam berbagai bidang.

Salah satu peran yang dimiliki oleh Indonesia di ASEAN yaitu dalam bidang pangan.

Indonesia sendiri dikenal sebagai negara agraris yang kaya akan ragam pangan, jadi Indonesia pastinya mempunyai peran penting dalam bidang pangan di ASEAN.

Indonesia sebagai negara ASEAN memberi kontribusi signifikan dalam bidang pangan ASEAN.

Nah, berikut dibawah ini ada beberapa peran Indonesia di ASEAN dalam bidang pangan. Apa aja perannya? Kuy deh, langsung simak aja ulasannya!


1. Indonesia Mendukung Ketahanan Pangan ASEAN

Indonesia Mendukung Ketahanan Pangan ASEAN

Para pemimpin ASEAN dalam rangka menjamin keamanan pangan jangka panjang dan buat meningkatkan pendapatan petani di kawasan ASEAN.

Udah menyepakati Kerangka Kerja Ketahanan Pangan Terpadu ASEAN (Integrated Food Security (AIFS)) dan Rencana Aksi Strategis Ketahanan Pangan ASEAN (Framewrok and Strategic Plan of Action on ASEAN Food Security (SPA-FS)) pada KTT ASEAN ke-14 tahun 2009.

Komponen kunci dan kerangka kerja dari kesepakatan itu yaitu memperkuat ketahanan pangan dan bantuan darurat atau kelangkaan adalah langkah inti dalam penanganan ketahanan pangan di wilayah ini.

Tujuannya buat memperkuat program dan kegiatan ketahanan pangan nasional, mengembangkan prakarsa, dan mekanisme cadangan keamanan pangan regional.

Para Menteri Pertanian, Kehutanan ASEAN, dan badan sektoral ASEAN lainnya yang relevan akan bertanggung jawab dalam pelaksanaan dan pemantauan Kerangka Kerja AIFS serta SPA-FS.

Peran Indonesia dalam mendukung ketahanan Pangan ASEAN diungkapkan oleh Menteri Pertanian saat itu, Suswono, pada forum World Economic Forum (WEF)-Grow Asia Agriculture ke-23 di Manila, Filipina.

Kemitraan PIS Agro (Partnership for Indonesia’s Suistainable Agriculture) sebagai bagian dari New Vision Agriculture Initiative yang digalang oleh World Economic Forum.

Kemitraan tersebut mendorong proses agribisnis, teknologi, kualitas produk, dan kesejahteraan petani Indonesia.

Forum tersebut udah memberikan banyak sekali manfaat buat ketahanan pangan ASEAN.


2. Indonesia Mendukung Keamanan Pangan ASEAN

Indonesia Mendukung Keamanan Pangan ASEAN

Keamanan pangan merupakan aspek yang penting dari kerjasama di bidang pangan.

ASEAN udah berupaya buat meningkatkan sistem kontrol pangan dan prosedur agar memastikan pergerakan pangan yang aman, sehat, dan berkualitas yang lebih bebas di kawasan ini.

Indonesia sebagai negara anggota ASEAN telah mengambil langkah nyata untuk ikut mendukung keamanan pangan di ASEAN.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman saat menghadiri Pertemuan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan ASEAN (AMAF) ke-40 di Hanoi, Vietnam.

Program-program yang udah dilaksanakan diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

Upaya Khusus

Pada tahun 2015, Indonesia melalui Kementerian Pertanian udah meluncurkan program Upaya Khusus.

Program tersebut berskala nasional yang didasarkan pada pendekatan modern, holistik, dan juga inovatif.

Program ini mencakup perubahan kebijakan yang ada, pengembangan infrastruktur pertanian dan industri hilir, mengelola rantai pasokan, dan mengembangkan rencana pemberdayaan buat petani dan masyarakat pedesaan.

Indonesia melalui program ini udah berhasil mencapai swasembada berkelanjutan di sejumlah komoditas makanan pokok.

Komoditas tersebut seperti beras, bawang merah, jagung, dan cabai.

Ekspor komoditas pertanian Indonesia juga meningkat 24 persen dan diperluas ke wilayah komoditas baru. Program Upaya Khusus ini juga mendukung peningkatan kesejahteraan pedesaan.

Terjadi penurunan dengan rata-rata 600.000 setiap tahun buat jumlah penduduk berpenghasilan rendah.

Pengembangan Pusat-pusat Produksi

Negara Indonesia juga melakukan pengembangan pusat-pusat produksi yang berkelanjutan, khususnya pada organik di daerah-daerah perbatasan.

Hal ini memungkinkan Indonesia buat mengembangkan pertanian di masyarakat pedesaan yang sangat membutuhkan.

Selain itu, program tersebut mampu menyediakan akses yang mudah ke negara-negara tetangga ASEAN dalam hal ekspor.

Mempromosikan Praktik Perikanan yang Tanggungjawab

Negara Indonesia ini, udah mempromosikan praktik perikanan yang bertanggung jawab.

Hal ini termasuk dengan memerangi kegiatan perikanan gak sah, gak dilaporkan pada institusi pengelola perikanan yang berwenang, dan kegiatan perikanan yang belum di atur dalam peraturan yang ada (IUU Fishing).

Indonesia juga menerapkan dokumentasi tangkapan dan ketertelusuran produk ikan dan perikanan. Selain itu, Indonesia juga udah meningkatkan daya saing perikanan dan kualitas produk.


3. Peran Indonesia dalam Penyediaan Pangan

Peran Indonesia dalam Penyediaan Pangan

Indonesia dikenal sebagai lumbung padi ASEAN. Sampai saat ini, Indonesia jadi salah satu negara yang konsisten dalam penyediaan cadangan pangan buat negara-negara anggota ASEAN.

Kerjasama dalam penyediaan cadangan pangan gak cuma dilakukan buat kerjasama yang saling menguntungkan, tapi juga dalam keadaan darurat.

Saat salah satu negara ASEAN mengalami krisis pangan karena bencana, makan negara lain siap memasok cadangan pangan buat negara tersebut.

Selain Indonesia, beberapa negara anggota ASEAN yang udah mempersiapkan diri buat penyediaan cadangan pangan buat keadaan darurat yaitu Malaysia, Thailand, Filipina, dan Singapura.

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 26 Juli 2020 - Published : 26 Juli 2020