Kecepatan Dalam Fisika

Jarak bisa ditempuh yang menunjukkan seberapa cepat suatu objek bisa bergerak dalam ukuran vektor pada waktu atau lokasi tertentu.

Adanya sebuah ukuran vektor yang bisa menunjukkan seberapa cepat benda bergerak. Ukuran vektor ini disebut sebagai kecepatan dan dinyatakan dalam (ms-1 atau m/s).

Dalam pembahasan kali ini, aku akan menjelaskan secara lengkap dan jelas mengenai Pengertian Kecepatan beserta tujuan, fungsi dan penjelasan lainnya.

Langsung aja yuk! Simak pembahasannya berikut ini nih.


 

Pengertian Kecepatan

Pengertian Kecepatan

Kecepatan merupakan adanya sebuah jarak yang akan ditempuh terhadap benda di setiap unit waktu.

Atau kecepatan adalah termasuk dalam jenis ukuran yang tergantung pada arah, sampai dalam kecepatan termasuk sebuah ukuran vektor dan besar dari vektor ini disebut dengan kelajuan yang dinyatakan dalam satuan meter per sekon (m/s).

Dalam kasus gerakan satu dimensi, arah dalam sebuah kecepatan bisa diekspresikan dengan tanda positif atau negatif. Kecepatan dibagi menjadi 2, yaitu kecepatan rata – rata dan kecepatan sesaat.

Kecepatan sesaat yaitu sebuah kecepatan dalam sebuah objek pada titik waktu tertentu. Sedangkan, kecepatan rata – rata yaitu hasil dibagi antara perpindahan dan interval.

Kecepatan tersebut bisa diukur dengan sebuah alat ukur yang sering disebut dengan Velocitometer.


 

Jenis – Jenis Kecepatan

Jenis - Jenis Kecepatan

Jadi, ada tiga sebuah kecepatan yaitu kecepatan sprint, kecepatan bergerak, dan kecepatan reaksi. Nah, dibawah ini penjelasannya satu persatu.

1. Kecepatan Sprint atau Berlari

Kecepatan sprint merupakan sebuah kemampuan terhadap organisme atlet buat bergerak laju dalam sebuah kekuatan dan kecepatan yang maksimum sebagai hasil terbaik.

Contohnya: Dalam permainan sepak bola, pemain sepak bola telah mengejar bola.

 

2. Kecepatan Bergerak

Kecepatan bergerak merupakan adanya sebuah kemampuan terhadap atlet, sebagai penggerak dalam suatu organ secepat mungkin dalam satu gerakkan dengan cara terus menerus.

 

3. Kecepatan Reaksi

Kecepatan reaksi merupakan sebuah kemampuan organisme atlet buat merespon rangsangan secepat mungkin dalam membuat hasil secara terbaik.

Contohnya: Kalo pemain sepak bola menyambut umpan balik, maka pemain akan segera waspada atau menyabutnya dengan sangat cepat. Agar tidak kena oleh lawan main.


 

Rumus Kecepatan

Rumus Kecepatan

Pada kecepatan, sebuah benda harus mempunyai kecepatan rata – rata, yang udah dirumuskan seperti dibawah ini:

Rumus kecepatan, yaitu:

V = S/t

Keterangan:

  • V = Kecepatan (km/jam)
  • S = Jarak (km)
  • t = Waktu tempuh (jam)

Sedangkan, rumus buat kecepatan rata – rata adalah:

v = perpindahan/selang waktu = Δs/Δt = (s2 – s1)/(t2 – t1)

Keterangan:

  • v = Keterangan rata – rata (m/s)
  • Δs = Perpindahan (m)
  • Δt = Selang waktu

 

Kecepatan Konstan dan Sesaat

Kecepatan Konstan dan Sesaat

Ada dua cara dasar sebagai mempercepat. Kecepatan sesaat yaitu pada sebuah arah dan kecepatan dalam suatu objek yang bergerak pada waktu tersebut.

Sedangkan, dalam sebuah kecepatan rata- rata adalah saat sesuatu bergerak dari waktu ke waktu dengan kecepatan dan arah yang sama.

Contohnya: Pada titik tertentu saat seorang wanita berjalan ke arah ini, dia mungkin mempunyai kecepatan saat ini yaitu 1,4 m/s ke bagian timur.

Buat mencapai kecepatan konstan, dia harus mengemudi ke arah ini buat sementara dalam waktu.

Kalo dia mengubah arah atau kembali ke dalam sebuah titik awal pada lintasan melingkar, dia gak mempunyai sebuah kecepatan dalam konstan.

Karena, gak bisa bergerak ke dalam sebuah arah yang sama pada kecepatan yang begitu sama.


 

Kecepatan Sudut

Kecepatan Sudut

Saat dalam suatu benda bergerak ke arah atau menjauh dari asalnya, seseorang berbicara tentang kecepatan radial atau linier.

Kecepatan sudut saat dalam suatu benda akan berputar dalam sebuah gerakkan yang berbentuk melingkar di sekitar pusat.

Contohnya: Bisa mengukur dalam seberapa jauh objek udah bergerak seiring waktu. Karena objek bergerak secara melingkar, jarak sudut bisa diukur dalam derajat, radian atau putaran.

Meskipun, dalam suatu objek yang bergerak dalam lingkaran bisa kembali ke titik awalnya, dia mempunyai suatu arah – searah jarum jam (negatif) atau berlawanan arah jarum jam (positif).


 

Perbedaan Kecepatan dan Percepatan

Perbedaan Kecepatan dan Percepatan

Kecepatan yaitu suatu jarak yang ditempuh dengan seberapa cepatnya sebuah benda pada suatu waktu atau tempat, dalam besaran vektor.

 

Percepatan yaitu perubahan yang terjadi pada suatu kecepatan dalam waktu tertentu.

Jadi, bisa disimpulkan kalo fungsi dari kecepatan adalah seberapa cepat melajunya sebuah mobil dalam menempuh suatu jarak tertentu.

Sedangkan, percepatan ini mempunyai peran buat menambahkan kecepatan melajunya sebuah mobil/motor supaya melajunya lebih cepat lagi.


 

Contoh Soal Kecepatan

Contoh Soal Kecepatan

1. Mobil – mobilan punya yugi menempuh jarak 50 meter dalam waktu 25 detik. Maka, berapakah kecepatan mobil-mobilan yugi tersebut?

Jawaban:

Diketahui:

  • S = 50 meter
  • t = 25 sekon

Ditanya: kecepatan = v ?

Dijawab:

  • V = S/t
  • V = 50/25
  • V = 2 m/s

Jadi, kecepatan pada sebuah mobil – mobilan punya yugi adalah 2 m/s

Nah, itu tadi diatas adalah pembahasan lengkap mengenai kecepatan dalam Fisika. Semoga bisa membantu kamu dalam proses belajar 😀

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu

Update : 21 Maret 2020 - Published : 21 Maret 2020

       

Tinggalkan komentar