Doa Turun Hujan

Hujan adalah rahmat bagi seluruh Alam, tanpa hujan manusia akan kesulitan, alam akan kekeringan dan semua makluk hidup bisa mati tanpa adanya air.

Air adalah sumber kehidupan, bahkan menurut WHO manusia bisa hidup tanpa makan nasi selama 21 hari, hanya cukup mengkonsumsi air.

Tapi manusia hanya bisa hidup selama 100jam saja apabila tidak mengkonsumsi air.

Disinilah rahmat Allah, ketika turun hujan air melimpah tanaman menjadi hidup, tanah menjadi subur, dan semua orang merasa senang.

Maka dari itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kita beberapa amalan yang bisa kita lakukan ketika turun hujan.


Amalan Ketika Turun Hujan

1. Mensyukuri Nikmat Turunnya Hujan

Diantara nikmat yang Allah berikan kepada manusia adalah nikmat turunnya hujan.

Bahkan nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika turun hujan beliau berdoa :

Bacaan Doa Turun Hujan Arab

اللَّهُمَّصَيِّباًناَفِعاً

Bacaan Doa Turun Hujan Latin

Allahumma shoyyiban naafi’aa” 

Arti Bacaan Doa Turun Hujan

Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.

Ibnu Baththol menyampaikan “doa diatas atau hadist diatas adalah anjuran yang diajarkan oleh Rasulullah untuk berdoa ketika turun hujan, agar hujan tersebut menjadi berkah dan bermanfaat bagi manusia”

2. Waktu Terbaik Untuk Berdoa

Diantara waktu mustajab untuk berdoa adalah waktu ketika turun hujan.

Kenapa ? Karena disaat turun hujan Allah sedang memberikan rahmatnya kepada seluruh alam bahkan Imam Al Khottobi menyampaikan “Air Hujan yang mengalir adalah suatu karunia yang Allah berikan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِ وَ تَحْتَ المَطَرِ

“Dua do’a yang tidak akan ditolak : do’a ketika adzan dan  do’a ketika ketika turunnya hujan.”

HR. Al Hakim dan Al Baihaqi.

3. Jangan Mencela Hujan

Hujan adalah rahmat bagi seluruh alam, maka sangat disayangkan apabila ada yang mencela hujan karena kepentingannya sendiri.

Kadang kita tak sadar, ketika kita sudah bersiap ingin pergi tiba tiba hujan datang, lalu tanpa sengaja lisan kita mengucap “Aduh Hujan, Lah Hujan, Hujan Lagi”.

Mungkin kita mengucapkan itu semua tidak sengaja, tapi taukah kita bahwa ucapan yang diucapkan seseorang sengaja atau tidak disengaja, masuk kedalam catatan amal yang ditulis oleh malaikat raqib dan atid.

Bahkan Allah ta’la berfirman.

مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ

Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.

QS. Qaaf 50 : 18

Maka, mari kita jaga lisan kita, ucapan kita agar apa yang kita ucapkan dapat mendatangkan rahmat bukan mendatangkan maksiat.

4. Berwudhu dengan Air Hujan

Air hujan adalah air yang bersih, bahkan nabi shallallahu alaihi wa salam menyampaikan bahwa ar hujan adalah air yang telah dijadikan Allah sebagai alat untuk bersuci.

Maka dari itu apabila turun hujan kita dianjurkan untuk berwudhu dengan air hujan apabila airnya mengalir deras, begitulah yang disampaikan oleh Imam Ibnu Qudamah.

Bahkan Rasulullah shalllahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila air mengalir di lembah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Keluarlah kalian bersama kami menuju air ini yang telah dijadikan oleh Allah sebagai alat untuk bersuci”.

HR. Muslim

5. Berdoa Setelah Turunnya Hujan

Ketika turun hujan kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah, ketika sedang terjadi hujan kita diminta untuk berdoa kepada Allah karena termasuk salah satu waktu mustajab untuk berdoa.

Dan bahkan ketika selesai turun hujan, Rasulullah juga mengajarkan kita doa setelah turun hujan.

Bacaan Doa Setelah Turun Hujan Arab

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

Bacaan Doa Setelah Turun Hujan Latin

“Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih’”

Arti Bacaan Doa Setelah Turun Hujan

Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah

Nabi shallallau ‘alaihi wa salam bersabda, bahwa apabila selesai turun hujan kita membaca doa diatas, maka dialah termasuk orang orang yang beriman.


Doa Ketika Hujan Lebat

Nabi Shallalu ‘alaihi wa sallam merasa cemas apabila langit terlihat mendung, kenapa ?

Karena Nabi Shallalu ‘alaihi wa sallam takut kalau awan yang mendung itu bukan malah membawa air hujan melainkan azab sebagaimana yang Allah berikan pada kaum samud.

Tapi ketika telah turun hujan nabi shallallahu ‘alahi wasalam merasa senang, merasa gembira sebagaimana yang disampaikan oleh Ibunda Aisyah radhiyallahu ‘anha.

Namun apabila hujan turun tidak seperti biasannya, debit airnnya tinggi, anginnya kencang, nabi shalllahu ‘alahi wa salam berdoa :

Doa Ketika Hujan Lebat Arab

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Doa Ketika Hujan Lebat Latin

“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Arti Doa Ketika Hujan Lebat

Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan

HR. Bukhari no. 1014.

Itulah beberapa amalan dan doa yang bisa kita panjatkan ketika turun hujan.

Semoga Allah senantiasa menjadikan lisan kita untuk mudah meminta kepadaNya, bukan hanya mudah untuk mencela, aamiin insya allah.


Daftar Pustaka :

1. Rumaysho.com, Muhammad Abduh Tuasikal, MSc “Beberapa Amalan Ketika Turun Hujan”

2. Rumaysho.com, Muhammad Abduh Tuasikal, MSc “Doa Ketika TUrun Hujan Deras”

3. Hallosehat.com, dr. Tania Savitri “Beberapa Lama Manusia Dapat Bertahan Hidup Tanpa Minum Air”

Avatar
Riki Ramdhani

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Founder salah satu program kemanusiaan terbaik di Purwokerto, Musharaka Project.

Update : 21 September 2020 - Published : 13 Juni 2020