Tujuan Gerakan Non Blok

Setiap organisasi pasti didirikan dengan tujuan bersama yang menjadikannya bergerak dengan tujuan tersebut secara konsisten. Sama halnya dengan organisasi GNB.

Dia juga punya tujuan yang jelas dan harus dicapainya dengan tetap berpegangan pada asas-asas GNB yang udah disampaikan sebelumnya.

Sampai saat ini, GNB terus melaksanakan tugasnya buat mencapai segala tujuan yang udah mereka rancang pada awal pendiriannya.

Ada beberapa tujuan yang dimiilki oleh GNB dan berkaitan dengan perdamaian dunia ini. Umumya, tujuan dari berdirinya GNB tercantum di dalam Deklarasi Havana (1979).

Berikut, ada beberapa tujuan Gerakan Non Blok bagi dunia. Penasaran? Yuk simak langsung ulasannya pada artikel dibawah ini!


1. Menjaga Perdamaian Dunia

Menjaga Perdamaian Dunia

Perang dingin menyebabkan kedua blok berusaha buat terus memperluas wilayah pengaruh ideologinya. Akibatnya, perdamaian dunia terus terusik.

Banyak cara yang dipakai oleh blok barat dan blok timur buat menanamkan ideologinya, baik dengan cara terang-terangan atau secara sembunyi-sembunyi seperti mengirimkan mata-mata.

Dengan adanya GNB ini, diharapkan negara yang terkena pengaruh dari kedua blok tersebut bisa diminimalkan jadi pihak yang ikut dalam perang gak bertambah banyak dan perdamaian dunia bisa terjaga.

Pada kenyataannya, ada begitu banyak negara yang bergabung dengan organisasi ini jadi bisa dikatakan kalo GNB udah mencapai tujuannya.

Dan, terus berupaya buat menjaga perdamaian dunia jadi organisasi ini akan terus melakukan kegiatannya dalam mencapai dan menjaga tujuan tersebut.


2. Menjaga Keamanan Negara-Negara Anggota

Menjaga Keamanan Negara-Negara Anggota

Tujuan ini sangat penting, karena keamanan adalah salah satu hal yang harus selalu dijaga agar setiap warga negara bisa menjalankan kehidupannya dengan tenang dan nyaman.

Tanpa keamanan, tentu akan sulit buat negara dalam melaksanakan segala bentuk aktivitas kesehariannya.

Saat rakyat sulit buat secara penuh beraktivitas, maka negara juga akan mendapat akibatnya seperti kurangnya prestasi dan inovasi yang bisa memicu kemajuan dari negara tersebut.

Makanya, dalam menjaga keamanan negara ini merupakan hal yang penting buat dilakukan dan dijamin oleh Gerakan Non Blok (GNB).


3. Menjamin Kemerdekaan, Kedaulatan, dan Kesatuan Wilayah Negara Anggota

Menjamin Kemerdekaan, Kedaulatan, dan Kesatuan Wilayah Negara Anggota

Dengan adanya tujuan ini, maka diantara negara anggota yang satu dengan negara anggota yang lainnya gak diperkenankan buat saling menyerang.

Karena, hal tersebut bisa mengganggu pelaksanaan kedaulatan rakyat dan kemerdekaan negara yang terkait.

Atau, hal ini juga bisa memecah kesatuan wilayah dari negara anggota yang diserang. Sejatinya tujuan ini pernah terlanggar dengan adanya pertempuran di antara negara India dan Pakistan.

Saat itu, banyak negara anggota Gerakan Non Blok yang berusaha buat mendamaikan kedua negara tersebut.

Hal tersebut menyebabkan pasang surut di dalam organisasi tersebut. Tapi, seiring konflik tersebut mulai mendingin, kegiatan dari GNB buat mencapai tujuannya semakin terlihat dampaknya.

Bahkan sampai masa dimana perang dingin berakhir, GNB masih tetap berusaha buat menjamin kemerdekaan, kedaulatan, dan kesatuan wilayah dari setiap negara anggota yang tergabung di dalamnya.


4. Menentang Segala Bentuk Blok Politik

Menentang Segala Bentuk Blok Politik

Jadi, setiap negara anggota gak akan memihak ke dalam salah satu blok yang melakukan perang dingin, jadi dampak perang gak semakin besar dan perdamaian dunia bisa selalu terjaga.

Sedikit banyak adanya GNB udah memberikan dampak pada perang dingin. Beberapa waktu setelah adanya Gerakan Non Blok, perang dingin akhirnya berakhir.

Adanya blok politik ini gak menghasilkan keuntungan sama sekali buat negara-negara anggota, mengingat kalo kondisi masing-masing negara juga bbeda dengan negara blok barat dan negara blok timur.

Ada perbedaan ideologi yang mungkin gak cocok dan juga negara-negara yang baru merdeka itu gak ingin lagi terlibat dengan perang agar bisa membangun negaranya dengan baik.


5. Menentang Segala Bentuk Penjajahan

Menentang Segala Bentuk Penjajahan

Tujuan terakhir dari adanya Gerakan Non Blok di dunia, yaitu menentang segala bentuk penjajahan yang ada di dunia.

Penjajahan yang dimaksud seperti kolonialisme, imperialisme, neo-kolonialisme, rasisme, apartheid, dan setiap bentuk penyerangan atau agresi militer, dominasi negara asing, pendudukan, dan intervensi negara lain terhadap urusan dalam negeri.

Segala hal tersebut harus ditentang, supaya nantinya perdamaian dunia bisa terjaga dan juga tercipta.

Seperti pengalaman penjajahan yang udah dirasakan oleh negara Indonesia selama lebih dari 350 tahun.

Mengajarkan kita kalo penjajahan adalah kejahatan kemanusiaan yang sangat buruk dan memangkas segala SDA dan SDM milik negara yang dijajah.

Selain itu, ada juga trauma mendalam yang dialami negara jadi pembangunan negara setelah merdeka menjadi lebih lama.

Makanya, penjajahan harus ditentang supaya gak terjadi lagi di dunia ini.

Gerakan Non Blok sangat menentang segala bentuk penjajahan, mengingat kalo anggota dari gerakan ini yaitu negara-negara yang dijajah oleh negara lainnya.


Itulah tadi pembahasan mengenai Tujuan Gerakan Non Blok Bagi Dunia yang bisa kalian pelajari.

Semoga dengan membaca artikel diatas, kalian sobat cerdika bisa memahami secara lebih baik apa itu Gerakan Non Blok beserta tujuan bagi dunia ini.

Dengan adanya Gerakan Non Blok di dunia ini adalah hal yang gak akan pernah lepas dari usaha pencapaian tujuan pembangunan nasional Indonesia.

Selamat belajar dan sukses terus buat kalian semua 😀

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 28 September 2020 - Published : 28 Juli 2020

       

Satu pemikiran pada “Tujuan Gerakan Non Blok”

Tinggalkan komentar