Perbedaan Statistik dan Statistika

Statistik dan statistika pada umumnya emang dipakai pada proses penyelesaian masalah dan biasanya berkaitan dengan penggunaan dan pengelolaan data.

Tapi sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan statistik dan statistika itu? Ingin tahu? Yuk simak aja pembahasan lengkapnya berikut ini nih.


Pengertian Statistik dan Statistika

Pengertian Statistik dan Statistika

1. Statistik

Statistik yaitu kumpulan data dalam bentuk angka atau bukan angka yang berkaitan dengan masalah tertentu, yang disusun dalam bentuk tabel, daftar, diagram atau yang lainnya.

Statistik bertujuan buat mempermudah dalam interpretasikan sebuah data dan dipakai buat tujuan tertentu.

Proses pengkajian dalam statistik dilakukan setelah memperoleh kumpulan data, dimana data tersebut diperoleh dari wawancara secara langsung atau gak langsung yang udah dikelola pada proses statistika.

Wawancara langsung atau disebut dengan data primer yaitu data yang secara langsung diambil lewat objek penelitian secara individu ataupun kelompok.

Contohnya: Saat kamu mewawancarai secara langsung penonton acara musik, buat penelitian presentasi konsumen sebuah acara musik.

Wawancara tidak langsung atau disebut dengan data sekunder yaitu data yang didapat secara tidak langsung dari sebuah objek penelitian.

Contohnya: Saat kamu meneliti memakai hasil dari sebuah surat kabar, yang nantinya akan dipakai buat penelitian statistikanya.

Statistik ini diklasifikasikan menjadi 2, yaitu:

  • Statistik buat menggambarkan data (angka atau bukan angka) dalam bentuk tabel, diagram, grafik, atau lain sebagainya. Seperti statistik produksi, statistik harga, statistik penduduk, dan statistik – statistik yang lain.
  • Statistik buat menggambarkan data buat mewakili objek tertentu atau sebagai sample atau populasi dalam bentuk ukuran.

2. Statistika

Statistika yaitu metode ilmiah mengenai cara buat mengelola, menginterpretasi, mengumpulkan, menganalisa penyajian data dan mempresentasikan sebuah data.

Statistika bisa buat mendapatkan gambaran dari sekumpulan data yang udah dikaji, jadi bisa ditarik kesimpulan dari sebuah data tersebut.

Metode kajian dari sebuah statistika ada 2, diantaranya yaitu survey dan eksperimen.

Dimana, kedua metote akan memperlajari mengenai pengaruh perubahan penjelas dan perilaku atau respon yang diakibatkan dari perubahan data tersebut secara keseluruhan.

Statistika ini diklasifikasikan menjadi 2, yaitu:

a. Statistika Deskriptif

Statitika deskriptif yaitu statistika yang cuma bisa dipakai buat menggambarkan dan menganalisa kelompok data tanpa disertai dengan penarikan kesimpulan tentang besar mana, diantara kelompok yang ada.

Atau statistika deskriptif ini sering banget disebut dengan deskripsi data yang menghitung varian dari data yang masih mentah.

Kemudian, dikelola dan dideskripsikan dengan memakai tabel, grafik, atau diagram supaya data tersebut lebih jelas dan mudah dipahami.

b. Statistika Inferensi

Statistika inferensi yaitu statistika yang dipakai buat menggambarkan, lalu menganalisa kelompok data sampai bisa ditarik sebuah kesimpulan buat menentukan keputusan atas makna statistik yang udah diolah atau dihitung.

Statistika inferensi ini juga sering banget disebut dengan statistika induktif yang merupakan permodelan data dan pengambilan keputusan yang didasarkan analisa data.

Contohnya: Memprediksi masa yang akan datang, menguji hipotesis dan membuat data permodelan hubungan (korelasi, regresi, ANOVA dan deret waktu).


Perbedaan Statistik dan Statistika

Jadi, buat jelasnya aku udah rangkumkan dalam sebuah infografis yang ada di bawah ini, supaya kamu lebih paham dalam mempelajari perbedaan statistik dan statistika.

infografis perbedaan statistik dan statistika

Gimana? Udah paham mengenai perbedaan statistik dan statistika? Nah kalo udah paham, jangan lupa share ke teman – teman kalian yak!

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu

Update : 20 Juni 2020 - Published : 21 Maret 2020

       

Satu pemikiran pada “Perbedaan Statistik dan Statistika”

Tinggalkan komentar