Perbedaan Sarana dan Prasarana

Pasti dalam suatu kegiatan organisasi atau kepanitiaan, kamu sering mendengar istilah sarana dan prasarana.

Nah, dua kata tersebut tentu aja gak asing, tapi banyak orang yang menganggap sarana dan prasarana itu sama.

Tenyata, ada perbedaan dari sarana dan prasarana yang perlu kamu ketahui, nih! Apa aja perbedaannya?

Eits, sebelum kamu mengetahui perbedaan-perbedaan dari sarana dan prasarana. Lebih baik, kamu ketahui dulu pengertian dari sarana dan prasarana itu.

Penasaran? Langsung aja deh, masuk ke pembahasan lengkap pada artikel dibawah ini!


Pengertian Sarana dan Prasarana

Pengertian Sarana dan Prasarana

Sarana merupakan segala sesuatu yang bisa dipakai sebagai alat dalam mencapai suatu maksud atau tujuan tertentu.

Maksudnya, sarana ini mengarah atau merujuk kepada benda – benda atau alat yang bergerak.

Contohnya: Sarana pada suatu sekolah atau kantor seperti komputer, meja, kursi, dokumen, rak, papan tulis, dan lain sebagainya.

Sedangkan, kalo

Prasarana merupakan segala sesuatu yang menjadi penunjang utama terselenggaranya suatu proses.

Nah, proses tersebut bisa berupa suatu pembangunan, proyek, atau usaha. Intinya, prasarana itu terjutu atau mengarah ke benda – benda yang gak bisa bergerak.

Contohnya: Prasarana yang ada pada suatu sekolah atau kantor, yaitu gedung, ruang belajar, ruang rapat, tanah lapang, dan lain sebagainya.

Pengertian Sarana dan Prasarana Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli mempunyai pemikiran buat menempatkan suatu permasalahan, supaya tepat pada tempatnya tentang sarana dan prasarana:

1. Hamalik

Sarana dan prasarana yaitu semua bentuk perantara yang dipakai orang buat menyebar ide, jadi ide tersebut bisa sampai pada penerima.

2. Moenir

Sarana dan prasarana yaitu segala jenis peralatan, perlengkapan kerja, dan fasilitas yang fungsinya sebagai alat utama atau pembantu dalam pelaksanaan pekerjaan, dan juga dalam rangka kepentingan yang sedang berhubungan dengan organisasi kerja.


Perbedaan Sarana dan Prasarana

Perbedaan Sarana dan Prasarana

Ada beberapa perbedaan – perbedaan yang bisa kalian lihat dari sarana dan prasarana dibawah ini:

1. Berdasarkan Bentuknya

Jadi, sarana itu mempunyai bentuk yang kecil, sedangkan kalo prasarana ini mempunyai bentuk yang leih besar daripada sarana.

Kemudian bentuk sarana ini bisa dipindahkan, sedangkan kalo bentuk prasarana ini gak bisa dipindahkan karena relatif besar dan menetap disuatu tempat.

2. Berdasarkan Kepemilikan

Berdasarkan kepemilikannya, semua benda atau alat yang dimiliki individual bisa dikelompokkan menjadi sarana.

Arti dari individual disini adalah perorangan, swasta, dan Pemerintah. Alat ini bebas dipakai buat melangsungkan suatu kegiatan sebagaimana mestinya.

Sedangkan, kalo prasarana ini udah pasti dimiliki oleh Pemerintah.

Prasarana yaitu alat atau faktor penunjang yang fungsinya sebagai pendukung dan gak cuma buat satu kegiatan dilokasi itu, tapi kegiatan lain yang berhubungan juga.

3. Berdasarkan Fungsinya

Fungsi dari sarana merupakan sebagai bagian utama dari suatu kegiatan atau tujuan.

Alat tersebut sangat penting akan sangat diperlukan buat kelancaran kegiatan, karena emang menjadi bagian paling utama.

Contohnya: Sarana buat seorang karyawan yang sedang bekerja, dia membutuhkan sarana yang terdiri dari komputer, kertas, dan lain sebagainya supaya bisa melakukan tugas atau pekerjaannya. Kalo gak ada sarana tersebut, karyawan gak bisa menyelesaikan tugasnya.

Sedangkan kalo,

Fungsi dari prasarana merupakan sebagai alat pendukung atau penunjang kegiatan. Prasarana gak secara langsung bisa menyelesaikan tugas.

Contohnya: Karyawan bekerja dengan prasarana kantor yang berupa ruangan nyaman dan ber-ac.

4. Berdasarkan Sifatnya

Sarana dan prasarana mudah dibedakan dari sifat masing – masing yang berbeda.

Sarana lebih bersifat habis dipakai dan bisa dipindahkan, sedangkan sifat prasarana yaitu gak habis dipakai dan gak bisa berpindah atau dipindahkan.

Jadi, sarana lebih mengarah pada benda – benda yang kalo dipakai terus – menerus, maka akan mengalami penyusutan secara kuantitas atau dari segi jumlah.

Sedangkan, kalo prasarana bisa dipakai berulang – ulang kali tanpa penyusutan jumlah, tapi cuma sebatas kemampuannya yang berkurang.

5. Berdasarkan Pembiayaan Pengadaan

Berdasarkan pengadaannya, secara penuh sarana diadakan dan dibiayai oleh pihak yang mengadakan kegiatan.

Tapi, biaya itu juga didapat dari peserta atau orang yang mengikut kegiatan tersebut.

Lain dengan prasarana, pembiayaan sepenuhnya berasal dari Pemerintah. Biaya yang dipakai buat proses pengadaan berasal dari APBN dan pajak yang diterima Pemerintah dari wajib pajak.

Wajib pajak disini termasuk juga pihak yang menyelenggarakan kegiatan dan memakai prasarana tersebut sebagai pendukung sarana kegiatan mereka.


Contoh Sarana dan Prasarana

Contoh Sarana dan Prasarana

Nah, buat memperjelas tentang perbedaan sarana dan prasaran. Aku kasih beberapa contoh dari sarana dan prasarana yang ada ditabel bawah ini:

SaranaPrasarana
KapalDermaga
RakitSungai
TongkangSungai
Perahu DayungSungai
PesawatBandara
HelikopterHelipad
Kereta ApiStasiun (Rel)
OjekPangkalan Ojek
BecakPangkalan Becak
BusTerminal

Jadi, pada dasarnya sarana sebagai hal yang dipakai secara langsung dan prasarana ini sebagai pendukung dalam suatu kegiatan tersebut.

Maka dari itu, sarana dan prasarana ini harus saling berkaitan supaya aktivitas sehari-hari bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Itulah pembahasan lengkap mengenai perbedaan Sarana dan Prasarana yang bisa kamu ambil dan pelajari sendiri dirumah. Semoga bermanfaat 😀

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu

Update : 17 Juni 2020 - Published : 22 Mei 2020