Contoh Visi Misi Organisasi

Organisasi merupakan sebuah wadah sosial yang terkoordinasi dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan.

Setiap organisasi memiliki visi dan misi yang bertujuan untuk mempersatukan para anggotanya dan menciptakan kegiatan yang seirama.

Visi misi organisasi umumnya berupa konsep perencanaan yang diikuti tindakan-tindakan terencana.

Kamu bisa dengan mudah menemukan organisasi di sekitar lingkunganmu, contohnya OSIS di sekolah.

Visi diartikan sebagai tujuan di masa depan.

Sedangkan misi diartikan sebagai tindakan yang dilakukan agar visi dapat tercapai.

Merumuskan visi dan misi, diperlukan analisis menyeluruh mengenai keseluruhan organisasi.

Hal tersebut untuk menciptakan visi dan misi sesuai dengan tujuan yang akan dicapai suatu organisasi. 

Berikut beberapa contoh visi misi berdasarkan jenis organisasi.


Contoh Visi dan Misi Kepemudaan

Organisasi yang tergolong pada organisasi kepemudaan salah satunya adalah Karang Taruna.

Karang Taruna hadir di sebuah kawasan tempat tinggal atau di satu domisili.

  • Visi dari organisasi Karang Taruna bisa berupa mempererat tali persaudaraan antar pemuda dan pemudi, serta menciptakan generasi muda yang lebih tangguh, sopan santun, berkualitas, dan bisa berguna bagi masyarakat.
  • Misi Karang Taruna di antaranya mengikutsertakan pemuda serta pemudi untuk lebih aktif mengikuti kegiatan perkumpulan, mengadakan kegiatan sosial bersama yang bermanfaat, turun langsung menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, dan menjadikan Karang Taruna sebagai tempat pelatihan dalam meningkatkan keahlian para pemuda dan pemudi.

Contoh Visi dan Misi Sekolah Dasar

Visi dan misi hadir pula pada organisasi pendidikan seperti pada Sekolah Dasar (SD).

  • Visi Sekolah Dasar dapat berupa melatih anak didik untuk mampu unggul dalam bidang akademik hingga non-akademik, memiliki sikap beriman, berbudaya, dan perilaku berbudi pekerti luhur.
  • Misi Sekolah Dasar di antaranya memacu anak didik untuk semangat berprestasi di berbagai bidang, mewujudkan kemampuan anak didik hingga mampu mencapai angka standar kelulusan dengan nilai minimal 75, mewujudkan sumber daya pendidik yang profesional, mewujudkan sarana dan prasarana yang lengkap sesuai kebutuhan kegiatan mengajar, dan lain-lain.

Contoh Visi Misi OSIS SMP

Sementara itu terdapat contoh juga dalam visi dan misi dari organisasi yang umum terdapat di Sekolah Menengah Pertama yang disebut dengan OSIS.

Visi dan misi OSIS SMP dapat berupa:

  • Visi OSIS SMP adalah membentuk organisasi berkualitas yang mampu mengharumkan nama sekolah dengan meningkatkan sumber daya siswa dan membantu para siswa dalam menyalurkan bakat, juga minat.
  • Misi OSIS SMP di antaranya melatih kecekatan dalam menyelesaikan tugas serta dalam menghadapi berbagai masalah, kemudian menciptakan jiwa kepemimpinan yang tangguh, tegas, terampil, dan bijaksana yang akan menjadi contoh bagi siswa lainnya.

Contoh Visi Misi OSIS SMA

OSIS di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) biasanya memiliki visi misi organisasi yang berbeda lagi, contohnya sebagai berikut:

  • Visi OSIS SMA berupa menjadikan sekolah berkualitas, kreatif, berprestasi di berbagai bidang, dengan berlandaskan iman dan takwa.
  • Misi OSIS SMA di antaranya menumbuhkan keimanan dan ketakwaan pada Tuhan YME. Memperkuat persaudaraan dan kekeluargaan antar siswa. Melatih kedisiplinan dan meningkatkan kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Selain itu melatih dalam pengembangan bakat dan keahlian para siswa.

Contoh Visi Misi OSIS SMK

Jika kamu bersekolah di Sekolah Menengah Kejuruan, tentunya visi dan misinya akan berbeda dengan SMA.

Contoh visi dan misi OSIS tingkat SMK:

  • Visinya dengan menciptakan lingkungan sekolah yang selalu terjaga kebersihannya, nyaman, harmonis, dan selalu berprestasi di banyak bidang.
  • Misi OSIS SMK di antaranya meningkatkan rasa sadar para siswa terhadap pentingnya menjaga kebersihan, membentuk program-program yang akan meningkatkan prestasi siswa, membantu menyediakan fasilitas untuk mendukung bakat dan minat siswa yang disertai pengembangan kegiatan ekstrakulikuler.

Contoh Visi Misi Organisasi BEM

Setiap organisasi BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa pasti memiliki visi dan misi tersendiri. Contoh visi misi organisasi BEM sebagai berikut:

  • Visinya menjadikan BEM kampus menjadi lembaga yang interaktif, baik pada mahasiswa, maupun pada masyarakat agar bersinergi dalam menciptakan inovasi-inovasi baru yang nantinya berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara.
  • Misi dari Organisasi BEM di antaranya membangun organisasi yang profesional dan kekeluargaan, merangkul semua himpunan dari berbagai jurusan, serta lembaga-lembaga mahasiswa, memberi fasilitas untuk mengembangkan minat dan bakat, juga menguatkan media aspirasi dan membangun kerja sama yang strategis.

Setiap organisasi dibentuk berlandaskan sebuah visi atau tujuan yang mana akan memengaruhi bagaimana organisasi tersebut berjalan.

Misi-misi yang dibuat menjadi acuan tindakan dalam beroganisasi. Sehingga organisasi dapat berjalan dengan sesuai, tidak melenceng dari tujuan dasar.

Avatar
Vira Mahdiya

Saya mendalami Ilmu Pengetahuan Sosial sewaktu SMA dan sekarang Alhamdulillah menjadi mahasiswi di salah satu universitas favorit di Yogyakarta

Update : 3 Juni 2020 - Published : 3 Juni 2020