Peran Pemuda Sebagai Penerus Bangsa

Pemuda merupakan suatu generasi penerus bangsa Indonesia.

Masa depan bangsa ditentukan oleh para generasi muda, karena generasi muda yaitu ujung tombak kemajuan dan pembangunan bangsa.

Generasi muda dengan fisiknya yang kuat, pengetahuan yang inovatif, dan kreativitas yang tinggi disebut sebagai aktor pembangunan.

Baik buruknya suatu negara bisa dinilai dari kualitas pemuda yang ada di negara tersebut.

Makanya, tanpa adanya peranan pemuda Indonesia, bangsa Indonesia akan mengalami kesulitan dalam hal kemajuan, pembangunan, perubahan, bahkan identitas bangsa akan memudar dengan sendirinya.

Nah, berikut ini ada beberapa peran pemuda sebagai penerus bangsa. Penasaran? Yuks langsung simak pembahasannya!


1. Agent of Change

Agent of Change

Peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa Indonesia bisa dilihat dari peran pemuda sebagai Agent of Change atau agen perubahan.

Artinya, kalo pemuda Indonesia sebenarnya mempunyai peranan buat jadi pusat dari kemajuan bangsa Indonesia itu sendiri.

Dalam hal ini, bisa dilakukan melalui pengadaan perubahan-perubahan dalam lingkungan masyarakat, baik secara nasional atau daerah buat menuju ke arah yang lebih baik lagi.

Hal ini juga yang jadi alasan mengapa ada pernyataan seperti peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa Indonesia.

Karena, yang menentukan kemajuan bangsa Indonesia dimasa depan yaitu generasi muda melalui keberhasilan perubahan positif yang bisa dilakukan.

Emang berbagai macam tantangan pastinya akan dihadapi atau dialami oleh para generasi muda, tapi setidaknya para pemuda bisa kembali menengok pada makna sumpah pemuda atau makna kemerdekaan Indonesia.

Dimana, segala tantangan yang ada akan dihadapi kalo perbedaan yang ada bisa dihadapi dengan positif dan dilakukan secara bersama yang sesuai dengan asas Bhinneka Tunggal Ika.

Salah satu kunci agar bisa sukses jadi agent of change yaitu keyakinan yang dimiliki para pemuda, artinya para generasi pemuda harus yakin akan apa yang mereka miliki dan selalu melakukannya dengan baik dan benar.


2. Agent of Development

Agent of Development

Selain jadi Agent of Change, peran pemuda juga sebagai Agent of Development atau agen pembangunan sebagai penerus bangsa Indonesia.

Artinya, kalo para pemuda Indonesia punya peran dan tanggung jawab dalam upaya melancarkan atau melaksanakan berbagai macam pembangunan di berbagai bidang, baik pembangunan nasional atau daerah.

Kenapa, agen pembangunan juga jadi suatu peran penting buat pemuda sebagai penerus bangsa Indonesia?

Karena, para pemuda Indonesia wajib menjaga eksistensi bangsa Indonesia di mata dunia, dan selalu bisa memberikan kesan yang baik di mata dunia.

Contohnya: Mengembangkan bidang kebudayaan daerah Indonesia, lalu memperkenalkannya pada dunia Internasional.

Disini, agen pembangunan gak cuma sebatas pembangunan fisik dan non fisik secara nasional atau daerah aja, tapi juga menyangkut tentang kemampuan pengembangan potensi generasi muda lainnya.

Artinya, diperlukan adanya upaya gimana potensi dan produktifitas yang ada di diri para generasi pemuda bisa dikembangkan bersama-sama demi mencapai tujuan dimasa depan.


3. Agent of Modernizations

Agent of Modernizations

Peran pemuda selanjutnya yaitu sebagai agent of modernizations atau agen pembaruan bangsa Indonesia.

Artinya, para pemuda Indonesia wajib punya kemampuan dalam menganalisa perubahan zaman yang memberi pengaruh besar terhadap bangsa Indonesia.

Jadi, mereka bisa memilih mana yang emang perlu buat di ubah dan mana yang harus dipertahankan.

Contohnya: Perkembangan teknologi yang semakin maju di berbagai bidang.

Dimana, melalui aktivitas pemuda juga bangsa Indonesia bisa menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi yang semakin maju, sehingga gak jadi suatu bangsa yang tertinggal.

Tapi, dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju dan modern, menjadikan segala pengaruh bahkan kebudayaan asing masuk lebih mudah.

Maka dari itu, muncul berbagai tantangan lagi bagi pemuda Indonesia buat tetap bisa mempertahankan identitas bangsa Indonesia.


4. Membangun Pendidikan

Membangun Pendidikan

Pendidikan adalah suatu pondasi dari berbagai peranan.

Tanpa adanya pendidikan yang kuat, maka para pemuda Indonesia pasti akan merasakan kesusahan dalam menjalankan peran mereka sebagai generasi penerus bangsa Indonesia.

Makanya, wajib berpendidikan itu sangat penting buat ditanamkan pada generasi muda penerus bangsa Indonesia.

Peran pemuda dalam membangun pendidikan di Indonesia juga bisa dilihat dari banyaknya tenaga pendidik yang masih tergolong muda dan semangat memberikan pendidikan yang bermutu pada gerenasi penerusnya.

Belum lagi, banyak juga kegiatan pemuda Indonesia yang tujuannya buat meningkatkan mutu pendidikan terutama pada daerah terpencil yang ada di pulau di Indonesia.

Kondisi itu juga udah termasuk dalam upaya para pemuda Indonesia sebagai generasi penerus bangsa Indonesia dalam usahanya membangun pendidikanyang lebih baik lagi.


5. Mempunyai Semangat Juang yang Tinggi

Mempunyai Semangat Juang yang Tinggi

Tertanamnya jiwa semangat perjuangan yang tinggi pada generasi pemuda bangsa Indonesia, baik di masa sekarang atau masa terdahulu.

Artinya, selalu berusaha sebaik mungkin buat bisa mencapai prestasi yang membanggakan bangsa Indonesia di mata dunia, menghilangkan jiwa mudah menyerah, menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

Apalagi, semangat pemuda dalam usahanya mencapai tujuan pembangunan nasional, seperti dengan menyampaikan ide pembangunan yang baru atau keinginan buat terjun langsung dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Walau kegagalan sering dialami, tapi para pemuda gak mudah menyerah karena kegagalan merupakan suatu awal dari kebangkitan dan kesuksesan.

Semangat yang tinggi ini juga bisa diraih dengan terus menerapkan makna sumpah pemuda dan makna kemerdekaan Indonesia.


Itulah beberapa peran pemuda sebagai penerus bangsa Indonesia yang perlu kita pahami dan diupayakan buat dilakukan buat kebaikan bangsa Indonesia sendiri.

Dengan adanya peran pemuda ini, bisa menjadi suatu langkah buat bangsa Indonesia buat jadi lebih maju dan berkembang lagi di masa yang akan datang.

Semoga pembahasan tersebut bisa bermanfaat buat kalian semua sobat cerdika 😀

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu

Update : 1 Juli 2020 - Published : 1 Juli 2020

       

2 pemikiran pada “Peran Pemuda Sebagai Penerus Bangsa”

  1. Masa depan bangsa ditentukan oleh para generasi muda, karena generasi muda yaitu ujung tombak kemajuan dan pembangunan bangsa.

    Balas

Tinggalkan komentar