Macam – Macam Demokrasi

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu

Demokrasi itu dari kata “Demokratia” yang berasal dari bahasa Yunani yang artinya suatu kekuasaan rakyat.

Kalo secara umum, demokrasi terbagi jadi 2 kata yaitu “Demos” yang artinya rakyat dan “Kratos” yang artinya kekuatan atau kekuasaan.

Jadi, Demokrasi yaitu sistem pemerintahan di mana semua orang mempunyai hak dan peluang yang sama buat berkontribusi pada keputusan yang bisa mempengaruhi kehidupan mereka.

Selain itu, demokrasi ini dibagi menjadi beberapa macam – macam. Apa aja sih macam – macam demokrasi? Langsung aja simak deh!


 

Demokrasi Berdasarkan Penyaluran Kehendak Rakyat

Demokrasi Berdasarkan Penyaluran Kehendak Rakyat

Demokrasi berdasarkan penyaluran kehendak rakyat ini dibagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya yaitu:

1. Demokrasi Langsung (Direct Democracy)

Demokrasi langsung yaitu sistem demokrasi yang melibatkan warga negara buat langsung dan aktif dalam pengambilan keputusan pemerintahan.

 

2. Demokrasi Tidak Langsung (Indirect Democracy)

Demokrasi gak langsung yaitu walau kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat, tapi pada sistem demokrasi ini kekuasaan politik warga negara dilaksanakan secara gak langsung yaitu melalui perwakilan rakyat.


 

Demokrasi Berdasarkan Hubungan Antar Kelengkapan Negara

Demokrasi Berdasarkan Hubungan Antar Kelengkapan Negara

Ada beberapa macam demokrasi berdasarkan hubungan antar kelengkapan Negara, diantaranya sebagai berikut ini:

1. Sistem Refrendum

Demokrasi perwakilan dengan sistem refrendum yaitu sistem demokrasi yang mana, rakyat mempunyai perwakilan buat menjabat diparlemen tapi tetap dikontrol oleh rakyat dengan memakai sistem refrendum.

 

2. Sistem Parlementer

Demokrasi perwakilan dengan sistem parlementer merupakan sistem demokrasi yang dimana, ada hubungan kuat antara badan eksekutif dengan badan legislatif.

 

3. Sistem Pemisahan Kekuasaan

Demokrasi perwakilan dengan sistem pemisahan kekuasaan yaitu sistem demokrasi yang menjelaskan kedudukan antara eksekutif dengan legislatif terpisah, jadi gak berkaitan secara langsung seperti sistem parlementer.

 

4. Sistem Refrendum dan Inisiatif Rakyat

Demokrasi perwakilan dengan sistem refrendum dan inisiatif rakyat yaitu sistem demokrasi penggeabungan antar demokrasi perwakilan atau gak langsung dengan demokrasi secara langsung.

Adapun dalam sistem ini masih tetap ada badan perwakilan, tapi dikontrol oleh rakyat melalui refrendum dan sifatnya fakultatif atau obligator.


 

Demokrasi Berdasarkan Prinsip Ideologi

Demokrasi Berdasarkan Prinsip Ideologi

Sistem demokrasi berdasarkan prinsip ideologi ini dibagi menjadi 3 jenis, diantaranya yaitu:

1. Demokrasi Liberal

Demokrasi liberal yaitu sistem demokrasi yang menjunjung tinggi hak setiap warga negara dan memberikan kebebasan setiap individu dalam mengemukakan pendapatnya.

Demokrasi liberal ini bisa disebut juga dengan demokrasi konstitusional, yang dimana pemerintah wajib melindungi hak – hak individu warganya sesuai yang apa yang udah tertera dalam konstitusi.

 

2. Demokrasi Rakyat

Demokrasi rakyat merupakan sistem demokrasi yang dijalankan berlandaskan paham sosialis atau komunisme, yang mana kepentingan negara dan kepentingan umum jadi yang terpenting di atas kepentingan individu.

 

3. Demokrasi Pancasila

Demokrasi Pancasila merupakan sistem demokrasi yang dilaksanakan berdasarkan nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Selain itu, ada juga sistem demokrasi Pancasila ini berasaskan musyawarah mufakat yang mengedepankan kepentingan umum.

Jadi, demokrasi tujuannya buat memberikan setiap orang kebebasan buat memilih dan juga mengekspresikan pendapat mereka di dalam konsultasi.

Sehingga, suatu keputusan bisa dibuat secara adil supaya gak ada pihak yang merasa dirugikan.

Itulah diatas merupakan penjelasan singkat mengenai macam – macam Demokrasi yang dipakai oleh negara – negara yang ada di belahan dunia.

Semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian semua dalam mempelajari macam – macam Demokrasi tersebut 😀