Kalimat Langsung

Dalam percakapan sehari-hari, pasti orang saling berbicara dengan cara melontarkan kalimat-kalimat.

Ada berbagai jenis kalimat dalam Bahasa Indonesia, kalimat tersebut salah satunya adalah kalimat langsung.

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan kalimat langsung itu?

Ingin tahu? Makanya, langsung simak ulasannya yang ada dibawah ini yuk!


 

Pengertian Kalimat Langsung

Pengertian Kalimat Langsung

Kalimat langsung adalah salah satu jenis kalimat yang berasal dari sebuah kutipan pernyataan atau pembicaraan seseorang secara langsung.

Kalimat langsung ini sering dijumpai atau ditemui dalam tulisan. Kalimat tersebut dikutip atau diambil dari percakapan secara langsung.

Kutipan tersebut kemudian disampaikan kembali sama persis, tanpa ada yang diubah sedikitpun dari sumber awalnya.

Dalam hal tersebut, informasi yang diberikan adalah asli sesuai dengan yang diperoleh dari sumber.

Bahkan, sampai intonasi atau nada yang digunakan biasanya juga sama dengan yang dilakukan oleh sumber informasi.

Baca juga : Pengertian Akronim


 

Ciri-Ciri Kalimat Langsung

Ciri-Ciri Kalimat Langsung

Berikut ini, ada beberapa ciri-ciri dari kalimat langsung yang harus kamu ketahui supaya gak salah dalam penggunaannya, yaitu:

  • Pada kalimat langsung, kalimat petikan ditandai dengan tanda petik.
  • Huruf pertama pada kalimat yang dipetik menggunakan huruf kapital.
  • Kalimat petikan dan kalimat pengiring dipisahkan dengan menggunakan tanda baca koma (,).
  • Kalimat langsung yang berupa dialog berurutan, harus menggunakan tanda baca titik dua (:) di depan kalimat langsung.
  • Cara membaca pada kalimat kutipan intonasinya sedikit ditekan.

 

Pola Susunan Kalimat Langsung

Pola Susunan Kalimat Langsung

Dibawah ini, ada pola susuran dari kalimat langsung, diantaranya yaitu:

  • Pengiring, “kutipan”
  • “kutipan”, pengiring
  • “kutipan”, pengiring, “kutipan”

Baca juga : Kalimat Tidak Langsung


 

Contoh Kalimat Langsung

Contoh Kalimat Langsung

Berikut dibawah ini, ada beberapa contoh dari kalimat langsung yang bisa kamu ketahui, diantaranya yaitu:

  • Sandi bertanya, Apakah besok ada ujian?”
  • Ibu berkata, “Aku harus kembali tepat waktu.”
  • “Kami sudah menetapkan 3 orang tersangka,” kata polisi.
  • Ibu menyuruh, “Bersihkan kamarmu sekarang!”
  • “Aku sangat bersyukur,” katanya, “mudah-mudahan keluarga kamu akan selalu seperti ini.”
  • “Mau kemana kalian hari ini?” tanya Thoriq.
  • “Tunggu!” teriak penasehat Raja, “lebih baik kita selidiki dulu masalahnya.”
  • Lalu Raja berkata kepada pengawalnya, “Suruh kedua lelaki itu menghadapku!”
  • “Apa yang harus aku lakukan?” gumam Permaisuri Kerajaan Emas Gandrung.
  • Florian berkata: “Kapan aku bisa pergi ke Jepang?”

 

Perbedaan Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

Perbedaan Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

Nah, dibawah ini ada beberapa perbedaan dari kalimat langsung dan kalimat tidak langsung, yaitu:

Kalimat LangsungKalimat Tidak Langsung
Kalimat kutipannya adalah pernyataan orang pertamaKalimat kutipannya adalah penulisan ulang pernyataan dari orang pertama
Redaksi kutipannya asliRedaksi kutipannya cuma sebagian atau udah berbeda dari yang aslinya
Menggunakan sejumlah aturan tanda kutip duaTidak ada aturan tanda baca kutip dua
Ada penekanan intonasi saat membaca kutipannyaTidak ada penekanan intonasi atau datar-datar aja
Menggunakan subjek saya, aku, kamiMenggunakan subjek dia, id, mereka, kalian, atau nama orang ketiga

Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai pengertian kalimat langsung beserta beberapa contohnya.

Gimana? Mudah dipahami kan pembahasan diatas tadi? Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Kalo ada kekurangan tentang penjelasan diatas atau pertanyaan, langsung aja tulis dikolom komentar dibawah ini yak 😀

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 1 Average: 5]
Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 5 April 2021 - Published : 7 Januari 2021