Kalimat Tidak Langsung

Berdasarkan pengucapannya, jenis kalimat terbagi menjadi 2 jenis yaitu kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.

Sebelumnya, kita udah membahas kalimat langsung. Nah sekarang kita akan membahas kalimat tidak langsung.

Apa sih, yang dimaksud dengan kalimat tidak langsung itu?

Penasaran? Yuk langsung simak ulasannya bersama yang ada dibawah ini!


Pengertian Kalimat Tidak Langsung

Pengertian Kalimat Tidak Langsung

Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang menyampaikan atau melaporkan kembali ucapan orang lain dengan cara tidak langsung (tidak memakai tanda petik).

Kalimat tidak langsung cuma bersifat melaporkan kembali ucapan atau perkataan seseorang dengan memakai bahasa si penyampai sendiri.

Makanya, kalimat tidak langsung bersifat menyampaikan kembali apa yang dikatakan seseorang, maka isi kalimat ini adalah berupa berita.


Ciri-Ciri Kalimat Tidak Langsung

Ciri-Ciri Kalimat Tidak Langsung

Berikut ini, ada beberapa ciri-ciri dari kalimat tidak langsung yang harus kamu ketahui supaya gak salah dalam penggunaannya, yaitu:

  1. Tidak menggunakan tanda petik.
  2. Berintonasi datar dan menurun di akhir kalimat.
  3. Tokoh pelaku yang disebutkan pada kalimat langsung mengalami beberapa perubahan, yaitu:
    • Kata ganti orang pertama berubah jadi orang ketiga
    • Kata ganti orang kedua berubah jadi orang pertama
    • Kata ganti orang kedua jamak (kita) berubah jadi kami, mereka (tergantung pada konteks kalimat)
  4. Menggunakan kata penghubung atau konjungsi, seperti: agar, supaya, tentang, untuk, bahwa, dan lainnya.
  5. Bagian kutipan yang dijadikan kalimat tidak langsung berbentuk kalimat berita.

Baca juga : Pengertian Kalimat Langsung


Contoh Kalimat Tidak Langsung

Contoh Kalimat Tidak Langsung

Berikut dibawah ini, ada beberapa contoh kalimat tidak langsung yang bisa kamu ketahui, diantaranya yaitu:

  1. Aku bertanya padanya tentang cara membuat kue lapis legit yang enak.
  2. Paman bertanya padaku tentang keseharian dan nilai sekolah anaknya.
  3. Aku memberi kabar pada Ibu bahwa aku berhasil lulus dalam ujian sidang skkripsi pagi ini.
  4. Aku berkata pada Ibu bahwa aku tak ingin tinggal bersama Ayah dan ingin tinggal bersamanya saja.
  5. Dia mengeluh bahwa ia tidak sanggup lagi menahan rasa sakitnya dan serasa ingin mati saja.
  6. Dika menanyakan tentang keadaanku setelah mengalami kecelakaan lalu lintas minggu lalu.
  7. Aku meminta Dion untuk membelikanku sepatu model terbaru yang baru dipasarkan itu.
  8. Bapak Lesmana bertanya kepada kami tentang alasan kenapa kami memilih jurusan Sistem Informasi.
  9. Dia bertanya padaku tentang makanan kesukaan ayah dan ibu agar dapat mengambil hati mereka.
  10. Retno mengatakan bahwa malam ini udara dingin sekali seperti tinggal di kawasan pegunungan.

Perbedaan Kalimat Langsung dan Kalimat Tidak Langsung

Perbedaan Kalimat Langsung dan Kalimat Tidak Langsung

Nah, dibawah ini ada beberapa perbedaan dari kalimat langsung dan kalimat tidak langsung, yaitu:

Kalima LangsungKalimat Tidak Langsung
Kalimat kutipannya adalah pernyataan orang pertamaKalimat kutipannya adalah penulisan ulang pernyataan dari orang pertama
Redaksi kutipannya asliRedaksi kutipannya cuma sebagian atau udah berbeda dari yang aslinya
Menggunakan sejumlah aturan tanda kutip duaTidak ada aturan tanda baca kutip dua
Ada penekanan intonasi saat membaca kutipannyaTidak ada penekanan intonasi atau datar-datar aja
Menggunakan subjek saya, aku, kamiMenggunakan subjek dia, id, mereka, kalian, atau nama orang ketiga

Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai pengertian kalimat tidak langsung beserta beberapa contohnya.

Gimana? Mudah dipahami kan pembahasan diatas tadi? Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Kalo ada kekurangan tentang penjelasan diatas atau pertanyaan, langsung aja tulis dikolom komentar dibawah ini yak 😀

Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 19 Mei 2021 - Published : 7 Januari 2021