Contoh Artikel

Apa sih, yang dimaksud dengan pengertian artikel itu? Jadi,

Artikel adalah sebuah esai yang sebenarnya lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (lewat koran, majalah, internet, bulettin, dan lainnya).

Tujuan artikel adalah buat menyajikan ide-ide dan fakta-fakta yang bisa meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Nah, berikut ini ada beberapa contoh dari artikel dalam berbagai topik. Penasaran? Yuk simak!


Contoh Artikel Ilmiah

Contoh Artikel Ilmiah

Dampak Buruk Junk Food Untuk Kesehatan Tubuh

Junk Food disebut makanan instan atau makanan cepat saji yang kini udah berkembang pesat di persaingan perusahaan makanan di Indonesia.

Makanan cepat saji dinilai sebagian orang lebih efektif terhadap waktu dan mudah ditemukan.

Gak cuma itu aja, makanan cepat saji juga punya cita rasa yang lezat ditambah lagi harganya yang terjangkau.

Makanan cepat saji udah lama mengundang kontroversi di negara kita, karena terungkapnya beberapa dampak buruk yang dia miliki.

Dampak buruk itu disebabkan oleh kandungan zat-zat berbahaya di dalam makanan instan seperti lilin yang ada pada mie instan.

Gak berhenti disitu, nyatanya didalam makanan cepat saji terkandung bahan pengawet dan penyedap yang kini disebut micin.

Fenomena kata micin kini mendadak kerap digunakan para remaja sampai dewasa kalo seseorang mengalami hal-hal yang kurang normal.

Maksud dari hal kurang normal itu, seperti seseorang yang telat berpikir, lama menjawab kalo diajak bicara dan lainnya.

Gak dielakkan, makanan cepat saji memang mengandung zat berbahaya seperti yang udah diungkapkan diatas.

Sejumlah penelitian udah membuktikan kalo keseringan mengkonsumsi makanan cepat aja emang gak berdampak secara langsung ke tubuh.

Tapi, makanan-makanan cepat saji yang dikonsumsi akan tertimbun di dalam tubuh yang kemudian hari menjadi penyebab penyakit mematikan seperti kanker.

Gak cuma kanker, penyakit berbahaya juga mengintai misalnya stroke, usus buntu dan penyakit ginjal.

Makanya, kalo kamu termasuk kedalam orang yang hobi mengkonsumsi makanan cepat aja, kurangilah hal itu.

Mulai sayangi tubuh dan diri sendiri. Perlu diketahui kalo salah satu kandungan di dalam makanan instan yaitu lilin sulit dicerna tubuh.

Lilin itu menghancurkan prinsip kerja sistem pencernaan tubuh, jadi makanan yang mengandung lilin akan dicerna dengan waktu minimal dua hari.


Contoh Artikel Pendidikan

Contoh Artikel Pendidikan

Pengaruh Pendidikan Terhadap Kualitas Anak Pedalaman

Bukan rahasia lagi, kalo anak-anak yang tinggal di daerah pedalaman sangat sulit mendapatkan kehidupan yang layak seperti anak-anak pada umumnya.

Mereka kesulitan mendapat air bersih, mengenyam pendidikan sesuai batas kelayakan pendidikan Indonesia dan sulit mengikuti perkembangan zaman.

Gak cuma itu, mereka bahkan gak mengenal alat komunikasi seperti telepon genggam.

Hal pokok yangjadi sorotan utama yaitu betapa sulitnya mereka mendapat pendidikan yang layak dan mengenyam pendidikan 12 tahun.

Pada faktanya gak semua salah mereka, kesulitan mereka menjangkau lokasi sekolah jadi masalah karena mereka harus mengarungi sungai.

Mereka juga harus berjalan kaki sampai berpuluh-puluh kilo meter, bahkan ada juga yang gak memakai alas kaki.

Kurangnya tenaga pengajar di pedalaman karena sulitnya mencari pengajar yang mau mengajar di daerah tersebut juga sangat disayangkan.

Padahal kualitas seseorang diukur melalui seberapa jauh pendidikan yang dicapai karena kualitas seorang lulusan SD berbeda dengan kualitas seorang sarjana.

Jadi, bisa disimpulkan kalo pendidikan sangat memengaruhi kualitas seorang anak pedalaman.


Contoh Artikel Kesehatan

Contoh Artikel Kesehatan

Manfaat Madu Bagi Kesehatan

1. Manfaat Madu Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Madu gak cuma dikenal sebagai pemanis alami, madu juga mempunyai manfaat lain yang bisa dipakai buat kesehatan kulit khususnya kulit wajah.

Madu dipercaya bisa dipakai buat penghilang jerawat, tapi perlu ditambahkan dengan beberapa bahan lain seperti jeruk nipis.

Madu juga bisa dimanfaatkan buat mengecilkan pori-pori wajah dan menghaluskan kulit wajah.

2. Madu Sebagai Peningkat Kekebalan Tubuh

Didalam madu, ada aneka nutrisi yang begitu kompleks mulai dari vitamin sampai aneka mineral yang dibutuhkan tubuh.

Gak heran, kalo kini banyak para orang tua yang mempercayai madu buat diberikan pada anak-anak mereka.

Alasan para orang tua memberikan madu yaitu buat menjaga kesehatan sang anak terutama buat meningkatkan kekebalan tubuh dan stamina.

3. Madu Sebagai Pembunuh Bakteri

Didalam madu ada suatu zat yang punya fungsi memperlambat laju bakteri, bahkan mematikan bakteri tersebut jadi tubuh terhindarkan penyakit.

Udah dibuktikan pada suatu studi, kalo madu efektif membasmi bakteri dalam tubuh seperti E. Coli, Salmonella dan bakteri lainnya.

Makanya, khasiat dari madu gak perlu diragukan lagi pokoknya deh.

4. Madu Sebagai Penghilang Batuk

Manfaat madu sebagai penghilang batuk gak cuma isapan jempol belaka yang tiada buktinya, tapi manfaat ini dibuktikan dengan jurnal juga.

Jurnal itu udah dirilis pada tahun 2007 dengan sampel anak-anak sebanyak 270 orang.

Hasil dari penelitian yaitu dengan meminum satu sendok madu sebelum mereka tidur intensitas batuk yang terjadi mengalami penurunan.


Contoh Artikel Populer

Contoh Artikel Populer

Mengatur Makanan Untuk Kesehatan Tubuh

Makanan merupakan asupan nutrisi yang berarti buat kesehatan dan juga kekuatan badan.

Tapi, apa yang hendaknya kamu makan selepas melaksanakan berolahraga sangat butuh dicermati dengan baik.

Upayakan supaya gak salah memilah makanan. Karena apa? Karena, salah memilah makanan yang dimakan sehabis berolahraga bisa aja menimbulkan bahaya buat kesehatan badan.

Salah komsumsi makanan sehabis berolahraga bisa aja membuat badan kesusahan memulihkan tenaga yang lenyap.

Sebaiknya kamu komsumsi makanan yang memiliki air, karbohidrat lingkungan, dan beberapa protein supaya badan senantiasa sehat serta mengesankan.

Sepanjang berolahraga, badan menghasilkan banyak tenaga dimana tenaga ini bisa mengurangi glukosa atau zat gula.

Makanya, buat kamu dianjurkan supaya bisa mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan gula darah.

Terlepas dari itu semuanya, kamu juga dianjurkan supaya menjauhi mengkonsumsi sebagian makanan yang dapat mempengaruhi kesehatan selepas berolahraga.


Contoh Artikel Opini

Contoh Artikel Opini

Inovasi Sistem Pemberdayaan Mayarakat

Kesenjangan sosial jadi salah satu permasalahan yang mulai mencuat di masa modern perkotaan yang berpotensi pengaruh negatif dan tindak kriminal.

Dalam menanggulangi perihal ini, pemerintah wilayah mengambil kebijakan preventif buat menertibkan tempat- tempat negatif dan non-kondusif yang berpotensi tindak kriminal dan citra kurang baik pada wilayah tersebut.

Pemerintah Kota Surabaya adalah salah satu pelopor aksi tertib, positif dalam bermasyarakat, dan bernegara lewat penutupan Dolly.

Data yang didapatkan dari Dinas Sosial Surabaya (DSS) tercatat kalo sekitar ratusan muxikari, puluhan tukang parkir, orang dagang, pengelolah penginapan, cleaning service, tukang becak, dan pekerja yang lain yang menggantungkan pekerjaan di kawasan Dolly kehabisan mata pencarian mereka serta merasa kesusahan akibat penutupan Dolly.

Anggapan negatif warga terhadap mantan penunggu eks lokalisasi Dolly menaikkan lingkungan permasalahan yang ada.

Kondisi ini membuat mantan penunggu eks lokalisasi gak yakin diri dan mematikan energi kreatifitas yang terdapat pada diri mereka.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur pada tahun 2015, jumlah penduduk Surabaya sebesar 2.806.306 jiwa dan terus bertambah tiap tahunnya.

Terus jadi meningkatnya jumlah populasi di kota Surabaya, sampai hendak terus jadi banyak sumber energi alam yang dipakai buat penuhi kebutuhan dan keberlangsungan hidup penduduk.

Pada kesimpulannya zona persawahan, zona lindung, dan lahan kosong menyusut serta berganti guna jadi zona permukiman.

Bidang agrokompleks ialah zona bisnis yang mulai diminati oleh para handal di masa ini.

Kenyataan ini didukung dari tingginya permintaan pasar terhadap hasil pertanian baru, komoditas ikan air tawar, pupuk, dan produk yang berpotensi ekspor yang lain.

Di wilayah Surabaya permintaan pasar dalam mengkonsumsi jamur tiram menggapai 2 ton per hari buat satu zona, usaha agrokompleks memanglah jadi salah satu kemampuan di daerah Surabaya.

Dari pengalaman luas dan keadaan yang ada kami bagaikan mahasiswa merasa bertanggung jawab buat membagikan pemecahan nyata terhadap kasus yang ada lewat program“ Smart Agro Village System”.

Yang Merupakan Program pemberdayaan dari mantan penunggu eks lokalisasi Dolly dalam melaksanakan kreativitas usaha ke arah yang lebih positif dan progressive lewat usaha pengelolaan modern agro- complex yang berorientasi pada system zero waste serta high profit.


Contoh Artikel Penelitian

Contoh Artikel Penelitian

Menganalisa Google Image Index Expired Domain dan Domain Fresh

Saat ini, banyak web toko online yang muncul dan tumbuh tapi gak seluruh muncul di halaman awal pada mesin pencari Google.

Itu bisa diakibatkan oleh sebagian perihal semacam web gak SEO friendly, mutu domain yang rendah, nama domain yang gak relevan dengan produk yang dijual, dan yang lain.

Banyak penyedia domain menjual expired domain dengan harga yang lebih mahal dari harga domain fresh ataupun domain baru.

Sedangkan, belum ada uraian atau riset formal yang melaporkan kalau expired domain lebih unggul daripada domain fresh.

Sebaliknya, pada halaman web pencarian expired domain(Domcop.com) mengemukakan kalo search engine lebih memilah domain yang lebih tua, karena domain yang lebih tua lebih bisa dipercaya.

Disisi lain, Richard Baxter founder dan CEO (Chief Executive Officer) pada web builtvisible.com berkata kalau membeli suatu domain, dan mengganti hosting, WHOIS, DNS serta alihkan domain tersebut, pada waktu yang sama hendak me- reset nilai SEO dari domain tersebut.

Seseorang yang mempunyai bisnis online berpeluang besar mengoptimalkan bisnisnya dengan membuat web toko online dan memakai Search engine Google buat peng- index- an, spesialnya index foto bagaikan media promosi.

Peneliti memilih menganalisis index foto sebab foto yaitu media grafis yang sangat dibutuhkan dalam periklanan dan punya energi tarik tertentu dalam mendesak timbulnya hasrat konsumen buat membeli suatu produk.

Pada penelitian ini peneliti hendak memakai CMS WordPress buat membuat web toko online.

Peneliti memilih memakai WordPress sebab buat seseorang anggota regu Google Matt Cutts menganjurkan buat memakai WordPress dalam membangun suatu web saat berdialog pada suatu event WordCamp di San Francisco.

Bersumber pada latarbelakang itu, peneliti disini hendak menganalisa Google image index dengan melaksanakan perbandingan pemakaian Expired Domain dan Domain Fresh permasalahan toko online memakai CMS WordPress.

Penelitian ini hendak merumuskan gimana sesungguhnya pengaruh Expired Domain pada peng- index- an foto di mesin pencari Google dibanding dengan Domain Fresh.


Contoh Artikel Singkat

Contoh Artikel Singkat

Fenomena Pelakor atau Perebut Laki Orang

Zaman dulu, emang dari sebagian besar para pria punya lebih dari seorang istri bahkan bisa menikah berkali-kali.

Tapi, seiring berjalannya waktu kesetiaan mulai tumbuh sampai hal itu berubah jadi suatu yang biasa.

Seperti halnya yang udah dicontohkan mantan Presiden kita, yaitu Bapak Habibie yang setia sehidup semati dengan Almarhumah Ibu Ainun.

Lalu, belakangan ini muncul lagi suatu hal yang pernah ada di masa lalu yaitu adanya istri yang lebih dari satu.

Perempuan yang jadi istri kedua dikenal dengan sebutan pelakor atau perebut laki orang (perebut suami orang).

Para pelakor yang “terciduk” para istri sah atau istri pertama pasti akan viral di dunia maya, karena istri sah mengungkapkan hal itu melalui curhatan.

Curhatan itu lalu dibaca banyak orang sampai akhirnya booming, setelah itu sang pelakor akan mendapat ribuan hujatan dari para netizen.

Hujatan itu bukan gak beralasan, sesama kaum wanita tentunya akan mampu merasakan hal yang sama dengan para istri sah.

Wanita emang lebih mementingkan perasaan ketimbang logikanya, jadi kejadian itu bukan suatu yang mengherankan.


Contoh Artikel Konseptual

Contoh Artikel Konseptual

Beban SKS Tak Hanya Bisa Dipenuhi di Kampus

Satu hal yang jadi poin dalam program kampus merdeka yakni pemenuhan SKS (satuan kredit semester) di luar kampus bagi yang ingin melakukannya.

Dalam SKS di luar kampus ini, mahasiswa berhak mendapatkan 40 SKS yang setara dengan 2 semester.

Selain di luar kampus, SKS juga bisa diperoleh melalui prodi lain. Cuma, kebijakan gak bisa diberlakukan buat prodi kesehatan.

Usulan tersebut emang sedikit kontroversial menabrak standar nasional pendidikan tinggi yang ada.

Karena, dalam SN Dikti (Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015), semester adalah satuan waktu buat kegiatan belajar yang efektif minimal 16 pekan.

Dalam 16 pekan ini, juga termasuk UTS (ujian tengah semester) dan UAS (ujian akhir semester).

Yang jadi persoalan adalah bagaimana standar penilaian ketuntasan 40 SKS yang diambil di luar itu nantinya dan apa yang membedakan program tersebut dengan magang.

Penyetaraan gak bisa digunakan dalam kondisi ini, karena bisa aja setiap mahasiswa memilih tempat berbeda buat memenuhi 40 SKS itu.


Gimana? Ulasan tentang contoh artikel diatas? Mudah dipahami kan? Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Kalo ada kekurangan tentang penjelasan diatas atau pertanyaan, langsung aja tulis dikolom komentar dibawah ini yak 😀

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 6 Januari 2021 - Published : 6 Januari 2021