Wanita Terbaik Menurut Rasulullah

Apakah semua wanita itu mulia ? Apakah semua wanita itu baik ? belum tentu.

Sebaik baik wanita, semulia mulia seorang wanita adalah wanita muslim yang taat kepada Allah.

Bahkan banyak guru kami menjelaskan, apabila kamu hendak memilih seorang wanita yang ingin kau nikahi, dan pilihannya hanyalah 2 yaitu 1 wanita muslim tetapi berparas biasa saja, dan 1 wanita kafir namun berparas cantik maka pilihlah wanita muslim yang berparas biasa saja karena itu akan lebih menenangkan hidupmu.

Lalu apakah semua wanita muslimmah itu terbaik menurut Rasulullah ?

Banyak hadist yang menjelaskan hal ini, tentu tidak semua wanita muslimmah itu dianggap terbaik menurut Rasulullah, melainkan diantara wanita muslimmah yang terbaik menurut Rasulullah adalah :

Wanita yang tidak pernah melihat laki laki dan tidak pernah dilihat oleh laki laki

Apa maknannya ?

Yaitu apabila ada seorang laki laki, perempuan ini tidak penasaran terhadap laki laki tersebut, dan apabila dilihat laki laki perempuan tersebut merasa tidak nyaman dan risih ketika dipandang laki laki yang bukan mahromnnya. masyaallah.

Diantara ciri wanita yang terbaik menurut Rasulullah lainnya adalah :

1. Wanita yang Menutup Aurat

Aurat adalah hal yang mesti ditutupi oleh seorang wanita dan hanya lelaki yang mahrom saja yang dapat melihatnnya.

Aurat wanita itu merupakan seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan menurut pendapat ulama yang paling kuat.

Allah subhanahu wa ta’alla berfirman :

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mendekatkan jilbabnya  ke seluruh tubuh mereka“. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. 

QS. Al Ahzab: 59

2. Berbusana Syar’i

Wanita wanita muslimah hendaklah mereka menjaga auratnya dengan berbusana syari, yaitu yang menutupi auratnya kecuali wajah dan telapak tangan.

Bukan malah memakaih pakaian yang akan menimbulkan perhatian banyak orang, Allah ta’alla berfirman :

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى

Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu ber-tabarruj seperti orang-orang jahiliyyah pertama.

QS. Al Ahzab : 33

Apa itu Tabarruj ?

Abu ubaidah menyampaikan, “Tabarruj itu adalah menampakan kecantikan dirinnya terhadap orang lain atau orang yang bukan mahromnya”


3. Senang Tinggal Di Rumah

Wanita wanita muslimmah hendaknnya ia senang tinggal dirumah, karena hijab terbaik seorang wanita bukanlah pakaiannya, melainkan adalah rumahnnya.

Dari Abdullah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Sesungguhnya perempuan itu aurat. Jika dia keluar rumah maka setan menyambutnya. Keadaan perempuan yang paling dekat dengan wajah Allah adalah ketika dia berada di dalam rumahnya”.

HR Ibnu Khuzaimah no. 1685. shahih oleh syaikh al Albani

4. Memiliki Sifat Malu yang Tinggi

Sebagaimana dijelaskan pada hadist diatas, wanita terbaik menurut Rasulullah adalah wanita yang tidak pernah melihat laki laki dan tidak pernah dilihat laki laki.

Makannya adalah mereka selalu malu, risih apabila di lihat oleh seorang laki laki.

Bahkan kata Ustadz Hanan Attaki, Mahkota seorang perempuan adalah “Rasa Malunnya” sedangkan mahkota laki laki adalah “Tanggung Jawabnya”.

Semakin pemalu seorang wanita tersebut maka semakin tinggi derajatnnya, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,

الْحَيَاءُ لاَ يَأْتِى إِلاَّ بِخَيْرٍ

Rasa malu tidaklah mendatangkan kecuali kebaikan.

HR. Bukhari no. 6117 dan Muslim no. 37

5. Menjaga Pandangannya

Wanita wanita muslimmah hendaknnya ia juga senantiasa menjaga pandangannya.

Allah subhanahu wa ta alla berfirman :

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.

QS. An Nuur: 31

Karena awal mula dari segala kemaksiatan dimulai dari melihat hal hal yang salah, maka dari itu wanita wanita sholehah itu senantiasa menjaga dirinnya dari memandang memandang yang salah yang tidak diridhoi oleh Allah.


Daftar Pustaka :

Muslim.or.id. (2014, 21 April). 8 Sifat Wanita Terbaik diakses pada 29 Agustus 2020, dari https://muslim.or.id/21207-8-sifat-wanita-terbaik.html

Muslimah.or.id. (2015, 15 November). Bolehkan Wanita Muslimah Memandang Lelaki yang Bukan Mahrom diakses pada 29 Agustus 2020, dari https://muslimah.or.id/7962-bolehkah-wanita-muslimah-memandang-lelaki-yang-bukan-mahram.html

Youtube.com. (2017, 26 Januari). Nasehat untuk Kaum Wanita | Buya Yahya diakses pada 29 Agustus 2020, dari https://www.youtube.com/watch?v=ywvb3_-0Jjs

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 1 Average: 5]
Avatar
Riki Ramdhani

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Founder salah satu program kemanusiaan terbaik di Purwokerto, Musharaka Project.

Update : 29 Agustus 2020 - Published : 29 Agustus 2020

       

Tinggalkan komentar