Teks Autobiografi

Apa sih, yang kamu ketahui tentang teks Autobiografi tersebut? Jadi,

Autobiografi atau otobiografi dari bahasa Yunani, yaitu (αὐτός-autos) sendiri + (βίος-bios) hidup + (γράφειν-graphein) menulis.

Jadi, artinya biografi yang ditulis oleh subjeknya bersama-sama dengan penulis lain dan disebutkan sebagai “sebagaimana diceritakan” atau “dengan”.

Ingin tahu lebih lengkap tentang pembahasan Teks Autobiografi tersebut? Yuk simak aja langsung berikut ini!


Pengertian Teks Autobiografi

Pengertian Teks Autobiografi

Autobiografi yaitu sebuah tulisan yang menggambaran tentang suatu kejadian atau pristiwa yang dialami oleh seseorang dalam kehidupannya.

Umumnya, pengarang autobiografi mengandalkan berbagai sudut pandang dan bermacam ragam dokumen, sedangkan autobiografi bisa aja berdasarkan sepenuhnya pada ingatan pengarang.

Autobiografi berisi lika-liku kehidupan seseorang malalui masa-masa sulit, kegagalan, kesedihan, kebahagiaan sampai bisa keadaanya di masa kini.

Baca juga : Teks Biografi

Penulisan Autobiografi memakai sudut pandang orang pertama (aku, saya) beda dengan penulisan biografi yang memakai sudut pandang orang ke 3.


Ciri-Ciri Teks Autobiografi

Ciri-Ciri Teks Autobiografi

Berikut ini, ada beberapa ciri-ciri dari sebuah teks Autobiografi, diantaranya yaitu:

  • Autobiografi yaitu suatu perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh tokoh itu sendiri, atau dengan bantuan penulis lain, yang ditulis menurut pengalaman atau ingatan tokoh itu sendiri.
  • Autobiografi sering sekali berisi informasi tentang masa kehidupan tokoh itu sendiri dari yang sulit sampai mencapai keberhasilan
  • Autobiografi juga biasa menampilkan informasi yang sifatnya positif aja. Bahkan, biasa ditulis dalam rangka pencitran seorang tokoh politik
  • Autobiografi sering sekali ditulis supaya masyarakat lebih kenal dan tahu tentang apa yang udah dilakukannya selama ia hidup, menjadikan bisa mengambil hikmah, dan pelajaran yang berharga yang ada didalamnya.

Tujuan Teks Autobiografi

Tujuan Teks Autobiografi

Tujuan penulisan autobiografi diantaranya sebagai berikut ini:

  • Mengenalkan diri sendiri dengan lebih mendetail kepada orang lain.
  • Memberikan gambaran, pelajaran dan juga kisah-kisah inspiratif tentang seseorang bisa sukses dalam bidang yang sedang digeluti sekarang ini, baik itu dalam karir, bisnis, politik maupun bidang lainnya.
  • Bahan pencitraan seseorang.

Jenis-Jenis Autobiografi

Jenis-Jenis Autobiografi

1. Autobiografi Fiksi

Autobiografi fiksi yaitu autobiografi yang punya tujuan buat mendefinisikan sebuah Novel yang berisi tentang seorang tokoh fiktif yang ditulis dan dibuat seolah-olah tokoh itu menulis tentang biografi mereka sendiri.

2. Autobiografi Palsu

Autobiografi palsu yaitu berisi sebuah penggambaran kalo seorang pengarang dianggap punya kehidupan yang menderita dengan sebuah bentuk keluarga yang punya banyak masalah, berupa perilaku buruk dan kekerasan.

3. Autobiografi Sebagai Kritik Totalitarianisme

Autobiografi ini yaitu salah satu korban dan Penentang Rezim Totaliter yang punya kemampuan buat menyampaikan kritik yang sangat mencolok dari sebuah rezim melalui bentuk tulisan yang berupa Autobiografi dari sebuah penindasan mereka.

4. Autobiografi Seseorang yang Tidak Terkenal

Autobiografi ini yaitu salah satu Autobiografi dari beberapa orang dengan klaim asli yang gak terkenal dan udah mulai menulis Autobiografi mereka sendiri buat dibagikan pada masyarakat.


Struktur Autobiografi

Struktur Autobiografi

Berikut ini, ada beberapa struktur dari sebuah teks Autobiografi, diantaranya yaitu:

1. Latar Belakang Keluarga

Struktur ini berisi tentang penjelasan yang meliputi bagian dari keluarganya.

Seperti Ayah Ibu, Tanggal Lahir, dan Tempat Tinggal dan seseorang urutan anak yang ke berapa dan meriwayatkan keluarganya.

2. Latar Belakang Pendidikan

Struktur ini berisi mengenai riwayat sebuah Pendidikan yang udah dilalui dan digapai sampai sekarang dan disertai dengan tahun, nama sebuah sekolahannya, dan biasanya ditulis dalam bentuk paragraf yang baru.

3. Latar Belakang Prestasi

Didalam struktur ini berisi tentang seluruh perestasi yang udah digapai dan udah dilalui sejak penulis masih kecil sampai sekarang.

4. Latar Belakang Pekerjaan

Struktur ini berisi apabila kamu udah atau sedang mencari pekerjaan, lalu menuliskannya didalam Autobiografinya.

Tapi, kalo kamu masih jadi seorang pelajar maka struktur ini gak harus ditulis atau bisa dihapuskan.

5. Latar Belakang Hasil Karya

Bentuk dari struktur ini yaitu bagian utama buat mereka yang sedang bekerja. Kalo kamu masih jadi seorang pelajar maka struktur ini gak harus ditulis.


Kaidah Kebahasaan Autobiografi

Kaidah Kebahasaan Autobiografi

Ada beberapa kaidah kebahasan dari teks autobiografi, diantaranya yaitu:

  • Kata Hubung atau Penghubung, yaitu berfungsi sebagai penyambung antara satu kata dengan kata yang lain.
  • Kata Kerja, yaitu suatu kelompok kata yang menjelaskan suatu hal yang dilakukan oleh tokoh.
  • Rujukan Kata, yaitu merujuk pada kata lain yang udah diungkapkan sebelumnya.
  • Keterangan Waktu, yaitu berfungsi menunjukkan peristiwa, waktu dan tempat yang dialami oleh tokoh.

Manfaat Teks Autobiografi

Manfaat Teks Autobiografi

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu ambil dari sebuah teks autobiografi, diantaranya yaitu:

  • Sebagai refleksi buat memahami masa lalu lebih baik.
  • Membantu buat lupa atau beranjak dari kejadian buruk di masa lalu.
  • Mengetahui tentang bagaimana orang lain menilai dirimu.
  • Menyadari perubahan didalam diri dari tahun ke tahun.
  • Melihat kesalahan masa lalu dan memperbaikinya.
  • Menjadi nilai lebih dalam masalah profesionalitas.

Cara Membuat Teks Autobiografi

Cara Membuat Teks Autobiografi

Ada beberapa urutan untuk membuat teks autobiografi dengan baik dan benar, yaitu:

  • Membuat garis besar dari kisah hidup yang ingin Anda tulis.
  • Menentukan tujuan penulisan.
  • Mengumpulkan data dan informasi.
  • Menuliskan pengalaman dalam sebuah konteks pelajaran bagi orang lain.
  • Menyusun outlin autobiografi dan mengembangkannya.

Contoh Teks Autobiografi

Contoh Teks Autobiografi

Namaku Ardansyah atau biasa dipanggil Ardan oleh orang-orang disekitarku. Aku mempunyai hobi menonton film action.

Aku lahir di kota Bandung, 30 Oktober 2000 dari pasangan Danang Triansyah dan Lilis Kusumaningtyas.

Kakakku bernama Kintan Ardeni yang udah menikah dan kini tinggal bersama suaminya di Surabaya. Dia juga punya sepasang adik kembar perempuan bernama Alya dan Alma yang baru berusia 7 tahun.

Aku pertama kali masuk sekolah di tahun 2006-20012 di SDN 1 Bandung Barat. Lalu, setelah lulus melanjutkannya ke SMP N 2 Bandung dari tahun 2012-2015.

Lalu, melanjutkan sekolah lagi ke SMK N 8 Bandung. Di SMA ini Aku mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Paskibra dan aktif dalam organisasi OSIS.

Bahkan aku sempat menjabat sebagai ketua OSIS di sekolahnya.

Aku adalah anggota tim futsal SMK N 8 Bandung dan beberapa kali menjuarai kejuaraan futsal baik itu kejuaraan antar sekolah atau umum.

Seperti: Juara III Piala Walikota Bandung, juara III futsal Hardiknas Cup 2017, juara pertama Lampung Cup 2018 dan lain sebagainya.

Aku mempunyai cita-cita dalam beberapa tahun mendatang dapat bergabung dengan Tim Nasional futsal Indonesia dan membawa harum nama Bangsa di Dunia.


Gimana pembahasan tentang teks Autobiografi diatas? Mudah dipahami kan? Semoga bisa membantu 😀

Kalo ada kekurangan pada pembahasan diatas atau ada pertanyaan, langsung tulis aja dikolom komentar dibawah ini.

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu

Update : 4 September 2020 - Published : 31 Agustus 2020

       

Tinggalkan komentar