Peranan Pers dalam Masyarakat Demokrasi

Peranan pers dalam masyarakat demokrasi itu sesungguhnya sangat besar lho!

Peranan pers dalam masyarakat demokrasi menandakan terlaksana atau gaknya demokrasi itu sendiri. Semakin besar peranannya, berarti semakin maju negara demokrasi yang bersangkutan.

Peranan pers yang terbelenggu dengan pembatasan ketat dari pemerintah menunjukkan demokrasi gak berjalan baik di negara tersebut.

Berikut ini, ada beberapa peranan pers dalam masyarakat demokrasi di Indonesia. Ingin tahu, apa aja? Yuk simak langsung ulasannya!


Peranan Pers Menurut UU Nomor 40 Tahun 1999

Peranan Pers Menurut UU Nomor 40 Tahun 1999

Ada beberapa peranan pers menurut UU Nomor 40 Tahun 1999, diantaranya sebagai berikut ini:

1. Menegakan Nilai Dasar Demokrasi

Apa sih, yang dimaksud dengan nilai dasar demokrasi?

Nilai dasar demokrasi yaitu nilai yang menghargai hak asasi manusia, bahwa semua manusia dilahirkan dengan hak yang sama.

Dengan semua informasi yang dikumpulkan, artinya menjunjung kebebasan mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan, menyalurkan semua aspirasi rakyat secara lisan dan tulisan.

Dasar demokrasi ini juga ditegakkan dengan cara menginformasikan semua bentuk pelanggaran dan konsekuensi dalam pers sebagai media pendidikan.

2. Mendorong Terwujudnya HAM

Pers di Indonesia juga mendorong terjaminnya pelaksanaan hak asasi manusia. Pers berperan serta mensosialisasikan, melaksanakan, dan mengawasi jalannya HAM tersebut.

3. Memenuhi Hak Masyarakat untuk Mengetahui Informasi

Masyarakat dalam suatu negara sangat membutuhkan informasi mengenai semua hal yang terjadi di negaranya dan juga di luar negaranya.

Khususnya, kejadian manca negara yang secara langsung dan gak langsung berhubungan dengan negara kita, Indonesia.

Pers dengan segala kegiatan yang dilakukan, seharusnya bisa memenuhi hak masyarakat mengenai hal tersebut. Gak ada yang ditutupi dan semua disampaikan secara informatif dan benar.

Tapi, pers juga harus bisa memilih sendiri tanpa membedakan mana yang merusak dan mana yang gak merusak masyarakat sekitar.

Bahasa provokatif bukan bahasa yang dipakai oleh pers. Tapi, bahasa informasi yang gak memecah belah masyarakat dalam upaya menjaga keutuhan NKRI.

4. Menghormati Kebhinekaan

Negara Indonesia merupakan negara yang mempunyai keberagaman tertinggi di dunia. Kenapa? Karena, wilayahnyaterbentang luas dan terdiri dari suku bangsa yang berbeda-beda.

Keberagaman itu ditambah dengan masuknya berbagai agama dan masuknya berbagai etnis negara lain jadi warga negara Indonesia pada waktu itu.

Disini, pers berperan mendorong masyarakat menghormati kebhinekaan tersebut.

Caranya, dengan gak memberikan hal yang belum tentu kebenerannya dan bisa memicu atau mengadu domba antar kedua belah pihak yang berbeda-beda.

5. Memperjuangkan Keadilan dan Kebenaran

Pers juga berperan memperjuangkan keadilan dan kebenaran. Pers demokrasi seharusnya gak punya peran memihak kepada kelompok tertentu.

Yang harus disampaikan oleh pers yaitu kebenaran dan juga keadilan. Serta, yang diperjuangkan yaitu amanat penderitaan rakyat buat kesejahteraan rakyat.

6. Mendorong Terwujudnya Supremasi Hukum

Negara Indonesia merupakan negara hukum. Jadi, semua sesuatu harus sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku. Serta, semua hak warga negaranya dijamin.

Didalam hukum, setiap warga negara sama kedudukannya tanpa melihat jabatan, ras, harta, suku, dan agamanya.

Disini, pers perannya berusaha membantu mensosialisasikan segala peraturan perundang-undangan yang ada.

Pada tingkat pelaksanaannya, pers bisa menjalani dan mengawasi pelaksanaan hukum di segala titik.

7. Mengembangkan Pendapat

Pers juga berperan mengembangkan pendapat umum yang ada. Artinya, menyampaikan segala sesuatu yang jadi aspirasi umum berdasarkan informasi yang tepat, benar, dan akurat.

Dengan begitu, pendapat yang baik dan aspirasi yang baik juga bisa tersalurkan ke jalur yang benar.

8. Melakukan Pengawasan

Disini, pers berperan melakukan pengawasan kepada seluruh komponen masyarakat dan juga pemerintahan. Pers gak memihak kepada siapapun, kecuali kebenaran.

Setelah melakukan pengawasan, pers bisa memberikan saran dan kritik terhadap pemerintah, terhadap lembaga negara, organisasi non pemerintah, tokoh masyarakat, dan yang berkaitan denga kepentingan umum.

Jadi, pers gak boleh dan gak bisa ditunggangi oleh kepentingan pribadi atau kelompok tertentu.


Peranan Pers Menurut M. Gurevitch dan J.G Blumler

Peranan Pers Menurut M. Gurevitch dan J.G Blumler

Ada beberapa peranan pers dalam masyarakat demokrasi di Indonesia menurut kedua ahli tersebut, diantaranya yaitu:

1. Sebagai Saluran Informasi Perkembangan Kehidupan Sosial dan Politik

Disini, pers harus berperan aktif dalam memberikan semua informasi perkembangan kehidupan sosial dan politik dalam masyarakat Indonesia.

Gak cuma yang terjadi di daerah tertentu aja atau yang dilakukan oleh tokoh tertentu aja. Tapi, informasi menyeluruh sesuai dengan fakta dan akurat, dan bisa dipertanggung jawabkan.

Dengan begitu, pers fungsinya sebagai media informasi dan media pendidikan sekaligus. Rakyat dimana aja bisa mengetahui perkembangan negara dan wilayah lainnya.

2. Membantu Pemerintah

Pers dalam hal ini bisa juga menjadi corong perintah dalam menyampaikan semua program dan rencana kerja yang baik.

Informasi yang disampaikan sangat penting mulai dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Dengan begitu, masyarakat bisa mengetahui semua kegiatan pembangunan yang udah berjalan.

Selain itu, pers bisa membantu pemerintah buat memperhitungkan cara memakai kekuasaan, apa yang dibutuhkan oleh rakyat dan gimana program tersebut bisa sampai ke masyarakat yang membutuhkan.

3. Memberikan Gambaran Isu-Isu Penting

Pers juga berperan memberikan gambaran mengenai isu-isu penting yang terjadi didalam ataupun di luarg negeri.

Contohnya: Tentang kenaikan harga BBM dalam negeri, pertemuan menteri yang sedang membahas perekonomian Bangsa Indonesia, bencana alam yang terjadi, dan sebagainya.

Bahkan, sampai isu dunia olahraga dan entertainment seperti juara sepak bola Liga Eropa dan munculnya film terbaru luar negeri di bioskop Indonesia.

Isu-isu penting terkadang gak berkaitan secara langsung dengan Indonesia.

4. Wahana Debat Politik

Di situasi tertentu, pers bisa jadi wahana debat politik atau pandangan tertentu dari berbagai tokoh yang berbeda pandangan dalam masyarakat.

Karena, pers jadi media menyampaikan pikiran, perasaan, dan pendapat secara lisan dan juga tulisan.

Siapa aja bisa menyampaikan opininya dan siapa aja juga bisa menyanggahnya kalo dirasakan gak baik di sini.

Dalam kerangka demokrasi, debat didalam ruang lingkup pers juga harus bisa dibatasi buat gak menyinggung isu SARA atau dengan sengaja menghina salah satu SARA yng menimbulkan perpecahan.


Peranan Pers di Indonesia

Peranan Pers di Indonesia

1. Penyalur Aspirasi Masyarakat

Sekarang ini, media pers sangat berkembang pesat dengan berkembangnya media internet.

Berdasarkan hal tersebut, pers mempunyai peranan sebagai penyalur aspirasi masyarakat kembali dipertegas.

Dimana, hampir gak ada batas dalam dunia maya, terkadang banyak yang menyalurkan aspirasi yang gak terarah dan tanpa nama atau anonym.

Supaya lebih dipertanggung jawabkan, peranan ini harus disosialisasikan kembali. Dimana, aspirasi harus disampaikan dengan cara dan aturan yang berlaku.

2. Sebagai Saluran Pendidikan dan Pembelajaran Kepada Masyarakat

Pers sebagai saluran pendidikan dan pembelajaran kepada masyarakat, artinya memberikan pendidikan dan pembelajaran di berbagai bidang.

Mulai dari pendidikan politik sampai pembelajaran serta pendidikan keluarga.

Dengan begitu, masyarakat mengetahui mana yang akan mereka pilih dan mana yang gak sesuai dengan visi dan misinya masing-masing.

Sebagai contohnya, pendidikan keluarga bisa dilihat dari berbagai sudut, seperti:

Melihat dan menerima tentang anak kecanduan gadget akan jadi pendidikan dan pembelajaran buat sebuah keluarga, gimana cara menghindarinya.

3. Sebagai Saluran untuk Menginvestigasi Masalah Publik

Karena pers harus berperan dengan adil dan menjunjung tinggi sebuah kebenaran, maka pers bisa berperan sebagai saluran buat menginvestigasi masalah-masalah publik.

Setiap masalah yang terjadi bisa dicari tahu kebenarannya dan gimana cara buat menyelesaikan masalah tersebut.

Contohnya: Masalah kemacetan di Jakarta.

Pers bisa mencari tahu, apa aja yang menyebabkannya. Lalu, bisa memberi saran pemecahan masalah dan memberikan informasi kepada masyarakat apa yang udah dilakukan pemerintah dalam menyelesaikan masalah itu.

4. Memadukan Komponen Suprastruktur dan Infrastruktur Politik

Suprastruktur politik yang berarti lembaga negara trias politica sampai lembaga keungan berhubungan dengan infrastruktur politik yang mungkin terdiri dari partai politik, LSM, organisasi masyarakat, organisasi profesi, dan lainnya.

Melalui hubungan yang baik yang diciptakan oleh pers nasional Indonesia, maka kerjasam akan terjadi.

Semua perencanaan pembangunan bisa berjalan dengan lancar, karena mendapat dukungan dari berbagai pihak.


Itulah penjelasan lengkap mengenai peranan pers dalam masyarakat demokrasi di Indonesia.

Semoga, pers Indonesia semakin maju, bisa perfungsi dan berperan sebaik-baiknya dan jadi bagian dari rakyat yang gak terpisahkan.

Komponen yang ada dalam pers sendiri selalu bertindak sesuai kode etik pers, supaya peranannnya bisa terlaksana dengan baik.

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 2 Oktober 2020 - Published : 1 Juli 2020