Pengertian Rehabilitasi

Umumnya, rehabilitasi ada beberapa macam yaitu rehabilitasi mental, media atau fisik, dan lain sebagainya.

Dalam adanya sebuah proses penyembuhan atau perbaikan dalam keadaaan gak normal jadi normal, yaitu melatih buat menghadapi sebuah kondisi yang menjadi normal lagi.

Berikut ini, ada beberapa pendapat ahli yang mengungkapkan pengertian rehabilitasi. Penasaran siapa aja? Hayuk lah simak langsung ulasannya!


 

Pengertian Rehabilitasi Secara Umum

Pengertian Rehabilitasi Secara Umum

Apa sih, yang dimaksud dengan rehabilitasi itu? 

Umumnya, rehabilitasi adalah sebuah proses dalam penyembuhan atau perbaikan dari dalam keadaan abnormal ke keadaan normal.

Jadi, rehabilitasi adalah suatu kegiatan atau proses dalam membantu penderita yang mempunyai penyakit serius atau cacat yang membutuhkan pengobatan medis buat mencapai kemampuan fisik psikologis, dan sosial dengan maksimal.

Tujuan rehabilitasi yaitu sebagai memulihkan pada kondisi asli dan melatih orang buat bertindak dalam kondisi fisik normal.


 

Pengertian Rehabilitasi Menurut Para Ahli

Pengertian Rehabilitasi Menurut Para Ahli

Berikut ini, ada beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian dari rehabilitasi. Penasaran? Simak yuk!

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, rehabilitasi adalah pemulihan pada kedudukan yang awalnya perbaikan anggota tubuh yang cacat dan yang lainnya atas individu supaya jadi menusia yang berguna dan punya posisi di masyarakat.

2. Menurut Subagyo (2006)

Menurut subagyo, rehabilitas adalah pemulihan kesehatan jiwa dan raga yang ditunjukan pada para pecandu narkoba yang udah menjalani program kuratif.

Ada beberapa tujuannya, yaitu supaya pecandu gak memakai lagi dan bebas dari penyakit seperti:

  • Kerusakan fisik (syaraf, otak, paru-paru, ginjal, hati, dan lainnya).
  • Rusaknya mental.
  • Perubahan karakter dari positif kearah yang negatif.
  • Anti social.
  • Penyakit-penyakit ikutan seperti HIV/AIDS, Hepatitis, sifilis, dan lainnya yang dikarenakan bekas pemakaian narkoba.

3. Menurut Undang-Undang

Rehabilitas merupakan pemulihan hak seseorang dalam kemampuan atau posisi semula yang diberikan oleh pengadilan.

Menurut Pasal 1 ayat 22 KUHAP yang menjelaskan, kalo rehabilitasi yaitu hak seseorang buat dapat pemulihan haknya dalam kedudukan, harkat dan martabatnya yang diberikan pada tingkat penyidikan, peradilan karena ditangkap, dituntut atau diadili tanpa alasan yang berdasarkan Undang-Undang atau karena kekeliruan mengenai orangnya atau hukum yang diterapkan menurut cara yang diatur dalam Undang-Undang ini sendiri.

4. Menurut Departemen Sosial

Menurut departemen sosial, rehabilitasi merupakan suatu proses refungsionalisme dan pengembangan buat memungkinkan para penderita cacat, sanggup melakukan fungsi sosialnya secara wajar dalam kehidupan masyarakatnya.

5. Menurut Lambertus (2001)

Rehabilitas gak cuma sekedar memulihkan kesehatan si pecandu, karena selain dari itu bisa juga memulihkan dan menyehatkan seseorang pecandu secara utuh dan menyeluruh.

Rehabilitas narkoba merupakan suatu proses yang berkelanjutan dan menyeluruh. Penyakit pecandu narkoba ini akan selalu meninggalkan rasa ketagihan mental ataupun fisik.

Ada yang bisa mengatasinya dalam waktu yang singkat, ada juga yang harus berjuang seumur hidupnya untuk memulihkannya.

Karena, rehabilitas korban pecandu narkoba harus mengikuti usaha-usaha buat mendukung para korban, hari demi hari dalam rencana pengembangan dan pengisian hidup secara bermakna serta berkualitas di bidang fisik, mental, spiritual, dan juga sosial.

 

6. Menurut Soewito

Menurut soewito, rehabilitas merupakan bentuk usaha, baik di bidang kesehatan, kejiwaan, sosial, ekonomi, maupun bidang lainnya.

Yang di koordinir jadi proses yang berkelanjutan yang tujuannya buat memulihkan tenaga penderita cacat baik jasmani dan juga rohani, buat mengambil posisi kembali di masyarakat sebagai anggota penuh yang swasembada, produktif, dan berguna buat masyarakat.

 

7. Menurut Banja

Rehabilitas yaitu suatu program holistik dan terpadu atas intervensi medis, fisik, psikososial dan juga vokasional yang memberdayakan individu penyandang cacat buat meraih pencapaian sosial dan interaksi efektif yang fungsional dengan dunia.

8. Menurut Renwick dan Friefeld

Rehabilitas yaitu suatu kegiatan multidisipliner yang memulihkan kembali aspek fisik, emosi, kognisi, dan sosial sepanjang kehidupan individu.

Jadi, nantinya bisa melakukan komunikasi, aktivitas harian, mobilitas, pekerjaan, hubungan sosial, dan kegiatan yang bermakna.

 

9. Menurut Dr. Rusk

Rehabilitasi yaitu self rehabilitation (Rehabilitas Diri) artinya keberhasilan dari rehabilitasi ini tergantung dari motivasi si penderita dalam mengembangkan potensinya sebaik mungkin.

Karena, para ahli cuma bisa memberikan petunjuk, bimbingan, fasilitas dan mendorong penderita buat keberhasilan program rehabilitasi yang sedang dilakukannya.

 

10. Menurut Waddel dan Burton

Rehabilitas merupakan identifikasi dan penanganan masalah yang berhubungan dengan masalah kesehatan, pekerjaan, hambatan personal psikologis ataupun sosial.

11. Menurut Wikipedia

Rehabilitasi yaitu sebuah kegiatan atau proses buat membantu para penderita yang punya penyakit serius atau cacat yang membutuhkan pengobatan medis buat mencapai kemampuan fisik secara psikologi atau fisik dan sosial yang maksimal.


Itulah penjelasan terlengkap mengenai pengertian rehabilitasi secara umum dan menurut beberapa pendapat para ahli.

Semoga pembahasan tersebut mudah dipahami dan kamu juga bisa lebih tahu lagi apa yang dimaksud dengan rehabilitasi itu. Makasih 😀

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu

Update : 24 Juli 2020 - Published : 24 Juli 2020