Pengertian Media Massa beserta Fungsi dan Contohnya

Surat kabar adalah hal yang kita tunggu untuk mengetahui kabar di suatu daerah, mengenai perkembangan peristiwa yang sedang terjadi atau kabar terbaru yang seharusnya kita ketahui.

Namun, zaman sekarang media massa cenderung dipergunakan untuk kepentingan pribadi atau kelompok, sehingga memudarkan pengertian media massa yang seharusnya diterapkan.

Berbicara tentang media massa tentu sudah tidak asing lagi bagi para pemuda kisaran sekolah menengah, karena sedikit demi sedikit mereka mulai meraba-raba dunia media massa.

Seharusnya media massa tidak digunakan untuk kepentingan kelompok atau pribadi, karena akan terjadi pergeseran makna pada pengertiannya, agar lebih jelas mari simak bahasan berikut.

Pengertian Media Massa

Media Massa Secara Umum

Media massa secara umum memiliki arti alat, media, atau wadah yang digunakan untuk menampung pesan-pesan yang kemudian disampaikan kepada khalayak umum.

Tanpa terkecuali dengan data yang sudah diolah sedemikian rupa, sehingga pesan yang disampaikan dapat dimengerti oleh banyak orang.

Media Massa Menurut Para Ahli

Rakhmat

Media massa memiliki 2 fungsi yaitu fantasi dan informasi yang cakupannya luas.

Fantasi di sini disebabkan oleh informasi yang wujudnya tidak langsung dirasakan oleh penerima pesan, sehingga para penerima pesan hanya membayangkan peristiwa yang sedang dibacanya.

Liliweri

Liliweri menuturkan pendapatnya bahwa media massa adalah media yang dapat dibentuk dari aspek visual, audio atau visualaudio.

Liliweri juga menjelaskan maksud dari pengertiannya bahwa visual yang dimaksud adalah bukti fisik atau pesan fisik seperti media cetak.

Kemudian audio yang dimaksud adalah rekaman atau data untuk diolah dan dijadikan informasi dari sudut pandang jurnalis yang merekam suara tersebut, kemudian disampaikan secara textual juga.

Sedangkan visual audio keduanya digabung.

Effendy

Effendy memaparkan pandangannya tentang media massa, menurut beliau media massa adalah media yang digunakan dalam komunikasi yang banyak dengan tempat tinggal yang jauh.

Media massa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari contohnya surat kabar, televisi dan radio.

Penggunaan media masa juga memberikan keuntungan dalam sarana berkomunikasi, karena informasi yang didapatkan diterima secara serempak oleh para penerimanya.

Nurudin

Media massa menurut Nurudin adalah media komunikasi dan informasi yang dapat menyebarkan informasi secara serempak dan cepat pula ke para penikmatnya. Baik yang jangkauannya dekat maupun jauh.

Media massa juga dapat disampaikan oleh sumber tanpa hambatan ruang dan waktu, bahkan dalam menyampaikan pesan, media massa dapat menyampaikannya dengan cepat.

Fauziahardiyani

Media massa adalah media yang menyampaikan tentang perubahan pada suatu hal.

Media massa diutamakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat secara merata dan menyeluruh, jadi jangkauan media massa adalah seluas-luasnya.

Ciri utama media massa adalah tidak disampaikan hanya pada perseorangan tetapi kepada masyarakat luas.

Fauzihardiyani juga menyatakan bahwa media massa merupakan salah satu jenis media yang disukai para petani, yang membangkitkan minat dan kesadaran dalam proses adopsi dan inovasi.

Pengertian media massa secara khusus

Media massa berarti media penyampai berita atau kabar dengan melaporkan keadaan yang sedang terjadi secara detail dari mulai penyebab sampai solusi yang sudah diusung (jika sudah ditemukan solusi).

Laporan ini dirangkum oleh jurnalis atau wartawan yang kemudian disampaikan kepada masyarakat umum baik secara cetak, elektronik ataupun online.

Seorang jurnalis adalah relawan yang mencari informasi dengan tujuan mencari informasi yang valid dan tidak mengandung hoax atau berita palsu, yang dapat mengakibatkan kepanikan massal.

Contoh Media Massa

Mungkin beberapa dari kalian bingung jika tidak melihat contoh dan aplikasi dari media massa tersebut, terkadang memang jika melihat dari pengertiannya kita sulit mengaplikasikannya atau menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut klasifikasi media massa beserta contohnya.

Media Cetak

Media cetak adalah media massa yang memiliki bentuk fisik dari informasi yang hendak disampaikan baik gambar maupun tulisan.

Media ini sangat populer hingga sekarang, meski keberadaannya sudah jarang kita temui di jalan.

Biasanya, dalam media cetak disematkan juga lowongan kerja atau iklan sebuah produk.

Contoh media cetak yaitu koran, majalah dan buletin.

Media cetak juga berfungsi untuk mendokumentasikan karya tulis pembuatnya dalam bentuk fisik.

Selain itu bagi yang terbiasa membaca melalui buku, media ini sangat cocok untuk dijadikan bahan bacaan jika ingin mengetahui kabar dunia saat ini.

Keuntungan dalam menggunakan media ini yaitu ringan, mudah dibawa kemana saja dan ekonomis.

Media cetak berperan dalam pengetahuan sekaligus hiburan juga.

Bagi pembaca, media cetak dapat memberikan pengetahuan sekaligus hiburan.

Maksudnya pengetahuan yang didapatkan oleh pembaca juga dapat membuat pembaca mendapatkan hiburan dalam pengetahuannya.

Pengetahuan dalam koran dapat berupa kabar maupun ilmu, bahkan substansi kehidupan.

Media Elektronik

Media elektronik menyampaikan informasi lewat alat-alat elektronik dengan menggunakan multimedia dan teknologi yang canggih.

Media elektronik dapat dinikmati oleh masyarakat yang jauh dari sumber informasi, biasanya informasi-informasi ini disampaikan lewat siaran-siaran pada media elektronik yang dipakai untuk menyampaikan dan menerima informasi.

Media elektronik menyampaikan informasi melalui gambar, teks, video dan multimedia lain yang memungkinkan.

Namun, kekurangan dari media ini adalah sinyal yang dipakai kurang stabil dan tidak dapat digunakan oleh setiap orang, khususnya oleh orang yang memiliki rumah di sekitar pegunungan.

Media ini memiliki batas penggunaan ukuran data, sehingga tidak ekonomis atau hemat.

Contoh media elektronik yaitu televisi dan radio, dengan menggunakan multimedia dan gelombang radio untuk melakukan siaran dan menyebarkan informasi terkait kabar peristiwa yang sedang terjadi.

Hanya saja perbedaan antara televisi dan radio adalah televisi menggunakan multimedia berupa teks, gambar, video, audio bahkan animasi di dalamnya sedangkan radio hanya menggunakan audio saja, sehingga kita berfantasi untuk merasakan kejadiannya.

Media Online

Media online adalah media massa yang mudah diterima oleh masyarakat masa kini, karena media online adalah cara instan untuk mengunggah, mendokumentasikan dan menyampaikan informasi yang aktual dalam waktu yang singkat.

Selain itu, media online juga menggunakan biaya yang murah dalam penggunaannya, itu salah satu keuntungannya.

Keuntungan lain dalam penggunaan ini adalah memudahkan penggunanya untuk membuka informasi dimana saja dan kapan saja.

Asalkan koneksi data untuk melakukan jaringan online aktif dan tidak mengalami gangguan.

Kerugian dalam penggunaan media online adalah data yang sudah dipublikasi dalam media ini dapat diretas oleh pengguna internet yang tidak bertanggung jawab.

Fungsi Media Massa

Sebagai sarana pengetahuan

Media massa sebagai sarana pengetahuan dimaksudkan agar segala kabar dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam menghadapi suatu hal di kemudian hari. 

Beberapa kabar peristiwa biasanya mengabarkan kejadian atau hal yang buruk sehingga kita dapat mengambil hikmah dari kejadian tersebut.

Sebagai penggerak opini masyarakat

Pada kasus ini, sebaiknya para editor maupun jurnalis menyampaikan kabar secara baik dan benar serta tidak mengundang kebencian bagi masyarakat.

Ketika masyarakat sudah bersuara di negara demokrasi ini, pastinya akan meruntuhkan suatu prinsip seseorang atau suatu lembaga bahkan negara juga.

Sebaiknya tidak memihak ketika ada beberapa pihak yang ingin mencari kemahsyuran di dunia maya contohnya di bidang politik, kecuali jika ada sebuah produk yang menawarkan kebaikan bagi umat manusia dan dapat memberikan dampak yang baik bagi manusia.

Sebagai sarana hiburan

Media massa juga memberikan hiburan kepada para penggunanya, namun bukan menjadi media entertainment, tetapi memasukkan hiburan ke dunia informasi.

Hiburan yang diselipkan dalam dunia jurnalistik ini merupakan sebuah informasi dalam bidang entertainment yang dapat menghibur para penggunanya, misalnya berita olahraga, musik, seni dan kebudayaan.

Itulah pengertian yang seharusnya diterapkan pada media massa, jangan sampai media massa terikat atau memihak kepada pihak yang tidak seharusnya dibela, karena masyarakat mudah dipengaruhi oleh media massa.

Sekian, artikel pengertian media massa beserta fungsi dan contohnya. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

Nurudin. 2013. Ekonomi. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : Rajawali

Rivers, dkk. 2015. Ekonomi. Media Massa dan Masyarakat Modern. Jakarta : Prenada

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 2 Average: 5]
Vira Mahdiya

Saya mendalami Ilmu Pengetahuan Sosial sewaktu SMA dan sekarang Alhamdulillah menjadi mahasiswi di salah satu universitas favorit di Yogyakarta

Update : 5 Juni 2021 - Published : 3 Juni 2021