Nilai Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda adalah salah satu tonggak sejarah dari pergerakan kemerdekaan Indonesia dalam menghadapi perang sebelum kemerdekaan Indoensia.

Dimana, hasil keputusan yang disampaikan pada Kongres Pemuda Kedua diselenggarakan pada 27 dan 28 Oktober 1928 di Batavia atau Jakarta.

Makanya, setiap tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda buat memperingati dan mengenang peristiwa Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda ini mengandung nilai-nilai penting yang perlu kalian semua Pemuda Indonesia ketahui nih!

Apa aja sih, nilai-nilai yang terkandung didalam Sumpah Pemuda itu? Penasaran? Yuks langsung simak ulasannya dibawah ini!


1. Nilai Persatuan

Nilai Persatuan

Sumpah Pemuda juga mengandung nilai persatuan, artinya seluruh pemuda yang berasal dari berbagai daerah, agama, suku, sampai golongan yang beda-beda.

Walaupun datang dari suatu perbedaan, tapi gak menghalangi para pemuda buat bisa merasakan persatuan dalam satu bangsa Indonesia yang ditunjukkan dari perjuangan bersama mereka dalam melawan penjajah, demi merebut kemerdekaan bangsa Indonesia.

Perjuangan tersebut mencerminkan adanya sikap dan perilaku yang menandakan komitmen persatuan, terutama buat bangsa dan negara Indonesia.

Tanpa adanya rasa persatuan, maka penjajahan pasti akan terasa sulit buat dihentikkan. Makanya, Sumpah Pemuda ini mempunyai rasa nilai persatuan.


2. Nilai Cinta Bangsa dan Tanah Air

Nilai Cinta Bangsa dan Tanah Air

Kenapa harus cinta bangsa dan tanah air? Karena, dalam ikrar Sumpah Pemuda yang disampaikan di tahun 1928 itu ada makna seperti ini:

Akan satu tanah, satu bangsa, dan satu bahasa yaitu Bahasa Indonesia.

Hal itu jadi wujud dari adanya rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air Indonesia atau punya suatu rasa nasionalisme dalam dirinya sendiri.

Selain itu, arti dari rasa cinta tanah air dan bangsa yaitu setiap warga Indonesia wajib buat selalu setia dan bangga terhadap satu satunya bangsa dan negara Indonesia.


3. Nilai akan Sikap Rela Berkorban

Nilai akan Sikap Rela Berkorban

Arti dari sikap rela berkorban ini adalah kalo ikhlas atau rela buat memberikan apapun yang dimilikinya demi kepentingan bangsa dan negara, walau bisa menimbulkan penderitaan buat diri sendiri.

Hal tersebut ditunjukkan demi memperkuat persatuan dan kesatuan para pemuda bangsa Indonesia dalam berjuang memperebutkan kemerdekaan Indonesia.

Itulah kenapa, semangat jaung dari para pemuda dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang udah berkorban banyak tenaga dan pikiran cuma demi kemerdekaan Indonesia menciptakan nilai sikap rela berkorban demi bangsa dan negara Indonesia didalam Sumpah Pemuda.


4. Nilai Menerima dan Menghargai Perbedaan

Nilai Menerima dan Menghargai Perbedaan

Nilai menerima dan menghargai perbedaan yaitu menerima dan menghargai siapa aja buat bisa beraktivitas dalam lingkungan kamu tanpa membedakan status seseorang sehingga gak terjadi pertengkaran.

Hal itu yang mengarahkan mengenai adanya nilai supaya bisa menerima dan menghargai perbedaan didalam Sumpah Pemuda.

Walaupun berasal dari berbagai macam latar belakang yang berbeda, tapi gak menyurutkan semangat para Pemuda bangsa Indonesia buat tetap bersatu dan menjunjung tingg nilai persatuan demi mencapai cita-cita bersama.

Berbagai macam perbedaan latar belakang tersebut bukanlah hal buat di permasalahkan, tapi wajib buat diterima dan dihargai satu sama lain sebagai salah satu kekuatan bangsa Indonesia.

Jadi, para pemuda bisa menerima dan menghargai akan adanya perbedaan demi terciptanya satu bangsa yaitu bangsa Indonesia.


5. Nilai Semangat Persaudaraan

Nilai Semangat Persaudaraan

Nilai semangat persaudaraan didalam Sumpah Pemuda juga dilandasi akan adanya semangat kekeluargaan didalamnya.

Semangat kekeluargaan ini bisa dilihat dari adanya sikap saling menyayangi dan bertanggung jawab atas satu sama lain dalam satu bangsa Indonesia yang juga jadi suatu makna nilai kekeluargaan.

Semangat persaudaraan didalam para pemuda juga yang mengantarkan bangsa Indonesia jadi bangsa dan tanah air yang satu yaitu satu bangsa Indonesia.

Makanya, selalu menjunjung semangat persaudaraan atas sesama warga Indonesia, juga penting adanya buat selalu menjunjung tinggi kesatuan bangsa dan terhindar dari adanya perpecahan didalamnya.


6. Nilai Mengutamakan Kepentingan Bangsa

Nilai Mengutamakan Kepentingan Bangsa

Dengan adanya nilai yang akan mengutamakan kepentingan bangsa daripada kepentingan lainnya artinya yaitu:

Kalo ikrar Sumpah Pemuda dan juga para perjuangan pemuda dalam usahanya merebut kemerdekaan Indonesia gak mengutamakan kepentingan diri sendiri atau kepentingan golongan masing-masing.

Tapi, mereka selalu mengutamakan kepentingan bangsa buat bisa bersatu melawan para penjajah dan merebut kemerdekaan Indonesia.


7. Nilai Semangat Gotong Royong atau Kerjasama

Nilai Semangat Gotong Royong atau Kerjasama

Nilai gotong royong dan kerjasama yaitu kita harus saling bantu membantu dalam bernegara dan berbangsa, jadi tugas-tugas yang kita kerjakkan bisa diselesaikan dengan baik dan cepat.

Gotong royong atau bekerjasama demi mencapai satu tujuan yang sama merupakan suatu kebudayaan yang kuat didalam bangsa Indonesia.

Nilai gotong royong atau kerjasama ini juga menjadi salah satu contoh nilai kemanusiaan.

Nilai gotong royong ini juga ada dalam Sumpah Pemuda, dimana para pemuda berjuang bersama-sama saling membahu satu sama lain demi kemerdekaan Indonesia.

Kemerdekaan Indonesia yang akhirnya jadi bukti, kalo gotong royong atau kerjasama jadi suatu nilai yang kuat dalam upaya mencapai satu tujuan yang sama yaitu Kemerdekaan Indonesia pada masa Sumpah Pemuda tersebut.


Nah, itulah tadi beberapa nilai-nilai yang terkandung didalam Sumpah Pemuda. 

Sebagai bagian atau warga negara Indonesia, terutama buat pemuda dan pemudi bangsa Indonesia emang perlu memahami nilai-nilai dari Sumpah Pemuda tersebut, jadi bisa menjunjung tinggi nilai luhur Bangsa Indonesia bersama.

Semoga artikel tersebut bisa membantu dan juga bermanfaat 😀

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu

Update : 18 Juni 2020 - Published : 18 Juni 2020

       

Satu pemikiran pada “Nilai Sumpah Pemuda”

Tinggalkan komentar