Macam-Macam Norma

Sebelum berbicara mengenai macam-macam norma yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, ada baiknya kita belajar dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan norma itu sendiri.

Tanpa mengetahui arti atau makna dari norma itu sendiri maka akan sulit untuk mengaplikasikan nilai dan norma dalam kehidupan bermasyarakat.

Tanpa adanya norma maka tidak aka nada aturan dalam hidup ini.

Norma sendiri merupakan serangkaian aturan yang dibuat oleh suatu masyarakat untuk ditaati dengan tujuan pasti yakni untuk menumbuhkan rasa aman dan sejahtera diantara masyarakat satu dengan masyarakat lainnya.

Norma yang diberlakukan dalam masyarakat saat ini tidak hanya memiliki satu jenis.

Akan tetapi ada banyak sekali jenis yang diberlakukan dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Jenis Norma Berdasarkan Sifatnya

jenis norma berdasar sifat

seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa norma yang diciptakan di tengah kehidupan masyarakat tidak hanya memiliki satu jenis saja.

Ada bermacam-macam norma yang dikenal dan ditanamkan dalam kehidupan bermasyarakat.

So guys, tahukah kamu apa saja macam-macam norma yang selama ini ada dalam kehidupan masyarakat? dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan?

Di bawah ini ada beberapa jenis norma yang bisa kamu simak dan kamu pahami.

Diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Norma Resmi dan Contohnya

Norma Resmi dan Contohnya

Mendengar kata resmi tentu kamu sekalian tahu bahwa jenis norma yang satu ini merupakan jenis norma yang wajib ditaati karena sifatnya yang resmi.

Sesuai dengan namanya, norma resmi ini merupakan serangkaian aturan tatanan kehidupan yang bersifat wajib dilaksanakan dan dipatuhi oleh seluruh lapisan masyarakat yang ada dalam suatu wilayah tertentu.

Dan tentu saja karena sifatnya yang resmi, norma ini dikeluarkan atau disahkan secara langsung oleg lembaga resmi suatu wilayah.

Dalam hal ini tidak ada kata pengecualian bagi masyarakat untuk tidak memenuhi dan mematuhi norma yang ada tersebut.

Beberapa contoh norma resmi adalah seperti aturan tertulis yang dibuat oleh presiden, aturan norma agama yang dibuat dan disahkan oleh lembaga MUI, aturan dalam UUD 45, dan lain sebagainya.

 

2.Norma Tidak Resmi dan Contohnya

norma tidak resmi

Hampir sama dengan norma resmi, norma tidak resmi ini juga merupakan serangkaian aturan yang juga harus dijalankan oleh masyarakat.

Hanya saja karena sifatnya yang tidak resmi maka norma ini tidak berlaku untuk seluruh lapisan masyarakat secara seragam.

Norma tidak resmi ini biasanya dibuat oleh jajaran masyarakat dalam suatu daerah itu sendiri.

Dan norma yang dibuat juga tergolong identik dengan kepercayaan dalam daerah itu sendiri.

Beberapa contoh dari norma tidak resmi adalah seperti adat pesta penyambutan untuk bayi yang baru dilahirkan, adanya pesta 7 bulanan untuk ibu yang sedang hamil, adanya pesta pasca kematian hingga 1000 harinya, dan lain sebagainya.

Macam-Macam Norma Dalam Masyarakat

macam-macam norma dalam masyarakat

Norma yang saat ini berlaku di dalam masyarakat ada banyak sekali jika diklasifikasikan berdasarkan jenisnya.

Dengan adanya beraneka ragam norma yang ada ini akan saling melengkapi satu sama lain.

Dan tentu saja adanya beragam norma ini adalah dengan tujuan untuk menciptakan masyarakat yang lebih teratur dan beradab sesuai nilai dan aturan yang telah ditetapkan dengan kesepakatan bersama.

Lantas apa sajakah macam-macam norma dilihat dari jenisnya? berikut ini bisa kamu simak dan kamu pahami dengan baik beberapa macam norma lengkap dengan contohnya.

Diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Norma Agama dan Contohnya

Norma Agama dan Contohnya

Dari macam-macam norma yang akan disebutkan, norma yang satu ini bisa dibilang merupakan norma yang memiliki tingkatan paling tinggi dalam kehidupan masyarakat.

Bagaimana tidak, dalam hal ini aturan norma yang dibuat tidak dibuat oleh manusia itu sendiri melainkan telah diatur oleh sang maha kuasa.

Norma yang ada telah tertulis dalam kitab agama.

Adanya norma agama ini adalah bertujuan agar setiap masyarakat yang memiliki agama bisa menjadi manusia yang berakhlak mulia dan memiliki manfaat bagi sesama.

Pelanggaran terhadap norma agama yang berlaku dalam suatu masyarakat ini akan disesuaikan dengan apa yang telah dituliskan dalam kitab agama.

Masyarakat yang melakukan pelanggaran terhadap norma agama tersebut juga tentunya harus siap mendapatkan hukuman secara langsung dari sang maha kuasa.

Beberapa contoh dari norma agama ini adalah seperti bersedekah, melakukan ibadah wajib seperti sholat dan puasa, memenuhi aturan dalam jual beli secara islami, melakukan kaidah fikih tentang cara bersuci, tidak memakan daging babi, tidak meminum khamr, dan lain sebagainya.

Mungkin dalam setiap agama akan memiliki beberapa aturan yang berbeda.

Namun secara umum, aturan agama pada setiap jenis agama adalah sama dan dengan tujuan yang sama pula, yakni menciptakan manusia yang beradab dan berakhlak.

 

2.Norma Kesusilaan dan Contohnya

norma kesusilaan

Sedikit berbeda dengan norma agama, jenis norma yang selanjutnya adalah norma kesusilaan.

Norma ini merupakan serangkaian aturan dan kaidah kehidupan yang sesuai dengan nilai yang ada dalam masyarakat yang mana norma ini sangat mengandalkan ketulusan dari hati dan rasa kemanusiaan.

Tujuan adanya norma ini adalah untuk menciptakan manusia-manusia yang memiliki hati yang baik sehingga nantinya akan tercipta rasa saling menghargai, rasa aman, dan juga rasa tenteram.

Beberapa contoh dari penerapan norma kesusilaan ini adalah seperti :

– Tidak pilih-pilih teman dalam hal ras, agama, dan suku. Dalam norma kesusialaan tidak ada yang namanya perbedaan kasta dan sejenisnya. Semuanya adalah sama, sama-sama manusia yang hidup di dunia ini, dan sama-sama manusia yang membutuhkan ketenteraman untuk hidup di dunia ini.

– Bersikap toleransi yang tinggi. Dalam hal ini tidak hanya toleransi mengenai agama dan kepercayaan, akan tetapi juga tentang bagaimana seseorang bisa menghargai pendapat orang lain tanpa melakukan penindasan dan rasa pilih kasih antar sesama.

– Sikap menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda. Aturan yang satu ini sangat diperlukan agar tercipta suatu masyarakat yang rukun satu sama lain dan menciptakan masyarakat yang memiliki perilaku dan budi pekerti yang baik.

 

3.Norma Kesopanan dan Contohnya

Norma Kesopanan dan Contohnya

Hampir sama dengan norma sebelum-sebelumnya, macam norma yang satu ini merupakan norma yang berhubungan erat dengan tindak laku dan akhlak dari masyarakat yang melakukannya tersebut.

Norma kesopanan tidak lain memiliki tujuan untuk membentuk karakter masyarakat yang memiliki tatanan nilai perilaku yang baik.

Pelanggaran dari norma kesopanan ini akan berujung pada penilaian masyarakat pada pelaku sehingga pelaku sering di cap sebagai orang yang nakal.

Ada banyak sekali contoh dari penerapan norma kesopanan yang bisa kita temukan dalam kehidupan masyarakat saat ini.

Beberapa contohnya adalah seperti berikut :

– Mendengarkan guru di kelas ketika guru sedang menjelaskan mata pelajaran dan tidak naik ke atas meja ketika ada guru yang sedang berada di kelas tersebut. Aturan kesopanan yang satu ini sangat penting ditanamkan pada anak sejak dini. Aturan ini akan membentuk karakter anak agar menjadi lebih baik dan lebih bermoral.

– Membuang sampah pada tong sampah atau pada tempat pembuangan yang seharusnya. Mungkin aturan yang satu ini sangat mudah dilanggar. Bahkan tidak sedikit saat ini orang yang membuang sampah secara sembarangan. Dengan begitu sangat penting membiasakan diri untuk berlaku sopan dengan membuang sampah pada tempatnya.

– Tidak berisik dan mengganggu tetangga yang tengah beristirahat. Bernyanyi secara lantang ketika jam malam saat semua orang sedang tertidur tentu dianggap sebagai sebuah tindakan yang tidak sopan dan sangat mengganggu.

 

4.Norma Hukum dan Contohnya

norma dalam hukum

Norma Hukum menjadi salah satu dari banyak macam norma yang banyak ditakuti namun banyak pula dilanggar oleh masyarakat.

Norma ini banyak ditakuti karena memang sifatnya yang wajib dan menyangkut hukum negara.

Para pelanggarnya tidak hanya mendapatkan sorotan nilai jelek di mata masyarakat akan tetapi juga mendapatkan hukuman pidana yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan undang-undang.

Karena merupakan aturan yang telah ditetapkan oleh negara secara resmi maka tidak heran jika ada banyak sekali klasifikasi dan macam-macam norma hukum ini.

Namun secara umum, pembagian klasifikasi hukum ini hanya terbagi menjadi dua jenis yakni norma hukum agama dan norma hukum adat istiadat.

Salah satu contoh norma hukum adalah seperti tidak melakukan pemerkosaan.

Hal tersebut sudah tentu merupakan perbuatan yang dilarang agama dan juga hukum.

Selain itu contoh lainnya adalah tidak mengedarkan narkoba.

Sudah jelas bahwa mengedarkan narkoba adala hal yang menyalahi hukum.

Baik itu hukum adat maupun hukum agama.

Pelanggar dari norma hukum ini tentu akan mendapatkan balasan secara langsung dari pemerintah yang berwajib.

 

5.Norma Kebiasaan dan Contohnya

Norma Kebiasaan dan Contohnya

Macam-macam norma yang selanjutnya adalah norma kebiasaan.

Norma yang satu ini merupakan serangkaian aturan yang dibuat oleh masyarakat tertentu dan dianut serta ditaati pula oleh masyarakat tertentu.

Yang mana aturan tersebut diambil dari adanya kebiasaan-kebiasaan yang telah dilakukan sejak jaman dahulu kala hingga saat ini.

Bisa dibilang hampir sama dengan adat masyarakat.

Ada banyak sekali contoh penerapan dari norma kebiasaan ini.

Biasanya norma yang berlaku ini tidak hanya dilakukan oleh satu daerah saja akan tetapi juga beberapa daerah akan memiliki norma kebiasaan yang sama.

Beberapa contohnya adalah seperti adanya pesta khitanan, pesta ulang tahun, pesta perayaan tahun baru, pesta perayaan kemerdekaan, dan lain sebagainya.

macam-macam norma atau aturan yang ada tersebut sudah dilakukan oleh masyarakat sejak dulu dan masih berlaku hingga kini.

Secara umum tidak akan ada hukuman berat bagi orang yang melanggar norma kebiasaan ini.

Beberapa macam norma yang telah disebutkan di atas merupakan ragam norma yang berlaku dalam masyarakat dengan tujuannya untuk menjadikan masyarakat menjadi pribadi yang lebih baik.

Semua norma yang diciptakan tersebut tentu memiliki nilai-nilai yang dipercaya dan dianggap baik oleh seluruh masyarakat.

Apalagi adanya norma ini juga dibentuk demi kehidupan masyarakat agar lebih baik lagi.


So guys, jika kamu adalah bagian dari masyarakat yang baik, mari kita sama-sama menerapkan norma-norma yang ada, karena norma yang ada tentu memiliki nilai kebaikan yang hasilnya akan kita tuai untuk diri kita sendiri tentunya.

Masyarakat yang baik adalah masyarakat yang mau menghargai dirinya sendiri dengan cara mentaati norma-norma yang ada.

 

Avatar
Vira Mahdiya

Saya mendalami Ilmu Pengetahuan Sosial sewaktu SMA dan sekarang Alhamdulillah menjadi mahasiswi di salah satu universitas favorit di Yogyakarta

Update : 30 April 2020 - Published : 5 Maret 2020