Kata Seru

Interjeksi adalah istilah lain buat menyebut kata seru, kata seru sendiri yaitu salah satu kata yang biasa kita gunakan.

Gak cuma dalam percakapan sehari-hari, tapi juga dalam berbagai macam kesempatan, baik itu secara lisan atau tulisan.

Kata seru atau interjeksi juga sering digunakan, gak cuma membuat seseorang melakukan sesuatu yang kita inginkan.

Tapi, juga bisa digunakan untuk memberikan peringatan!

Ingin tahu lebih lengkap? Makanya, yuk simak ulasannya yang ada dibawah ini!


Pengertian Kata Seru

Pengertian Kata Seru

Apa sih, yang dimaksud dengan kata seru atau interjeksi itu?

Kata seru adalah kata-kata yang digunakan untuk menggambarkan perasaan seseorang, dalam hal ini adalah pembicaranya.

Kata tersebut, kadang berupa kata tunggal atau frasa yang menunjukkan emosi seseorang.

Contohnya: Perasaan sedih, marah, gembira, heran, sakit, kagum, terkejut, dan lain sebagainya.

Interjeksi juga bisa berupa ungkapan yang menguatkan ekspresi yang ingin disampaikan penulis atau pembicara pada pendengar atau pembaca.

Dengan kata lain, kata seru menyatakan sebuah emosi yang diekspresikan dengan sebuah kata atau kalimat.

Baca juga : Arti Kata Benda


Fungsi Kata Seru

Fungsi Kata Seru

Dibawah ini, ada beberapa fungsi utama dari kata seru atau interjeksi yang perlu diketahui, diantaranya yaitu:

  • Digunakan untuk menyatakan rasa syukur.
  • Digunakan untuk menyatakan rasa kagum atau kepuasan.
  • Digunakan untuk menyatakan rasa kaget.
  • Digunakan untuk menyatakan rasa kesal atau marah.
  • Digunakan untuk menyatakan harapan atau keinginan.
  • Digunakan untuk mengungkapkan panggilan.
  • Digunakan untuk mengungkapkan rasa marah.
  • Digunakan untuk menyatakan ajakan.

Pelajari juga : Arti Kata Bilangan


Ciri-Ciri Kata Seru

Ciri-Ciri Kata Seru

Berikut dibawah ini, ada beberapa ciri-ciri dari kata seru atau interjeksi, diantaranya adalah:

  • Kata seru, biasanya digunakan untuk memberikan atau meunjukkan suatu perasaan atau ekspresi.
  • Kalimat yang memakai kata seru, biasanya ditandai dengan intonasi buat menunjukkan adanya sesuatu atau isi perasaan dari pembicaranya.
  • Kata seru yang ditempatkan di awal kalimat, biasanya cuma terdiri dari satu kata dan diikuti dengan tanda baca koma (,) untuk memperjelas posisinya.

Baca juga : Arti Kata Ganti


Jenis Kata Seru

Jenis Kata Seru

Kata seru atau interjeksi ini terbagi menjadi 2 jenis, diantaranya sebagai berikut ini:

1. Berdasarkan Bentuknya

Jenis kata seru atau interjeksi berdasarkan bentuknya ini dibedakan menjadi beberapa, yaitu:

  • Interjeksi Kata Asli

Kata seru asli merupakan interjeksi yang tidak bisa dikaitkan dengan kata lain.

  • Interjeksi Kata Biasa

Kata seru biasa yaitu kata yang diambil atau berasal dari kata-kata biasa yang bisa dimanfaatkan sebagai kata seru atau intejeksi.

  • Interjeksi Gabungan

Interjeksi gabungan merupakan gabungan dari dua kata atau lebih yang berfungsi sebagai kata seru.

  • Interjeksi Tiruan Bunyi

Interjeksi ini berasal dari imitasi bunyi yang berarti kata seru ini memakai bunyi sebagai cara untuk mengungkapkan perasaannya.

  • Interjeksi Ungkapan

Interjeksi ini sebagian besar berasal dari istilah keagamaan yang bisa berfungsi sebagai kata seru.

2. Berdasarkan Fungsinya

Jenis kata seru atau interjeksi berdasarkan fungsinya ini dibedakan menjadi beberapa, yaitu:

  • Sebagai Ungkapan Rasa Syukur

Saat menyatakan rasa syukur, kata seru biasanya dipakai buat menandakan kalo ucapannya tersebut adalah bentuk rasa syukur.

  • Sebagai Ungkapan Rasa Kagum atau Kepuasan

Setiap kali ingin menyatakan rasa kagus dan merasa puas akan sesuatu, maka penggunaan kata seru dibutuhkan. Karena, buat menunjukkan rasa kepuasaan, kekaguman yang sedang dirasakan.

  • Sebagai Ungkapan Rasa Kesal atau Marah

Kata seru atau interjeksi biasa digunakan untuk mengungkapkan kemarahan atau rasa kesal.

  • Sebagai Ungkapan Rasa Kaget

Kata seru atau interjeksi biasa dipakai juga buat menyatakan perasaan kaget, dengan menggunakan bantuan tanda seru.

  • Sebagai Ungkapan Rasa Keinginan

Kata seru juga bisa dipakai buat menyatakan sebuah harapan dan keinginan. Kalimat ini juga bisa memakai tanda seru di akhir kalimat atau tidak.

  • Sebagai Ungkapan Panggilan

Kata seru juga berfungsi buat menggungkapkan panggilan, kalimat dengan kata seru ini juga biasanya akan ditandai dengan kehadiran tanda seru.

  • Sebagai Ungkapan Ajakan

Kata seru adalah dipakai buat menyatakan ajakan atau mengajak seseorang buat melakukan sesuatu yang diinginkan, atau mempengaruhi orang lain buat melakukan sesuatu.


Contoh Kata Seru

Contoh Kata Seru

Berikut dibawah ini, ada bebeapa contoh kata seru atau interjeksi berdasarkan jenisnya, yaitu:

1. Contoh Berdasarkan Bentuknya

Jenis kata seru atau interjeksi berdasarkan bentuknya ini dibedakan menjadi beberapa, yaitu:

A. Contoh Interjeksi Kata Asli

  • Ah
  • Hey
  • Oh
  • Ih
  • Wah
  • Wow
  • Huh
  • O
  • Duh

B. Contoh Interjeksi Kata Biasa

  • Aduh
  • Ayo
  • Kasihan
  • Sial
  • Celaka
  • Masa

C. Contoh Interjeksi Gabungan

  • Tidak mungkin
  • Apa boleh buat
  • Masa sih
  • Yang benar

D. Contoh Interjeksi Tiruan Bunyi

  • Bum
  • Krik
  • Brak
  • Cit
  • Dor
  • Brruhh
  • Brr

E. Contoh Interjeksi Ungkapan

  • Alhamdhulillah
  • Syukurlah
  • Astaghfirullah
  • Subhanallah
  • Puji Tuhan
  • Masya Allah

2. Contoh Berdasarkan Fungsinya

Jenis kata seru atau interjeksi berdasarkan fungsinya ini dibedakan menjadi beberapa, yaitu:

A. Contoh Sebagai Ungkapan Syukur

Contohnya:

  • Alhamdhulillah
  • Puji Tuhan
  • Untung
  • Syukurlah

Contoh dalam kalimat:

  • Alhamdullilah, kamu berhasil memenangkan lomba memasak itu.
  • Puji Tuhan, masih di beri kesehatan.
  • Syukurlah, kamu selamat dari kecelakaan itu.

B. Contoh Sebagai Ungkapan Keheranan

Contohnya:

  • Amboi
  • Wah
  • Aduh
  • Masa
  • Asyik

Contoh dalam kalimat:

  • Wah, hebat sekali anakmu itu.
  • Amboi, cantiknya bunga mawar merah ini.
  • Masa, tidak mungkin dia membunuh ayahnya sendiri.
  • Asyik, akhirnya aku akan liburan ke pantai!

C. Contoh Sebagai Ungkapan Kekesalan

Contohnya:

  • ih
  • ah
  • sialan
  • brengsek
  • Ya ampun

Contoh dalam kalimat:

  • Ah, dia lolos lagi.
  • Sialan, dia berhasil mencuri motor dan mobil itu.
  • Brengsek, biar kubunuh aja orang itu.
  • Ya ampun, nilai aku benar-benar turun drastis.

D. Contoh Sebagai Ungkapan Pengharapan

Contohnya:

  • Mudah-mudahan
  • InsyaAllah
  • Semoga

Contoh dalam kalimat:

  • InsyaAllah, kita bisa bertemu lagi di pertemuan selanjutnya.
  • Mudah-mudahan, kita mendapatkan juara 1 di pertandingan mendatang.
  • Semoga, semua yang kita cita-citakan selama ini dapat terwujud.

E. Contoh Sebagai Ungkapan Kekagetan

Contohnya:

  • MasyaAllah
  • Astaghfirullah
  • Astaga
  • Alamak
  • Gila

Contoh dalam kalimat:

  • Astaga, anak siapa ini?
  • Alamak, aku lupa membawa buku biologi ku.
  • Masyaallah, kenapa jadi begini?
  • MasyaAllah, wanita itu sungguh menakjubkan.

F. Contoh Sebagai Ungkapan Ajakan

Contohnya:

  • Ayo
  • Mari
  • Yuk

Contoh dalam kalimat:

  • Mari kita biasakan berdoa atau membaca al-qur’an sebelum memulai kegiatan belajar mengajar.
  • Yuk, kita selesaikan tugas ini secepatnya.
  • Ayo kita ikuti lomba itu.

G. Contoh Ungkapan Panggilan

Contohnya:

  • Hey
  • Woy
  • Hai
  • Halo

Contoh dalam kalimat:

  • Hai, lama tidak berjumpa ya!
  • Woy, cepat kemari aku sudah menunggu dari tadi!
  • Halo, akhirnya kita bertemu lagi di sini!

Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai kata seru atau interjeksi beserta beberapa contohnya.

Gimana? Mudah dipahami kan pembahasan diatas tadi? Semoga bisa membantu dan bermanfaat 😀

Oiya, kalo ada kekurangan atau pertanyaan soal pembahasan diatas? Langsung tulis aja di kolom komentar dibawah ini yak!

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 0 Average: 0]
Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 25 Januari 2021 - Published : 25 Januari 2021