Doa untuk Orang Tua

Orang tua adalah manusia yang pertama kali harus kita sayangi dan kita cintai setelah kita mencintai Allah dan Rasulnnya.

Bukan pasangan kita, bukan teman kita, melainkan ayah dan ibu kita yang pantas mendapat bakti dan kasih sayang kita.

Bahkan Allah perintahkan kita secara langsung untuk berbakti dan patuh kepada keduannya.

Allah subhanu wa ta’alla berfirman :

وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُوا إِلآ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu.

Al Isra/17`: 23

Lalu bagaimana kita berbakti dan patuh kepadannya ? berikut penjelasannya :


Cara Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

1. Mematuhi Perintah Kedua Orang Tua

Mematuhi perintah kedua orang tua termasuk cara kita untuk berbakti kepada keduannya.

Bahkan Allah subhanahu wa ta alla berfirman :

فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا….

…..maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

Qs Al Isra 17 : 23

Allah sampaikan kepada kita bahwa berkata “Ahh” saja, Allah sampaikan “Jangan” apalagi samapai kita menolak atau membentak perintah orang tua.

Selagi bukan memerintahkan kita untuk bemaksiat kepada Allah maka, patuhillah.

Dari Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma bahwa beliau berkata :

رِضَاالرَّبِّفِيرِضَاالْوَالِدِوَسَخَطُالرَّبِّفِيسَخَطِالْوَالِدِ

Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua.

HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad

2. Tidak Menyakiti Hati Orang Tua

Imam An Nawawi rahimahullah menyeampaikan bahwa yang disebut ‘Uququl walidain atau durhaka kepada orang tua adalah segala perbuatan yang menyakiti atau membuat sedih orang tua kita.

Dan diantara dosa besar yang paling besar setelah syirik kepada Allah, adalah durhaka kepada orang tua.

Guru kami Ustadz Oemar Mita Lc pernah menyampaikan bahwa ada dua dosa yang apabila kita lakukan, Allah akan menimpakannya kontan langsung di dunia dan juga di akherat, salah satunnya adalah “Durhaka Kepada Orang Tua”

3. Berakhlak Mulia di Hadapan Keduannya

Allah subhanahu wa ta alla berfirman :

وَٱخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ ٱلذُّلِّ مِنَ ٱلرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ٱرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”.

Qs Al Isro 17 : 24

Rendahkanlah dirimu dihadapan keduannya, kita sebagaimana manusia tidak boleh merendahkan diri dihadapan orang lain, tapi untuk kedua orang tua kita Allah perintahkan kita untuk merendahkan diri kita dihadapan keduannya.

Mungkin ada diantara kita yang saat ini berpendidikan lebih tinggi dibanding orang tua kita, memiliki jabatan di banding orang tua kita, tapi ketika dihadapan keduannya, Allah perintahkan “Rendahkanlah dirimu dihadapan keduannya”. masyaallah.

4. Mendoakannya

Mendoakan kedua orang tua kita adalah sesuatu yang harus kita lakukan, sampai kapanpun kita tidak akan pernah bisa mengganti perjuangan orang tua kita.

Bahkan apabila kita menggendong kedua orang tua kita dari Purwokerto ke Mekkah untuk berhaji atau umrah, kita masih belum bisa menandingi 1x jeritan ibu kita ketika kita dilahirkan keduannya.

Maka sudah sepantasnya kita mendoakan keduannya, bahkan apabila mungkin ada diantara kita yang orang tuannya sudah kembali kepadaNya, sudah meninggal dunia, maka salah satu bentuk bakti yang bisa kita lakukan adalah dengan Mendoakannya.

Diantara doa doa yang bisa kita panjatkan untuk kedua orang tua kita adalah :


Doa-Doa Untuk Kedua Orang Tua

1. Doa Kedua Orang Tua yang Masih Hidup

Bacaan Doa Kedua Orang Tua yang Masih Hidup Arab

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Bacaan Doa Kedua Orang Tua yang Masih Hidup Latin

“Allahumma fighfirlii wa liwaa lidhayya warham humaa kamaa rabbayaa nii shaghiraa”

Arti Bacaan Doa Kedua Orang Tua yang Masih Hidup

Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.

2. Doa Kedua Orang Tua yang Sedang Sakit

Bacaan Doa Kedua Orang Tua yang Sedang Sakit Arab

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Bacaan Doa Kedua Orang Tua yang Sedang Sakit Latin

“Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama”

Arti Bacaan Doa Kedua Orang Tua yang Sedang Sakit

Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.

3. Doa Kedua Orang Tua yang Sedang Sakit Parah

Bacaan Doa Kedua Orang Tua yang Sedang Sakit Parah Arab

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

Bacaan Doa Kedua Orang Tua yang Sedang Sakit Parah Latin

“Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli.”

Arti Bacaan Doa Kedua Orang Tua yang Sedang Sakit Parah

Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.

4. Doa Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal

Bacaan Doa Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal Arab

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Bacaan Doa Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal Latin

“Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.”

Arti Bacaan Doa Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal

Wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dam muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.

5. Doa Anak Kepada Orang Tua dan Saudarannya

Bacaan Doa Anak Kepada Orang Tua dan Saudarannya Arab

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَلِوَالِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيْرَا . وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَلْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ . اَلْاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْاَمْوَاتِ . وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ . رَبِّ اغْفِرْ وَارْ حَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّ احِمِيْنَ . وَلاَحَوْلَ وَلاَقوَّةَ اِلاَّبِاللَّهِ الْعَلِيِ الْعَظِيْمِ

Bacaan Doa Anak Kepada Orang Tua dan Saudarannya Latin

“Allahummaghfirlii, waliwaalidayya, war hamhumma, kamaa robbayaanii shagiiroo. Walijami’il muslimina, walmuslimaati, walmu’miniina, wal mu’minaati, al ahyaa’i minhum wal amwati, wataabi’ wabainanaa, wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa anta khoirur roohimiina, walaa quwwata, illa biilaahi ‘aliyyil adzim.”

Arti Bacaan Doa Anak Kepada Orang Tua dan Saudarannya

Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa dosaku dan dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Mu.

Itulah doa doa yang bisa kita panjatkan untuk kedua orang tua kita.

Berbakitkepada orang tua adalah hal wajib yang mesti kita lakukan, bentuk bakti ini banyak sekali macamnnya, dan juga banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan berbakti kepada orang tua.

Diantaranya adalah balasan Surga dari Allah apabila kita berbakti dan patuh kepada kedua orang tua kita.

Karena diantara amalan amalan yang paling di cintai oleh Allah azza wa jalla adalah bakti kepada orang tua.

Semoga kita semua senantiasa bisa berbakti kepada kedua orang tua kita, dan semoga kita semua dapat membahagiakan kedua orang tua kita, aamiin insyaallah.

Avatar
Riki Ramdhani

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Founder salah satu program kemanusiaan terbaik di Purwokerto, Musharaka Project.

Update : 11 Juni 2020 - Published : 11 Juni 2020

       

Tinggalkan komentar