Contoh Surat Izin Sakit

Udah pernah membuat surat izin sakit belum, nih? Nah, buat kalian nih yang belum pernah dan gak tahu gimana cara membuat surat izin sakit.

Yuk, simak pembahasan tentang cara menulis surat izin sakit yang baik dan benar dan contoh – contoh surat izin sakit dibawah ini!


Cara Menulis Surat Izin Sakit yang Baik dan Benar

Cara Menulis Surat Izin Sakit yang Baik dan Benar

Gimana sih? Cara menulis surat izin sakit yang baik dan juga benar? Nah, kamu coba perhatikan cara – cara yang ada dibawah ini.

  • Tempat dan tanggal pada pembuatan surat
  • Tuliskan nama dan gelar kepada siapa surat tersebut ditujukan
  • Salam pembuka, umumnya yang biasa digunakan adalah “Dengan hormat”
  • Pembuka, berisikan pembukaan atau sapaan kepada yang dituju. Susunan kalimat yang digunakan pun biasanya cukup singkat namun efektif
  • Isi surat, jelaskan alasan pasti mengapa dibuatnya surat tersebut
  • Penutup, berisikan permohonan maaf dan ucapan terimakasih kepada si penerima surat
  • Tanda tangan dari pihak yang meminta izin.

Contoh Surat Izin Sakit

Ada beberapa contoh – contoh surat izin sakit, diantaranya sebagai berikut dibawah ini:

1. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Nah, kalo kamu sedang sakit dan gak masuk ke sekolah. Sebaiknya, kamu membuat surat yang dikirimkan kepada pihak sekolah.

Ingat! Didalam surat izin tersebut jangan sampai lupa, harus ada tanda tangan orang tua/wali kamu.

Gimana contoh dari surat izin sakit gak masuk sekolah itu? Yuk ketahui dibawah ini!

Purwokerto, 08 Januari 2020

Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-A

SMA N 2 Purwokerto

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama     :  Shakira Adhira

Siswa     : Kelas XI-A SMA N 2 Purwokerto

Alamat  : Jl. Ahmad Yani No. 19 Purwokerto

Memberitahukan, bahwa anak saya tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa dikarenakan sakit.

Oleh karena itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-A agar memberikan izin sampai anak saya sembuh.

Demikian yang dapat saya kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Orang tua/wali murid

Danar

2. Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja

Aturan dalam mengajukan / memberikan surat izin tidak masuk kerja karena sakit emang berbeda dari satu perusahaan dan perusahaan lainnya.

Ada yang harus disertai dengan surat dokter, ada juga yang gak (asalkan gak lebih dari sehari), dan lain sebagainya.

Gimana, contoh dari surat izin sakit tidak masuk kerja? Contohnya seperti dibawah ini.

Purwokerto, 25 Februari 2020

Perihal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Yang terhormat,

Kepala Bagian SDM (Sumber Daya Manusia)

PT. Maju Terus Pantang Mundur

Jalan Jenderal Soedirman No 55, Purwokerto

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap         : Nadine Anidhan

Alamat                     : Jl. Bank, Purwokerto

Jabatan                   : Staff Bagian SDM

Memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal 25 Februari 2020 sehubungan dengan kondisi badan yang kurang baik (sakit).

Saya bermaksud memohon kebijaksanaan dari bapak/Ibu pemimpin untuk berkenan memberikan izin tidak masuk dalam bertugas pada hari ini.

Apabila besok kondisi badan masih belum baik, saya akan melampirkan surat keterangan sakit dari dokter atau hasil pemeriksaan dokter dan saya sampaikan ketika masuk kembali ke kantor.

Demikian permohonan izin tidak masuk kerja yang saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksananya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Nadine Anidhan

3. Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kuliah

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kuliah

Beda dengan surat izin yang dikirimkan ke sekolah, surat izin gak masuk ke kampus harus diketik dan nama dosen beserta mata kuliahnya harus ditulis secara jelas.

Jadi selain sopan, tentu aja surat izin ini harus berstuktur dan juga gak asal-asalan. Surat juga bisa ditulis oleh yang bersangkutan langsung atau wali murid.

Selain itu, cuma bisa ditujukan kepada satu dosen aja, jadi kalo dalam sehari ada 2 dosen berarti surat izin yang dibuat juga harus 2 buah surat.

Gimana cara membuat contoh surat izin sakit tidak masuk kuliah? Nih, contohnya.

Sokaraja Wetan, 20 Desember 2019

Kepada Yth, Bapak Dosen

Di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya sampaikan bahwa saya mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Fakultas ISIP Jurusan Ilmu Komunikasi

Nama                   : Ardito Pradipta

Semester              : 5 Reguler A

NPM                    : 112330007

Alamat                 : Jalan Puskesmas No. 13, Sokaraja Wetan, Sokaraja.

Tidak bisa mengikuti Mata Kuliah Psikologi Komunikasi dan Riset Pubic Relations yang dosen matakuliahnya adalah Bapak Dr. Ahmad Subekti, M.Si pada hari senin tanggal 20 Desember 2019 dikarenakan sakit.

Berikut ini saya juga lampirkan surat keterangan dokter yang dapat memperkuat surat yang saya buat.

Jika ada salah kata dalam surat ini mohon dimaklumi, untuk perhatian serta kemakluman Bapak dosen saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya,

Ardito Pradipta

4. Contoh Surat Izin Sakit Tidak Mengikuti Les

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Mengikuti Les

Ada jadwal les, kok badan gak enak gini? Bikin surat izin sakit gak mengikuti les aja ah!

Tapi, gimana sih ya cara membuat surat izin sakit tidak mengikuti les? Yuk coba lihat cara yang ada dibawah ini!

Sokaraja, 24 September 2019

Kepada Yth Bapak/Ibu Guru

Di Lembaga Cemerlang Anak Negeri, Sokaraja

Di tempat

Dengan hormat,

Saya siswa yang mengikuti les pada lembaga Cemerlang Anaka Negeri dengan surat ini menyampaikan bahwa saya

Nama                   : Ramlan Oktavian

Tingkat                : III Dasar

No                       : 03026

Alamat                 : Jalan Ahmad Kujeri No 5, Sokaraja Wetan, Sokaraja

Tidak dapat hadir dan mengikuti kegiatan les pada hari senin tanggal 24 September 2019 seperti biasanya dikarenakan sakit.

Demikian surat ini saya buat, mohon kiranya dapat dimengerti dana Bapak/Ibu dapat memberikan izin. Untuk perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih

Hormat saya,

Ramlan Oktavian

5. Contoh Surat Izin Sakit Tidak Mengaji

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Mengaji

Gak cuma masuk sekolah, kampus, les dan juga bekerja aja yang memerlukan surat izin sakit.

Tapi, saat ini suatu pengajian juga mengharuskan anak didiknya mengirimkan surat kalo gak bisa masuk.

Gimana, cara membuat contoh surat izin sakit gak mengaji? Yuk ikuti caranya berikut ini!

Kepada Yth Guru Ngaji

Di TPQ Miftahul Ulum, Sokaraja Wetan

Bersama datangnya surat ini saya wali dari peserta didik yang bernama Ahlan Dalin Mulki mengabarkan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pengajian.

Alasan dari hal tersebut dikarenakan anak saya kondisinya sedang dalam keadaan sakit, jadi tidak memungkinkan mengikuti kegiatan mengaji seperti biasanya.

Demikian surat ini buat, jika ada salah kata saya memohon maaf untuk perhatian bapak ustand saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Hardianto (Wali Peserta Didik)

6. Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja PNS

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja PNS

Menjadi seorang PNS atau Pegawai Negeri Sipil tentunya mempunyai aturan tersendiri, termasuk juga saat kamu gak bisa masuk kerja.

Kamu harus mengirimkan surat izin sakit tidak masuk kerja yang lumayan ribet! Gimana cara membuatnya? Simak nih.

Purwokerto, 14 Maret 2020

Hal                    : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran         : 1 Lembar

Yang terhormat,

Kepala Dinas Kebudayaan Purwokerto Timur

Di Tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap           :  Imam Bukhari Jamil

N I P                          :   15620409 184502 2 006

Pangkat                    :  Pembina  III  / a

Jabatan                   : Staff Bidang Kearsipan Dinas Kebudayaan Purwokerto Timur

Alamat                    : Purwokerto, RT 14, RW 2, Karangsalam, Purwokerto Timur

Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari Rabu, 14 Maret 2020 sampai Sabtu, 17 Maret 2020 saya tidak bisa masuk untuk bekerja seperti biasanya dikarenakan sakit dan diharuskan beristirahat oleh dokter selama 4 (tiga) hari.

Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari yang sudah disebutkan di atas. Saya juga melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya  ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Imam Bukhari Jamil

7. Contoh Surat Izin Mengadakan Acara

Contoh Surat Izin Mengadakan Acara

Gimana, cara membuat contoh surat izin mengadakan acara? Yuk simak caranya yang ada dibawah ini.

Purwokerto, 15 Oktober 2020

Nomor           : 02/VIII/2020
Lampiran      : 1 set
Hal               : Permohonan Izin Kegiatan

Yth.
Pembantu Dekan
Universitas Amikom Purwokerto
Di Tempat,

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan “Kajian Akhwat – Mencetak Generasi Rabbani” yang Insyaalllah akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal   : Senin, 20 Oktober 2020
Waktu                : 08.00 – selesai
Tempat              : Ruang Kuliah Fakultas Hukum Universitas Amikom Purwokerto

Maka kami selaku pelaksana bermaksud memohon izin untuk mengadakan kegiatan tersebut.

Mengingat pentingnya kegiatan ini, besar harapan kami agar permohonan izin diperkenankan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Atas perhatian dan dukungannya, kami ucapkan terima kasih.

Panitia Kajian Akhwat – Mencetak Generasi Rabbani

Menyetujui,

Ketua Pelaksana                                                                       

(Faris Khulqi)

Sekretaris

( Anna Fiyanti Amiranti)

Itulah beberapa contoh – contoh surat izin sakit di berbagai bidang atau keperluan yang baik dan benar.

Semoga bisa menjadi referensi kamu dalam membuat surat izin sakit dan semoga bisa membantu serta bermanfaat buat kalian semua 😀

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu

Update : 13 Juni 2020 - Published : 12 Juni 2020

       

Tinggalkan komentar