Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Salah satu kewajiban yang harus dilakukan dan dilaksanakan oleh seorang muslim adalah belajar.

Eits, sebenarnya gimana sih bacaan dari doa sebelum dan sesudah belajar itu?

Nah, kalo belum tahu simak yuk ulasan arti belajar, doa sebelum dan sesudah belajar, adab berdoa sebelum dan sesudah belajar dan manfaatnya berikut ini!


Adab Berdoa Sebelum Belajar

Adab Berdoa Sebelum Belajar

Membiasakan diri buat berdoa sebelum melakukan sebuah aktivitas, itu termasuk belajar adab yang baik dan harus kamu pertahankan.

Dengan adanya aktifitas, berdoa ini diharapkan akan memberikan keberkahan, kemudahan dan keselamatan dalam menuntut ilmu.

Adab berdoa sebelum belajar adalah dengan belajar bersungguh – sungguh disertai dengan niat yang tulus dan cuma mengharapkan ridho dari Allah SWT.

Nah, disini ada 2 jenis ilmu yang harus dipelajari oleh seluruh umat muslim didunia ini, diantaranya yaitu:

1. Ilmu Agama

Ilmu agama ini harus dipelajari, supaya manusia bisa menjalankan ibadahnya dalam sehari – hari dengan baik.

Contohnya: Ilmu mengenai akidah, tata cara sholat, bersuci, berwudhu, puasa dan lain sebagainya.

 

2. Ilmu Dunia

Ilmu dunia ini berkaitan dengan hal yang ada di duniawi.

Contohnya: Ilmu matematika, ilmu fisika, ilmu meteorologi, ilmu kedokteran, dan lain sebagainya.

Islam mengharuskan seluruh umatnya buat bisa menuntut kedua ilmu tersebut. Karena, supaya nanti bisa memperoleh kebaikan di dunia ataupun nanti di akhirat.


 

Ayat Al – Qur’an Mengenai Ilmu

Ayat Al – Qur’an Mengenai Ilmu

Allah SWT selalu menyebutkan, kalo orang yang mau menuntut ilmu maka akan mempunyai derajat yang lebih tinggi dari pada orang yang gak mau menuntut ilmu.

Hal ini dibuktikan dengan adanya ayat Al – Qur’an yang mempunyai arti atau anjuran dalam menuntut ilmu dan menyebutkan mengenai keutamaan dari ilmu.

Nah, dibawah ini ada beberapa ayat Al-Qur’an yang menyebutkan mengenai keutamaan ilmu, diantaranya berikut ini:

1. Surat Al Mujaadalah ayat 11

يَرْفَعِ اللهُ الذِّيْنَ ءَامَنُوْا مِنْكُمْ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوْا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Yarfa’illahulladziina aamanuu minkum waalladziina uutul ‘ilma darajaatin wallaahu bimaa ta’maluuna khobiirun.

Artinya:

Allah akan menaikan derajat orang-orang yang beriman di antaramu serta orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat di atasnya. (Qs. Al Mujadalah: 11)

 

2. Surat Ali Imran ayat 18

شَهِدَ اللهُ اَنَّهُ لَا اِلَهَ اِلَّا هُوَ وَالْمَلَا ئِكَةُ وَاُولُوْ الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ اِلَا اِلَهَ اِلَّا هُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكٍيْمُ

Syahidallahu annahu laa ilaha illaa huwa walmalaa’ikatu wa’uuluul ‘ilmi qoo’iman bilqisti ilaa illaha illaa huwal’aziizul hakiimu.

Artinya:

Allah menyebutkan apabila tidak terdapat Tuhan (yang berhak untuk disembah) melainkan Dia, yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan juga berbagai orang yang berilmu (juga menyebutkan yang demikian itu).

Tidak ada Tuhan (yang berhak untuk di sembah) selain Dia, yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Qs. Ali Imran: 18)

 

3. Surat Az Zumar ayat 19

قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِيْنَ يَعْلَمُوْنَ وَالَّذِيْنَ لَا يَعْلَمُوْنَ

Qul hal yastawiilladziina ya’lamuuna walladziina laa ya’lamuuna.

Artinya:

Katakanlah, apakah sama antara orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui. (Qs. Az Zumar: 9)

 

4. Surat Thaaha ayat 14

وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Waqurrobbi zidnii ‘ilmaan.

Artinya:

Dan katakanlah (wahai Nabi Muhammad) tambahkanlah ilmu kepadaku. (Qs. Thaaha: 114)


 

 

Hadist Mengenai Ilmu

Hadist Mengenai Ilmu

Gak cuma firman Allah SWT yang menyebutkan mengenai keutamaan ilmu, tapi ada juga beberapa hadist riwayat yang juga ikut menguatkan dan membantu kamu buat selalu menuntut ilmu.

1. Hadist Riwayat Bukhari

Menuntut ilmu yaitu suatu kegiatan yang wajib buat setiat umat manusia, dan gak memandang jenis kelamin ataupun usia.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَة عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Tholabul ‘ilmi qoriidlotun ‘ala kulli muslimin wa muslimat.

Artinya :

Mencari ilmu itu wajib untuk seluruh umat muslim yang laki-laki ataupun perempuan.

 

2. Hadist Riwayat Turmudzi (Keutamaan menuntut ilmu)

مَنْ خَرَجَفِى طَلَبُ الْغِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Man khofii tholabul ‘ilmi fahuwa fii sabiilillaahi hatta yarji’a.

Artinya:

Barang siapa yang keluar dengan tujuan untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah sampai ia pulang.

 

3. Hadist Riwayat Turmudzi (Arti doa sebelum belajar)

مَنْ اَرَا دَالدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ . وَمَنْ اَرَادَالْااَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِلْعِلْمِ . وَمَنْ اَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

Man araa daaddunyaa fa’alayhi bil’ilmi, wa man araadaal akhirata fa’alayhi bil’ilmi, wa man araadahumaa fa’alayhi bil’ilmi.

Artinya:

Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib untuknya mempunyai ilmu, serta barang siapa yang menghendaki kehidupan akhirat, maka wajib untuknya mempunyai ilmu, serta barang siapa yang menghendaki keduanya, maka wajib untuknya memiliki ilmu.

 

4. Hadist Riwayat Turmudzi (Kewajiban menuntut ilmu dunia dan akhirat)

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا شَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ

Man salaka thoriiqon yaltamisu fiihi ‘ilman sahhalallahu bihi thoriiqon ilaljannati.

Artinya:

Barang siapa yang menempuh jalan dalam mencari suatu ilmu. Niscaya Allah akan memudahkannya menuju jalan ke surga.

 

5. Hadist yang Menyebutkan Menuntut Ilmu Sampai Meninggal

اَطْلُبِ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ اِلَى الَّلحْدِ

Uthlubil ‘ilma minal mahdi ilallahdi.

Artinya:

Carilah ilmu sejak dari buaian sampai ke liang lahat. (Al-Hadis)


 

 

Doa Belajar

Doa Belajar

1. Doa Sebelum Belajar

Nah, doa sebelum belajar ini ada 3 jenis diantaranya yaitu:

a. Doa sebelum belajar pertama

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.

Artinya:

Kami ridho bahwa Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, serta Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah terhadapku ilmu serta berikanlah aku pengertian yang baik.

b. Doa sebelum belajar kedua (singkat)

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii ‘ilman Warzuqnii fahmaa, Waj’alnii minash-shoolihiin.

Artinya:

Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu serta berilah aku kemampuan untuk memahaminya, serta jadikanlah aku termasuk golongan dari hamba-Mu yang sholeh.

c. Doa sebelum belajar ketiga (sesuai dengan sunnah/doa belajar mengaji)

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Alloohumma Akhrijnaa Min Dzulumaatilwahmi Wa Akrimnaa binuuril Fahmi Waftah’alainaa Bima’rifatika Wasahhil Lanaa Abwaaba Fadl-lika Ya Arhamar Roohimiin.

Artinya:

Ya Allah, bebaskanlah kami dari segala kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu kepada kami serta bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang Maha Penyayang.

 

2. Doa Sesudah Belajar

Nah doa sesudah belajar ini juga ada 3 jenis, diantaranya yaitu:

a. Doa sesudah belajar pertama

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

Artinya:

Ya Allah, tunjukkanlah terhadap kami kebenaran, sehingga kami bisa mengikutinya. Serta tunjukkanlah terhadao kami kejelekan sehingga kami bisa menjauhinya.

b. Doa sesudah belajar kedua

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ
Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal.

Artinya:

Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami mengenai apa yang bermanfaat untuk kami dan tambahkan ilmu tehadap kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap kondisi.

c. Doa sesudah belajar ketiga

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang sudah Engkau ajarkan terhadapku, maka kembalikanlah dia kepadaku pada waktu aku membutuhkannya. Janganlah Engkau membuat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam.


 

Manfaat Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Manfaat Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Berdoa sebelum dan sesudah belajar mempunyai banyak sekali manfaat dan fadillah buat mengamalkannya.

1. Terhindar dari masalah

Mempelajari suatu ilmu tentu akan dihadapkan dengan beragam macam masalah atau rintangan.

Jadi, awali kegiatannya dengan cara berdoa. InsyaAllah proses belajar kamu akan berjalan lancar dan ilmu yang diperoleh akan jadi lebih barokah.

 

2. Tujuan akan menjadi lebih jelas

Belajar tentu mempunyai suatu tujuan yang jelas. Dengan berdoa, kamu mempunyai tujuan jelas mengenai apa yang akan kamu akan pelajari.

Dengan tujuan jelas, maka kamu akan terhindar dari rasa ragu dalam kegiatan belajar. Nah, berdoa bisa jadi bukti kalo kamu udah pasrah.

 

3. Memperoleh jawaban yang tepat

Nah, buat memperoleh jawaban yang tepat, kamu juga bisa berdoa sebelum belajar.

Contohnya: Pada waktu kamu akan menghadapi ujian.

Sebelum kamu memulai ujian, kamu bisa membaca doa belajar dulu. InsyaAllah, kamu akan dimudahkan buat menjawab soal dan akan ditunjukkan dengan apa jawaban yang tepat.

 

4. Lebih percaya diri serta ikhlas

Mengamalkan doa sebelum belajar akan membuat kamu bisa lebih percaya diri dan juga ikhlas. Pasrahkan seluruhnya cuma kepada Allah SWT.

Manusia cuma bisa berdoa dan berusaha. nah, buat urusan hasil yang akan diperoleh, Allah SWT yang akan menentukannya.

 

5. Melatih kesabaran

Allah sangat mencintai hambanya yang sabar. Dengan berdoa, seseorang udah belajar arti dari suatu kesabaran.

Gak ada sesuatu yang bisa begitu aja atau dengan kata lain instan. Semua memerlukan proses, waktu dan juga tatanan khusus buat memperoleh sesuatu yang diinginkan.

Tatanan belajar yang baik dalam islam merupakan action, dan menunggu hasilnya. Lakukan hal terbaik yang bisa kamu lakukan dan hasilnya pasrahkan kepada Allah SWT.

 

6. Bermanfaat untuk kehidupan dunia dan akhirat

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, akan membuat kegiatan yang kamu lakukan akan menjadi lebih bermanfaat dan barokah.

 

7. Melatih kedisiplinan

Membaca doa sebelum dan sesudah belajar, juga akan melatih diri kalian supaya menjadi diri yang lebih sabar dan juga disiplin. Sabar dalam artian kamu mau menghadapi ilmu yang sulit buat dicerna oleh diri sendiri.

Nah, itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai doa sebelum dan sesudah belajar. Insyaallah bisa! Kalo kamu berusaha dan berdoa 😀

       

Tinggalkan komentar