Doa Mendapatkan Jodoh

Ikhtiar dalam menjemput Jodoh, apa itu jodoh ???

Jodoh didalam KBBI tertulis bahwa orang yang cocok untuk menjadi seorang suami dan istri untuk menjalani kehidupan sebagai pasangan hidup.

Allah Subhanahu Wa Ta A’la berfirman :

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal.”

QS. Al Hujurat 49 : 13

Setiap makhluk hidup yang ada dimuka bumi ini pasti memiliki pasangannya, tidak hanya manusia, hewan dan tumbuhanpun memiliki pasangannya.

Laki laki pasangannya perempuan, hewan betina pasangannya hewan jantan, putik pasangannya benang sari, jangan di balik !

Maksudnnya apa ???

Hal ini menunjukan kepada kita bahwa Allah sajalah yang tidak memiliki pasangan, karena Allah itu Esa, Allah itu Tunggal, Allah itu Satu karena sifat tuhan pasti berbeda dengan makhluk, apabila makhluk berpasangan dan tuhan berpasangan sebagaimana dikatakan didalam agama yang lain lalu apa beda tuhan dengan makhluk ???

Itulah mengapa, Islam adalah sebaik baik agama, dan kelak kata Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.

Islam ini akan diterima oleh semua manusia, baik yahudi ataupun nasrani, baik mereka menerima dengan baik baik, ataupun dengan terpaksa, masyaallah.


Amalan Mendapatkan Jodoh

Lalu bagaimana ikhtiar kita dalam menjemput jodoh ? Yang baik untuk diri kita, keluarga kita dan anak anak kita nanti ?

1. Mengerjakan Shalat Hajat

Salah satu bentuk ikhtiar dalam menjemput jodoh adalah dengan mendirikan shalat hajat.

Shalat hajat adalah shalat yang terdiri sebanyak 2 rakaat, yang dimana biasannya kita lakukan untuk meminta kepada Allah agar dimudahkan segala hajat (keinginan) kita.

Apabila kita hendak memilih seorang calon pendamping hidup yang baik maka hendaknnya kita libatkan Allah dalam segala hal yang ingin kita lakukan.

2. Berusaha Menjadi Sholeh & Sholehah

Ikhtiar menjemput jodoh yang kedua adalah dengan memperbaiki diri kita, bukan malah mencari yang terbaik untuk diri kita.

Allah Subhanahu Wa Ta A’la berfirman :

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).”

QS An Nur : 23 – 26

Jadi tidak usah khawatir atau sibuk mencari yang terbaik, tetapi sibuklah dalam mempersiapkan diri untuk menjemput yang terbaik.

3. Memperbanyak Amal Sholeh

Jodoh atau pasangan hidup adalah cerminan dari dalam diri kita, apabila kita rajib berbuat amal sholeh maka Allahpun akan pertemukan kita dengan orang yang rajin beramal sholeh.

Amal sholeh itu bentuknya banyak, seperti berpuasa, shalat, bersedekah, dll.

Bahkan guru kami Ustadz Abdul Somad Lc. Ma. Phd beliau menyampaikan salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk menjemput jodoh adalah dengan bertawasul dengan amal sholeh.

4. Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat yang didirikan dimalam hari selepas tidur.

Sholat tahajud ini memiliki banyak kemuliaan, diantara kemuliaan orang yang rajin dalam menunaikan shalat tahajud adalah ia akan senantiasa dimudahkan segala urusannya oleh Allah.

Jadi, apabila kita sedang bimbang bingung dalam menentukan jodoh untuk diri kita, maka Allahpun akan mudahkan jalan kita, dan memberikan kita jodoh yang terbaik.

5. Berdoa

Didalam kitab At Targhib wat tahib lil mundziri disitu dijelaskan bahwa,

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,

Doa adalah senjatannya orang beriman, tiangnya agama dan cahayannya langit dan bumi.

HR Al Hakim

Memperbanyak doa adalah salah satu bentuk ikhtiar dalam menjemput jodoh yang baik, karena dengan berdoa secara tidak langsung kita telah melibatkan Allah dalam urusan kita.

Dan Allah pasti akan mengabulkan semua doa doa hambannya, yang bersunguh sungguh meminta kepadaNya.


Doa Mendapat Jodoh

Selain ikhtiar adakah doa khusus yang bisa kita panjatkan dalam berikhtiar menjemput jodoh yang terbaik untuk diri kita ?

Terkait doa doa menjemput jodoh yang beredar banyak di internet, terdapat catatan penting yang harus kita ketahui :

Doa doa yang tersebar bahwa dengan berdoa seperti ini akan mendapat jodoh yang baik untuk perempuan, doa seperti ini akan mendapat jodoh yang baik untuk laki laki.

Awas !!! Doa doa tersebut tidak memiliki footnote yang jelas, tidak ada dalil referensi yang tercantum didalamnya.

Hal ini yang perlu kita perhatikan, karena di takutkan bahwa doa tersebut adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Shalallahu alaihi wa sallam.

Maka dari itu mari kita selektif dalam mengambil referensi, amalan amalan yang hendak kita lakukan.

Jangan sampai karena kita tidak selektif, kemudian beramal tanpa didasari oleh Ilmu maka jatuhnnya menjadi orang yang Bid’ah, dan tempat orang yang melakukan amalan bid’ah adalah Neraka, naudzibillahimndalik.


4 Kriteria dalam Memilih Seorang Istri

Biasannya ikhtiar ini akan lebih banyak dilakukan oleh seorang laki laki, karena sifat laki laki cenderung mencari, dan perempuan adalah menanti.

Maka bagi anda yang hendak mencari pasangan yang baik, untuk diri anda, agama anda, masa depan keluarga anda, maka ikutilah saran Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأَرْبَعٍ: لِمَـالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِيْنِهَا، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ.

“Wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya; maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya engkau beruntung.”

HR Bukhari no 5090

Apabila kita hendak memilih calon pasangan hidup, maka hal pertama yang perlu kita perhatikan adalah Agamannya, karena kata Rasulullah apabila kita menjadikan Agama sebagai landasan kita untuk memilihnya maka Hidup yang kita jalani akan lebih tenang, dan termasuk orang yang beruntung.


Daftar Pustaka :

Almanhaj.or.id. (2014, 21 April). Memilih isteri dan berbagai kriteriannya diakses pada 30 Agustus 2020, dari https://almanhaj.or.id/3559-memilih-isteri-dan-berbagai-kriterianya-1.html

Konsultasisyaria.com. (2012, 17 Nov). Doa Meminta cepat Mendapat Jodoh diakses pada 30 Agustus 2020, dari https://Konsultasisyariah.com/14851-doa-minta-cepat-mendapat-jodoh.html

Muslimmah.or.id. (2015, 7 April). Antara Dilema dan Galau Menanti Jodoh diakses pada 30 Agustus 2020, dari https://muslimah.or.id/7209-antara-dilema-dan-galau-menanti-jodoh.html

Rumaysho.com. (2016, 30 Agustus). Doa Agar Memaksa Jodoh diakses pada 30 Agustus 2020, dari https://rumaysho.com/14223-doa-agar-memaksakan-jodoh.html

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 0 Average: 0]
Avatar
Riki Ramdhani

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Founder salah satu program kemanusiaan terbaik di Purwokerto, Musharaka Project.

Update : 30 Agustus 2020 - Published : 30 Agustus 2020

       

Tinggalkan komentar