Vira Mahdiya

Mahasiswi yang hobi menulis, olahraga dan bersosial media.

Dampak Konflik Sosial

Guys, kalau kamu sudah tahu apa itu konflik sosial, selanjutnya kamu harus tahu apa dampak dari konflik sosial tersebut.

Ternyata, dampak konflik sosial sangat mudah dikenali di sekitar kita.

Siapa saja tentu bisa melakukan analisa terhadap dampak sebuah konflik sosial ketika melihat secara langsung fenomena tersebut di tengah-tengah masyarakat.

Melalui pembahasan kali ini, kamu tidak harus melakukan penelitian secara mandiri mengenai akibat konflik sosial yang sedang dibahas ini.

Pertama, kamu harus ingat kembali apa itu pengertian dari konflik sosial.

Konflik sosial terjadi pada dua pihak atau lebih, yang melakukan proses sosial dimana salah satu pihak berupaya menghancurkan pihak lainnya dengan cara membuatnya tidak berdaya.

 

Dampak Positif Konflik Sosial

dampak positif konflik

Dampak konflik sosial yang pertama, masyarakat bisa dijelaskan terhadap aspek kehidupan di masyarakat yang belum jelas atau belum selesai sebelum terjadi konflik.

  1. Dapat menjadi jembatan agar suatu masyarakat bisa menyesuaikan kembali terhadap nilai, norma, serta hubungan sosial sehingga bisa menyesuaikan terhadap kemajuan teknologi dan zaman.
  2. Meningkatkan solidaritas antar individu maupun kelompok dalam masyarakat.
  3. Sebuah konflik juga dapat mengurangi rasa ketergantungan terhadap suatu individu maupun kelompok. Hal ini terjadi karena pihak yang sedang memiliki konflik cenderung mengandalkan diri sendiri dalam memenangkan konflik tersebut.
  4. Konflik sosial dapat menciptakan harmoni dan keteraturan di masyarakat dengan cara memunculkan kembali norma-norma lama maupun norma baru yang muncul setelah terjadi konflik.
  5. Alat untuk menyeimbangkan kekuatan di dalam masyarakat.
  6. Konflik sosial dapat memunculkan kompromi baru antara pihak yang bersangkutan. Hal ini dapat terjadi ketika pihak yang terlibat konflik ternyata sama kuat. Dengan kompromi baru tersebut, setiap pihak dapat mendapatkan apa yang diinginkannya tetapi dengan konsekuensi yang telah disepakati bersama.

 

Dampak Negatif Konflik Sosial

dampak negatif konflik

Dampak konflik sosial tidak bisa lepas dari dampak negatif.

Diantaranya adalah dapat menyebabkan rusaknya hubungan, memakan korban atau kerusakan harta, hingga mengubah kepribadian seseorang yang terlibat ke arah negatif.


Sebuah konflik sosial memang memiliki cukup banyak dampak positif, tetapi bukan berarti semua orang menginginkan konflik sosial ya guys.

Kamu harus ingat bahwa juga terdapat dampak negatif yang bisa muncul, sehingga membuat banyak orang menghindari terjadinya konflik sosial tersebut.

       

Tinggalkan komentar