Contoh Teks Prosedur

Apa sih, yang dimaksud dengan teks prosedur itu? Jadi,

Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilakukan buat mencapai suatu tujuan.

Teks prosedur bertujuan buat membantu seseorang memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat.

Dibawah ini, ada beberapa contoh dari teks prosedur. Penasaran? Makanya, langsung simak ulasannya yuk!


Contoh Teks Prosedur Kompleks

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Cara Membuat Layang-Layang Keren

1. Bahan-Bahan

Berikut ini, ada beberapa bahan yang harus kamu sediakan dalam membuat layang-layang, yaitu:

  • Satu ruas bambu yang berdiameter kurang lebih 1 cm dan panjang kurang lebih 90 cm
  • Satu ruas bambu yang berdiameter kurang lebih 1 cm dan panjang kurang lebih 50 cm
  • Kertas tipis atau kertas minyak
  • Spidol atau pewarna
  • Pita kaset (jika perlu)
  • Lem kertas
  • Pisau dan gunting
  • Tali atau benang
  • Penggaris.

2. Cara Membuat

Berikut dibawah ini, urutan dalam pembuatan layang-layang keren, diantaranya yaitu:

  • Pertama, buat dulu kerangka layangan, siapkan 2 ruas bambu dengan panjangnya sekitar 100 cm dan 60 cm.
  • Lalu, letakkan bambu secara menyilang, tapi perlu diperhatikan disini adalah panjang kanan dan kiri harus sama. Hal itu buat mendapatkan hasil yang identik antara sayap kanan dan kiri, pakailah benang yang ditalikan di tengah poros dari sayap tersebut.
  • Berikutnya, ikat dengan benang pada perempatan batang bambu, pada langkah ini usahakan jangan memakai simpul tali mati dulu.
  • Lalu, ikatlah masing-masing ujung memakai benang jahit, belahlah ujung bambu  sebagai pengait, buat mempermudah saat mengaitkan tali/benang.
  • Kemudian, setelah semua berhasil terhubung maka kerangka layangan Anda sudah siap.
  • Selanjutnya, siapkan kertas layangan kamu, kertas minyak atau ketas yang tipis. Lalu, letakkan kerangka tadi diatasnya.
  • Buatlah pola dengan menandai kertas dengan menggunakan spidol atau bisa langsung di potong dengan memakai gunting, perlu diperhatikan disini kamu harus memotong 1 sampai 2 cm diluar dari pola. Sisanya 1-2 cm akan dipakai sebagai lipatan yang nantinya akan di lem, jadi kerangka benang tertutupi dengan kertas tadi.
  • Lalu, lipat bagian kertas yang jadi tambahan tepian yang udah disiapkan tadi ke arah belakang kerangka, dan rekatkan dengan memakai lem jadi menutupi benang kerangka.
  • Nah, buat tampilan layang-layangannya hiaslah memakai cat air atau spidol sesuai kreasi yang kamu inginkan.

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Cara Membuat Slime

Slime adalah salah satu mainan favorit buat anak-anak yang bisa kamu beli di toko mainan. Tapi, sebenarnya kamu juga bisa membuat slime sendiri di rumah, caranya:

1. Bahan-Bahan

Berikut ini, ada beberapa bahan yang harus kamu sediakan dalam membuat slime, yaitu:

  • 1 botol slime activator yang bisa diperoleh di toko terdekat
  • 1 botol cusson baby oil
  • Pewarna makanan (warna sesuai dengan selera yang kamu inginkan)
  • 1 botol lem povinal
  • Sendok dan piring.

2. Cara Membuat

Berikut dibawah ini, urutan dalam pembuatan slime, diantaranya yaitu:

  • Pertama, kamu campur lem povinal dengan pewarna makanan dalam sebuah wadah sampai warnanya merata.
  • Setelah tercampur, lalu tambahkan slime actovator kedalam wadah tersebut dengan menuangkannya sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai campuran membentuk gel dan gak lengket di wadah.
  • Selanjutnya, tambahkan cusson baby oil agar slime gak lengket pada saat kamu sentuh.
  • Slime siap untuk digunakan deh!

Contoh Teks Prosedur Protokol

Contoh Teks Prosedur Protokol

Cara Membuat Rekening Bank

Rekening bank yaitu buku pencatatan transaksi para nasabah yang diterbitkan oleh bank yang bersnagkutan.

Suatu bank akan memberikan berbagai macam layanan pada para nasabahnya kalo dia miliki rekening di bank yang bersangkutan.

Layanan yang diberikan pada para nasabah yang udah punya rekening berupa layanan simpan pinjam, transaksi elektronik, pembelian, investastasi, dan lainnya.

Membuat rekening bank cukup mudah, ada beberapa prosedur dalam membuat rekening yaitu:

  • Pertama, kamu harus menyiapkan kartu identitas berupa KTP pribadi sesuai daerah kamu.
  • Lalu, persiapkan uang saldo pertama yang wajib buat dimasukkan ke rekening. Biasanya di setiap bank punya nilai saldo yang berbeda-beda.
  • Kemudian, datanglah ke bank terdekat yang kamu tuju dan mengambil nomor antrean.
  • Selanjutnya, kamu diperkenankan buat bertanya informasi pembuatan rekening di satpam.
  • Menuju ke customer service buat mendapat informasi lebih lanjut dan mengisi biodata pembukaan rekening pertama anda.
  • Berikutnya, kamu membayar saldo pertama di teller.
  • Kemudian, mengambil buku rekening di customer service.
  • Terakhir, rekening kamu udah jadi.

Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan

Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan

Cara Membuat Kue Bolu Pandan

1. Bahan-Bahan

Berikut ini, ada beberapa bahan-bahan utama yang harus kamu sediakan saat membuat kue bolu pandan, yaitu:

  • 100 gram mentega, lelehkan
  • 120 gram tepung terigu protein rendah
  • 75 gram gula pasir (untuk putih telur)
  • 50 gram gula pasir, yang butirnya lembut (untuk kuning telur)
  • 30 ml air daun suji
  • 5 kuning telur
  • 5 putih telur
  • 1/2 sendok teh cream of tartar
  • 1/2 sendok teh garam

2. Cara Membuat

Dibawah ini, ada urutan dalam pembuatan kue bolu pandan, diantaranya yaitu:

  • Pertama, kamu kocok kuning telur dan 50 gram gula pasir sampai kental.
  • Lalu, masukkan tepung terigu sambil di ayak, dan tambahkan mentega yang udah di lelehkan dan air daun suji, setelah itu aduk sampai rata.
  • Kocok putih telur, cream of tartar dan garam sampai setengah mengembang, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus di kocok hingga mengembang.
  • Kemudian, tuang adonan putih telur kedalam adonan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil di aduk secara perlahan-lahan.
  • Tuang adonan tersebut ke dalam loyang, lalu kukus selama 50 menit sampai air mendidih, lalu angkat dan dinginkan.
  • Terakhir, tinggal kamu potong-potong sesuai selera dan bolu pandan siap buat dihidangkan.

Contoh Teks Prosedur Membuat Minuman

Contoh Teks Prosedur Membuat Minuman

Cara Membuat Jus

Minuman jus adalah minuman yang berasal dari cairan yang diperoleh secara alami dari dalam buah-buahan.

Banyak varian rasa yang tergantung dari buah yang digunakan untuk membuat minuman jus.

Banyak manfaat yang terkandung dalam minuman jus ini seperti mempekebal daya tahan tubuh.

Karena, ada banyak vitamin c pada buah jeruk yang digunakan dalam membuat minuman jus.

Berikut ini, ada beberapa bahan dan alat serta cara membuat yang perlu kamu ikuti, yaitu:

1. Bahan dan Alat

Berikut ini, ada beberapa bahan dan alat utama yang harus kamu sediakan saat membuat jus, yaitu:

  • Buah yang akan digunakan untuk membuat jus (Jeruk, Apel, Alpukat, dan lainnya)
  • Gula Secukupnya
  • Air Mineral Secukupnya
  • Belender
  • Sendok Makan
  • Saringan

2. Cara Membuat

Dibawah ini, ada cara membuat jus yang harus kamu perhatikan dan lakukan, yaitu:

  • Pertama, kamu bersihkan buah-buahan yang akan kamu gunakan sebagai jus.
  • Kemudian, iris buah-buahan dengan ukuran sedang agar supaya muat masuk kedalam belender.
  • Lalu, masukan buah yang udah diiris, gula secukupnya, dan air meniral secukupnya kedalam blender.
  • Setelah itu, kamu nyalakan blender dan tunggu sampai jusnya lembut, kurang lebih 30 detik.
  • Selanjutnya, tinggal kamu tuangkan kedalam gelas cantik.
  • Terakhir, kamu hias dan tambahkan hidangan pendukungnya seperti biskuit, jelly, dan lainnya.

Contoh Teks Prosedur Membuat Kerajinan

Contoh Teks Prosedur Membuat Kerajinan

Cara Membuat Hiasan Lampu dari Botol

Kamu bisa membuat sebuah karya kerajinan tangan dengan berbagai macam bahan daur ulang, salah satunya yaitu dari botol bekas.

Selain mudah buat diperoleh, botol bekas juga punya tekstur yang mudah buat di daur ulang jadi kerajinan yang lebih memiliki nilai tambah.

Salah satu kerajian yang bisa kamu buat dari botol bekas yaitu hiasan lampu.

Nah, berikut ini ada beberapa bahan dan cara membuat yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

1. Bahan-Bahan

Berikut ini, ada beberapa bahan-bahan utama yang harus kamu sediakan saat membuat hiasan lampu dari botol, yaitu:

  • 1 sendok plastik
  • 1 botol bekas
  • Lem tembok secukupnya

2. Cara Membuat

Dibawah ini, ada cara membuat hiasan lampu dari botol yang harus kamu perhatikan dan lakukan, yaitu:

  • Pertama, ambil botol bekas yang udah kamu persiapkan dan kamu bersihkan.
  • Lalu, potong bagian bawah botol bekas dengan pakai gunnting dan hati-hati dalam mengerjakannya.
  • Berikutnya, ambil sendok plastik yang udah kamu persiapkan dan kamu bersihkan.
  • Kemudian, potong gagang sendok plastik dan simpan bagian yang pipih dari sendok plastik tersebut.
  • Lalu, tempelkan sendok yang udah dipotong mengelilingi bagian luar botol bekas dengan lem tembak secukupnya dan rapikan.
  • Setelah itu, kamu pastikan botol tertutup dengan sendok secara sempurna.
  • Selanjutnya, tinggal kamu biarkan lem mengering dengan sempurna.
  • Hiasan lampun dari botol bekas siap buat digunakan pada lampu rumah yang ingin kamu hias.

Gimana? Ulasan tentang contoh teks prosedur diatas? Mudah dipahami kan? Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Kalo ada kekurangan tentang penjelasan diatas atau pertanyaan, langsung aja tulis dikolom komentar dibawah ini yak 😀

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 0 Average: 0]
Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 6 Januari 2021 - Published : 6 Januari 2021