Contoh Teks Negosiasi

Apa sih, yang dimaksud dengan teks negosiasi itu sendiri? Jadi,

Teks negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang tujuannya buat mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang punya kepentingan yang berbeda.

Kedua pihak yang melakukan negosiasi mempunyai hak terhadap hasil yang akan disepakati.

Hasil akhir negosiasi harus punya persetujuan dari semua pihak, jadi semua pihak menerima hasil akhir dengan kesepakatan bersama.

Nah, berikut dibawah ini ada beberapa contoh teks negosiasi. Penasaran? Yuk simak ulasannya!


Contoh Teks Negosiasi Penawaran

Contoh Teks Negosiasi Penawaran

Contoh teks negosiasi ini terjadi di lingkungan keluarga antara bapak dan anaknya:

Anak : “Pak, setelah lulus nanti saya ingin sekolah di SMA.”

Bapak : “Kenapa di SMA nak? Padahal, bapak ingin kamu sekolah di SMK.”

Anak : “Alasannya apa pak, kenapa bapak ingin supaya saya melanjutkan di SMK? ”

Ayah : “Begini nak, di SMK itu lulusannya bisa langsung masuk di dunia kerja.”

Anak : “Jadi gampang dapat kerja ya pak? Kalo gitu, iya udah deh saya setuju.”

Ayah : “Bagus lah kalo kamu setuju, nanti kita pilih bareng SMK yang bagus.”

Anak : “Siap pak”


Contoh Teks Negosiasi Antara Perusahaan dan Pihak Bank

Contoh Teks Negosiasi Antara Perusahaan dan Pihak Bank

Berikut ini, ada tuliskan contoh teks negosiasi beserta strukturnya:

  • 1-3 : Orientasi
  • 4-6 : Pengajuan
  • 7-12 : Penawaran
  • 13-16 : Persetujuan
  • 17-19 : Penutup

Pengusaha : “Selamat siang”

Pihak bank : “Selamat siang, ada yang bisa saya bantu?”

Pengusaha : “Iya, saya ingin bertemu dengan kepala bagian kredit”

Pihak bank : “Baik, mari saya antar menuju kepala bagian kredit”

Pengusaha : “Jadi begini pak, saya niatnya akan mengembangkan usaha, maka dari itu saya akan mengajukan kredit”

Pihak bank : “Berapa jumlah uang yang dibutuhkan untuk usaha yang bapak ingin kembangkan?

Pengusaha : “Saya butuh uang sebenar 300 juta. Bisakah saya mendapatkan pinjaman dengan jumlah tersebut?

Pihak bank : “Maaf sebelumnya, tapi kan jumlah pinjaman bapak terlalu besar. Bagaimana jika pihak bank memberi 200 juta?

Pengusaha : “Tidak bisa lebih dari itu pak? Saya kan nasabah lama di bank ini”

Pihak bank : “Baiklah, bapak saya beri 220 juta. Bagaimana pak?”

Pengusaha : “Tolong dilebihkan lagi pak, saya membutuhkan lebih banyak uang untuk mengembangkan usaha”

Pihak bank : “Baiklah, maksimal bank hanya bisa memberi pinjaman sebesar 250 juta”

Pengusaha : “Oke, bisa saya ambil kapan uangnya?”

Pihak bank : “Kalo bapak setuju, uang 250 juta bisa dicairkan secepatnya”

Pengusaha : “Iya saya setuju, kemudian bagaimana lagi?”

Pihak bank : “Pihak bank akan memberikan pelayanan terbaik”

Pengusaha : “Oke terima kasih atas kerjasamanya, saya permisi dulu pak”

Pihak bank : “Sama-sama pak, selamat siang”

Pengusaha: “Selamat siang” (Keluar dari ruang kepala bagian kredit)


Contoh Teks Negosiasi Jual Beli

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli

Berikut dibawah ini, contoh teks negosiasi jual beli antara penjual dan pembeli motor:

Anas : “Bang, HP apa ya yang kira-kira bagus dan cocok buat gw?”

Abang Raffi : “Lu punya budget berapa dulu?”

Anas : “Yaahh ada sekitar Rp3 jutaan, sih.”

Abang Raffi : “Hm.. kalau gitu mending kita langsung otw ke konter HP di Mall pusat kota aja.”

Anas : “Ya udah ayok.”

Setibanya di toko HP:

Penjual HP: “Selamat siang, ada yang bisa saya bantu?”

Anas: “Kami mau lihat-lihat dulu, mas.”

Penjual HP: “Oh iya silahkan, mas.”

Anas: “Ada rekomendasi HP dengan spek bagus harga 3 jutaan, mas?”

Penjual HP: “Ada, mas. Ini dia HP keluaran terbaru QQQ 8 Pro. Sudah pake prosesor mediatek gaming terbaru dan dilengkapi dengan teknologi pendingin. Siap libas semua game.”

Abang Raffi: “Nah itu boleh juga tuh, nas. Kalau dibandingin sama HP lu yang sekarang sih beda jauh.”

Anas: “Tapi kalO HP XXX 5 Pro ada juga mas?”

Penjual HP: “Ada mas, kita ready stok warna hijau dan ungu.”

Abang Raffi: “Kenapa nggak yang tadi aja nas?”

Anas: “Akulebih suka sama HP yang prosesornya naga, bang.”

Penjual HP: “Ini mas HP-nya.”

Anas: “Berapa ini mas?”

Penjual HP: “Untuk varian RAM 4 GB dan ROM 128 GB kami jual seharga Rp 3,2 juta, kak.”

Abang Raffi: “Wah saya kira di bawah Rp 3 juta mas.”

Anas: “Kalo Rp 2,8 juta boleh mas?”

Penjual HP: “Wah belum bisa, kak. Ini kameranya udah 48 MP, prosesornya juga yang paling tinggi di kelasnya. Pokoknya worth it banget sih harga segitu, kak.”

Anas: “Iya, sih. Tapi masa nggak bisa kurang sama sekali mas? Rp 2,9 juta gimana?”

Abang Raffi: “Kalau Rp 2,9 juta masih belum dapet, kita mending cari di toko lain ya, nas.”

Penjual HP: “Eiitss.. Baik, kak. Khusus buat kakak kita kasih Rp 2,9 juta.”

Anas: “Nah gitu dong, mas. Ini uangnya.”

Penjual HP: “Mohon tunggu sebentar ya mas. Saya bungkus dan tuliskan notanya dulu.”

Anas: “Iya mas.”

Anas: “Makasih banget nih ya, bang. Akhirnya dapet juga HP baru haha.”

Abang Raffi: “Iya, tenangaja hehe.”

Penjual HP: “Ini mas HP berikut nota pembayarannya.”

Anas: “Oke, mas. Kalau ada apa-apa nanti saya datang ke sini lagi, ya?”

Penjual HP: “Iya tentu saja boleh, kak.”

Abang Raffi: “Kalo begitu, kita pamit dulu, mas. Terima kasih ya.”

Penjual HP: “Terima kasih kembali udah berkunjung kemari, yak!”


Contoh Teks Negosiasi Kehidupan Sehari-hari

Contoh Teks Negosiasi Kehidupan Sehari-hari

Contoh teks negosiasi yang biasa di kehidupan sehari-hari, yaitu antara tukang ojek dengan calon penumpang.

Calon penumpang : “Bang, ke Rita Super Mall berapa?”

Tukang Ojek : “20 ribu, mba”

Calon Penumpang : “Kok mahal amat bang, kan deket tuh disitu, 12 ribu aja ya”

Tukang Ojek : “Aduh, itu kemurahan, enggak nutup uang bensin atuh”

Calon Penumpang : “Iya deh iya bang, saya tambah 2 ribu biar jadi 14 ribu ya, bagaimana?”

Tukang Ojek : “Tambah 1 ribu lagi deh, langsung berangkat nih.”

Calon Penumpang: “Okelah bang, saya setuju, antar saya ke Rita Super Mall.”


Contoh Teks Negosiasi di Sekolah

Contoh Teks Negosiasi di Sekolah

Contoh teks negosiasi di sekolah ini antara wali kelas dengan ketua kelas berkaitan dengan rencana study wisata.

Wali Kelas: “Raffi, gimana rencana Study Wisata ke Jawa Timur Park, apakah semua anggota kelas setuju?”

Ketua Kelas: “Saya udah berbicara dengan mereka bu, cuma ada usulan study wisata nya diganti ke Pantai Kuta aja bu.”

Wali Kelas: “Wah, kenapa pada minta seperti itu?”

Ketua Kelas: “Karena sekolah kita udah sering ke Jawa Timur Park bu. Sedangkan, Pantai Kuta belum pernah sama sekali.”

Wali Kelas: “Tapi ibu udah bicarakan rencana ini ke bapak kepala sekolah dan beliau udah setuju”

Ketua Kelas: “Iya bu, tapi kalo ke rencana semula sepertinya banyak teman-teman yang gak ikut”

Wali Kelas: “Aduh gimana yah, padahal ibu udah mempersiapkan semuanya.”

Ketua Kelas: “Gini aja bu, biar saya dan teman-teman yang menghadap ke kepala sekolah dan membicarakan tentang rencana study ke Pantai Kuta.”

Wali Kelas: “Baiklah kalo gitu, secepatnya kamu bicara dengan beliau, laporkan ke ibu hasilnya”.

Ketua Kelas: “Baik bu.”


Contoh Teks Negosiasi Pemecahan Konflik Jual Beli Mobil

Contoh Teks Negosiasi Pemecahan Konflik Jual Beli Mobil

Contoh teks negosiasi singkat mengenai pemecahan konflik antara pembeli mobil dengan penjual mobil.

Pembeli : “Selamat siang pak”

Penjual : “Selamat siang, silahkan duduk. Apakah ini benar dengan saudara Irfan?”

Pembeli : “Benar pak, saya yang menghubungi bapak tadi pagi”

Penjual : “Baik, langsung ke intinya aja, benarkah saudara tertarik dengan mobil yang di iklankan di XLO?”

Pembeli : “Iya benar pak, dari foto yang ditampilkan saya tertarik ingin melihat fisik asli mobil tersebut, karena berdasarkan foto yang saya lihat kelihatannya mobil bapak masih dalam keadaan bagus”

Penjual : “Iya benar, mobil itu saya beli 2 tahun lalu, kondisinya masih sangat bagus. Saya menjual karena ingin menggantinya dengan mobil baru.

Pembeli : “Apa alasan bapak mengapa mobilnya ingin diganti? Apakah mobil tersebut udah mengalami kerusakan?”

Penjual : “Bukan itu alasannya, saya ingin mengganti dengan mobil baru karena itu terlalu kecil buat keluarga saya”

Pembeli : “Oh begitu, jadi berapa harganya ini pak?”

Penjual : “170 juta, bisa nego kok”

Pembeli : “Wah, kok mahal ya pak?”

Penjual : “Bisa nego”

Pembeli : “Gimana, kalo 120 juga pak?”

Penjual : “150 juga pas, bagaimana?”

Pembeli : “130 juta deh pak, bagaimana?”

Penjual : “Tidak bisa mas, 150 juta udah mentok sekali mas”

Pembeli : “Baiklah, saya setuju pak”

Penjual : “Baik mas, terimakasih”

Pembeli : “Oke, terimakasih kembali pak”


Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai contoh teks negosiasi beserta strukturnya.

Gimana? Mudah dipahami kan pembahasan diatas tadi? Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Kalo ada kekurangan tentang penjelasan diatas atau pertanyaan, langsung aja tulis dikolom komentar dibawah ini yak 😀

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 5 Average: 3.6]
Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 5 Januari 2021 - Published : 5 Januari 2021