Contoh Teks Eksposisi

Apa sih, yang dimaksud dengan teks eksposisi itu? Jadi,

Teks eksposisi adalah paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat.

Nah, berikut dibawah ini ada beberapa contoh dari sebuah teks eksposisi.

Penasaran apa aja? Makanya, yuk langsung simak aja pembahasannya berikut ini!


Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Pentingnya Pendidikan

1. Tesis

Mendapatkan pelajaran dan pengetahuan adalah hal pertama yang sangat penting dari suatu pendidikan. Kamu bisa memperoleh pengetahuan mengenai dunia sekitar lewat pendidikan.

Hal tersebut akan menjadikan perspektif orang akan semakin berkembang buat memandang kehidupan.

Makanya, kamu akan sangat terbantu pada cara memandang dan membangun opini pada suatu hal yang berhubungan dengan kehidupan.

Banyak orang yang memperdebatkan apakah pendidikan adalah jalan satu-satunya buat mendapatkan pengetahuan?

Tapi, ada juga yang menyebutkan kalo pendidikan adalah proses memperoleh informasi terkait dunia sekitar. Sedangkan, pengetahuan adalah hal lain yang berbeda.

2. Argumentasi

Pendidikan bisa membantu seseorang dalam menafsirkan berbagai macam hal yang dia rasakan.

Pendidikan gak terbatas cuma pada pantun yang ada didalam buku pelajaran atau hitung menghitung didalam matematika. Pendidikan adalah lebih dari itu, pendidikan mengenai pelajaran hidup.

Pendidikan sangat penting, karena akan mengajarkan manusia bagaimana cara berperilaku yang baik dan benar.

Jadi, pendidikan bisa menciptakan manusia dalam menjalani kehidupan yang lebih beradab.

Pendidikan adalah dasar dari peradaban serta budaya. Pendidikan penting buat mengembangkan berbagai nilai dan moral manusia.

Pendidikan akan mengolah seseorang jadi pribadi yang lebih dewasa, pribadi yang mampu dalam mengambil keputusan tepat dan merencanakan masa depan.

Pendidikan akan memberikan wawasan dalam belajar dalam setiap pengalaman. Pendidikan juga penting di dalam proses pertumbuhan ekonomi.

Hal tersebut bisa memupuk prinsip-prinsip keadilan dan kesejahteraan. Jadi, masa depan bangsa nantinya akan cerah diatas tangan orang-orang yang berpendidikan.

Pendidikan penting sebab udah membekali manusia dengan seluruh keperluan yang dibutuhkan guna mewujudkan impian.

Pendidikan akan membuka pintu peluang karir yang cerah dan prospek yang lebih cemerlang didalam berkarir.

Bisa kamu lihat contoh nyata, perusahaan memerlukan calon karyawan yang memiliki pendidikan baik dan keahlian khusus.

Jadi, pendidikan udah jadi bagian kriteria kelayakan pada dunia kerja dan industri.

Didalam dunia kerja, seseorang akan dinilai dilihat dari keterampilan pendidikannya dan sebaik apa individu tersebut mengimplementasikannya.

Sekolah dan perguruan tinggi merupakan penentu dari kerangka dasar pendidikan.

Sekolah akan mengajarkan manusia terkait dasar-dasar kehidupan serta memperkenalkan di dalam bidang spesifik yang diminati.

Tapi, pendidikan gak berakhir di sini. Hal ini merupakan soal proses sepanjang hidup.

Belajar mandiri adalah titik awal buat menandai akhir dari pendidikan di suatu institusi.

3. Penegasan Ulang

Dengan hal ini, pendidikan adalah hal yang amat sangat penting didalam kehidupan manusia.

Karena, pendidikan bisa memberikan berbagai pengetahuan yang bisa menuntun individu menuju impiannya suatu saat nanti.

Pendidikan gak cuma didapatkan lewat sekolah formal aja, tapi dari kehidupan itu sendiri sebagai contoh membangun moral dan kebudayaan yang baik.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Ekonomi Rakyat

1. Tesis

Ekonomi rakyat merupakan kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh masyarakat banyak.

Pada kegiatan pertanian, kegiatan ekonomi rakyat ini diartikan kedalam aktivitas ekonomi peternak, petani, ataupun nelayan kecil.

Kegiatannya bukanlah peternak ataupun perkebunan yang besar.

2. Argumentasi

Sebelumnya, ekonomi rakyat bisa dilihat dari perspektif yang lain.

Hal tersebut didasari dari jargon : “Ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”.

Maka, setiap aktivitas perekonomian itu saling berkaitan dengan sumber daya ekonomi yang diberikan oleh rakyat.

Artinya, seluruh proses dari produksi sampai konsumsi dikerjakan dan diterapkan oleh rakyat.

3. Penegasan Ulang

Bisa disebut, kalo ekonomi rakyat gak ada pembatasan terkait dengan sifat usahanya, jenis produk, besaran usaha, dan modal.

Ekonomi ini gak punya sifat eksklusif, tetapi terbuka.

Supaya bisa berkembang, maka norma dan transaksinya ditetapkan berdasarkan dengan perkembangan sosial masyarakat dalam hal ekonomi.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik

Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik

Pemilihan Umum

1. Tesis

Dalam 5 tahun sekali, negara Indonesia mengadakan pemilu atau pemilihan umum.

Pemilu ini diselenggarakan guna memilih para anggota DPRD, DPR, Presiden & Wakil Presiden.

Tapi, pemilu yang diselenggarakan Indonesia pada waktu ini masih kurang maksimal, jadi Indonesia perlu buat melakukan pembenahan.

2. Argumentasi

Pemilu di Indonesia kurang maksimal disebabkan adanya banyak kecurangan yang dilakukan oleh para calon legislatif pada saat kampanye.

Contohnya seperti suap-menyuap antara caleg dengan warga sekitar agar memperoleh kursi di dalam pemerintahan.

Selain itu, kurangnya kampanye di kawasan terpencil juga membuat masyarakat yang daerah gak mengetahui sifat yang sebenarnya dari para calon tersebut.

Permasalahan berikutnya adalah tingginya angka golput.

Golput atau singkatan dari golongan putih adalah masyarakat yang memutuskan buat gak memilih saat pemilu berlangsung.

Golput ini lebih banyak dipicu, sebab adanya rasa kecewa pada sebagian masyarakat pada praktek politik di negara Indonesia yang dilakukan oleh para politisi anggota dewan.

Dan satu hal lagi yang butuh buat dibenahi adalah politik uang.

Politik uang satu ini, menciptakan keyakinan masyarakat yang semakin diperkuat pernyataan responden yang menyebut parpol cenderung akan memberikan keuntungan materi supaya terpilih.

3. Penegasan Ulang

Seperti yang udah kamu ketahui, kalo masih kurangnya pengawasan ketat didalam pemilu tersebut.

Makanya, semua menginginkan Pemerintah Indonesia dan KPU harus terus melakukan pengawasan lebih pada penyelenggaraan pemilu ini.

Kalo pemilu udah dibenahi, maka pilihan-pilihan rakyat juga bisa sesuai dengan harapan rakyat.

Kami selaku rakyat Negara Indonesia, menginginkan Anggota Dewan yang jujur dan amanah dan bisa mendengarkan aspirasi, bukan anggota dewan yang bisa mempermainkan masyarakat Indonesia.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Bahaya Membuang Sampah di Sungai

1. Tesis

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, kegiatan membuang sampah sembarangan seperti di sungai udah dijadikan sebagai hal yang lazim.

Bahkan, jumlah orang yang membuang sampah sembarangan di kota saat ini semakin bertambah.

Hal tersebut membuat aliran sungai tersumbat dengan sampah-sampah itu sendiri.

Jadi, saat hujan turun dengan intensitas yang terus-menerus, akan membuat sungai meluap dan menimbulkan bencana banjir.

2. Argumentasi

Dari waktu ke waktu, jumlah orang yang membuang sampah sembarangan terutama di sungai terus meningkat.

Hal tersebut merupakan kesimpulan dari banyak pengamat.

Padahal, korban bencana banjir itu sendiri gak sedikit. Mulai dari korban luka-luka sampai meninggal dunia yang disebabkan oleh banjir.

Tapi, hal itu masih belum cukup guna memberi kesadaran pada orang-orang yang masih aja membuang sampah sembarangan di sungai.

3. Penegasan Ulang

Seharusnya, kalo udah mengetahui efek tersebut, orang-orang akan sadar buat gak membuang sampah di sungai.

Supaya, nantinya gak akan merugikan diri sendiri, orang lain, dan juga lingkungan sekitar.

Apalagi, gak ada sampah di sungai, maka air sungai juga gak akan tersumbat dan menjadikan banjir bisa diminimalisir walau hujan deras terus-menerus.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Manfaat Sarapan Pagi untuk Tubuh

1. Tesis

Sarapan pagi emang mempunyai banyak sekali manfaat buat tubuh kita.

Menurut beberapa study penelitian, sarapan ini bisa memberikan energi buat kamu dalam memulai hari, buat mengendalikan berat badan, dan juga buat meningkatkan kinerja serta konsentrasi.

Selain itu, sarapan juga bermanfaat buat keterampilan kognitif otak yang bisa meningkatkan memori dalam menghasilkan konsentrasi tinggi.

2. Argumentasi

Dengan begitu, banyaknya manfaat dari asupan sarapan, maka sebaiknya kamu jangan melewatkan sarapan di setiap harinya, yak!

Dengan membiasakan diri buat sarapan yang sehat setiap hari, maka hari-hari kamu akan terasa lebih baik.

3. Penegasan Ulang

Saat tubuh tidur, kamu akan kehilangan asupan didalam tubuh selama waktu beberapa jam.

Makanya, tubuh kita akan memerlukan buat diisi kembali dengan asupan makanan yang sehat dan bergizi.

Bisa kamu bayangkan, kalo kamu melewatkan sarapan pagi, maka perut kosong itu bisa terserang berbagai jenis penyakit.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Hewan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Hewan

Khasiat dan Manfaat Lebah

1. Tesis

Lebah adalah salah satu hewan yang termasuk kedalam kelompok serangga dan berasal dari familia Apidae.

Walaupun ukurannya kecil, tapi jangan pandang mereka sembarangan yak.

Karena, lebah ini mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiatnya, lho!

Manfaat lebah bisa kamu peroleh dari sarang sampai cairan yang dihasilkan, yaitu madu.

Semua itu merupakan khasiat besar dengan nilai ekonomi yang juga gak murah.

2. Argumentasi

Madu yang dihasilkan oleh lebah mengandung banyak sekali khasiat buat tubuh.

Didalamnya mengandung banyak vitamin dan mineral. Ada juga kandungan enzim yang baik buat kesehatan tubuh.

Gak cuma bisa menghasilkan madu, lebah ini juga punya bee pollen. Bee pollen juga punya khasiat yang sangat bagus buat tubuh.

Bisa menyembuhkan radang sendi, varises, dan berbagai permasalahan kesehatan yang lainnya.

Karena aneka ragam dari khasiatnya itu, banyak orang yang mencari dan ingin memperoleh bee pollen meskipun harganya sangat mahal di pasaran.

Gak cuma itu, ada juga yang namanya royal jelly. Royal jelly yaitu makanan sehari-hari buat ratu lebah.

Mempunyai khasiat buat memulihkan energi, memenuhi kebutuhan mineral, dan juga vitamin dalam tubuh.

Berbagai manfaat pada lebah diatas sangat pas buat kalian yang beraktivitas padat dan punya banyak pekerjaan.

3. Penegasan Ulang

Dengan beragam kandungan mineral, vitamin, dan enzim yang baik buat tubuh.

Lebah juga mempunyai banyak khasiat dalam kesehatan manusia.

Karena produk-produk yang diproduksinya, sekarang lebah gak lagi dianggap sebagai musuh pada manusia.

Melainkan udah dijadikan sebagai salah satu sumber baik buat berbagai khasiat.


Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Hewan

1. Tesis

Hewan bisa dibagi kedalam berbagai jenis, yang bisa dilihat dari jenis makanannya.

Hal tersebut meliputi hewan herbivora, karnivora, dan juga omnivora.

2. Argumentasi

Hewan herbivora yaitu istilah hewan yang punya jenis makanan yang berbentuk tanaman.

Posisi hewan herbivora ini ada pada konsumen tingkat pertama didalam rantai makanan.

Contoh dari hewan herbivora ini adalah belalang, sapi, kambing, kuda, dan keledai.

Lalu, hewan karnivora adalah istilah buat hewan yang memakan atau memangsa jenis hewan yang lain atau daging.

Hewan karnivora ini juga disebut sebagai hewan predator buat hewan herbivora.

Contoh dari hewan karnivora ini adalah harimau, musang, singa, serigala, dan lainnya.

3. Penegasan Ulang

Jadi, bisa kamu ketahui kalo hewan omnivora adalah hewan yang pemakan segalanya.

Bisa memakan tanaman dan juga bisa memakan hewan lain atau daging.

Contoh dari jenis hewan omnivora ini adalah bebek, ayam, beruang, dan orangutan.


Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Kaya dan Miskin

1. Tesis

Hidup ini emang seperti roda berputar, kita sering sekali menemui orang yang sebelumnya gak punya apa-apa, tiba-tiba jadi seseorang yang kaya dengan materi.

Tapi, sebaliknya ada juga orang yang sebelumnya kaya akan materi, tiba-tiba jadi kebangkrutan didalam hidupnya.

Kamu bisa melihat perumpamaan satu ini pada kisah Jamal dan Hassan.

2. Argumentasi

Pada awalnya, Jamal adalah seorang pengusaha furnitur yang paling terkenal di Kabupaten Banyumas.

Tapi, musibah tersebut kemudian datang menimpa dirinya dan keluarganya.

Pabrik furnitur Jamal tersebut, tiba-tiba mengalami kebangkrutan dan kehabisan seluruh isi bangunannya.

3. Penegasan Ulang

Tapi sebaliknya pada Hassan, pada mulanya dia menjalani kehidupan yang sulit buat memperoleh pinjaman disana.

Tapi, dia sangat konsisten dalam membuat kerajinan.

Jadi pada suatu saat, ada seorang investor yang memberikan bantuan produksi yang diperlukan Hassan.

Seiring dengan berjalannya waktu, Hassan udah jadi pengusaha pengrajin yang sangat sukses.


Contoh Teks Eksposisi Identifikasi

Contoh Teks Eksposisi Identifikasi

Spesies Ayam di Indonesia

1. Tesis

Ayam punya beberapa macam jenis yang tersebar di seluruh Indonesia.

Mulai dari ayam kampung, Australia, dan yang lain sebagainya.

Masyarakat di Indonesia, sering memakai daging ayam sebagai lauk pauk sehari-hari.

Jadi, gak heran kalo permintaan akan daging ayam selalu meningkat.

2. Argumentasi

Ayam jenis Australia adalah yang paling banyak dijual di Indonesia, dimana permintaan akan dagingnya meningkat setiap harinya.

Gak cuma itu, perawatan ayam Australia juga tergolong mudah daripada ayam jenis lainnya.

Selain itu, jenis ayam Australia ini juga dijual dengan harga yang murah.

3. Penegasan Ulang

Tapi, kalo ayam Australia ini dikonsumsi dengan jumlah besar secara terus-menerus, maka akan menyebabkan dampak buruk buat kesehatan.

Karena, ayam Australia ini melewati proses penyuntikan supaya cepat besar.

Hal tersebutlah, yang menyebabkan ayam Australia ini gak boleh dikonsumsi dengan jumlah banyak.


Contoh Teks Eksposisi Bahasa Inggris

Contoh Teks Eksposisi Bahasa Inggris

Power Benefits of Water

1. Thesis

Water has many benefits, including a system that loses after a day of activity.

But there are some problems that are often ignored by humans, namely lazy to drink water.

2. Argument

Water is a mineral drink that is consumed by all living things, including humans.

The function of white air when drunk by humans as a substance that is useful for launching the body, giving oxygen intake, regulating body temperature and cleaning the whole body.

In a day humans must drink at least 2 liters of white water or 8 glasses of white air.

In order to build the body’s working system optimally and maintain a healthy body so that energy is reduced to normal.

Dehydration often occurs in many people. These things include body fluids that have thinned even to the point of being exhausted, which results in abnormal blood sugar levels.

3. Reaffirmation

It can be indicated that white air is very vital. There are still many who underestimate drinking 2 liters of white air a day.

For that we must start from the people, so that people can do their lives by routinely drinking at least 8 glasses of white air a day.


Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai contoh teks eksposisi beserta strukturnya.

Gimana? Mudah dipahami kan pembahasan diatas tadi? Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Kalo ada kekurangan tentang penjelasan diatas atau pertanyaan, langsung aja tulis dikolom komentar dibawah ini yak 😀

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 0 Average: 0]
Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 4 Januari 2021 - Published : 4 Januari 2021