Arti Jazakallah Khairan

Pernah gak sih, kamu mendengar ucapan Jazakallah Khairan. Apa sih artinya, keutamaannya dan gimana cara menjawab atau balasannya?

Langsung aja yuk, ke pembahasannya yang ada dibawah ini.


Arti dan Pengucapan Jazakallah Khairan

Arti dan Pengucapan Jazakallah Khairan

Arti Jazakallah khairan ini terdiri dari dua kata yaitu jazakallah dan khair.

  • Jazakallah artinya adalah Semoga Alloh Membalasmu.
  • Jazakallah khairan artinya adalah Semoga Alloh Membalasmu dengan Kebaikan.

Inilah salah satu ucapan yang benar dan lengkap, tapi kadang cuma mendengar ucapan jazakallah. Jadi, artinya gak sama karena gak lengkap.

Ucapan – ucapan diatas di sunnahkan oleh Rasulullah, buat menyampaikan terima kasih dan mendo’akan orang yang sudah berbuat baik ke kita.

 

1. Jaza-Kallah Khairan Khatsiiraa

Buat kamu Laki – laki Tunggal (ك – Ka):

 

جَزَا كَ الله خَيْرًا كَثِيْرًا

 

Artinya: Semoga Allah Membelasmu dengan kebaikan yang Banyak, جَزَ Jazaa = semoga memberi, menambah, membalas, كَ ka = engkau (lelaki tunggal), اللهُ Allah = Allah, khairan = kebaikan, katsiraa = yang banyak.

Jazakallah (جَزَا كَ الله) artinya semoga Allah akan memberi, menambahkan, membalasmu. Ini dipakai sebagai ungkapan rasa syukur ucapan terima kasih atas kebaikan seseorang dan sekaligus sebagai sebuah do’a semoga Allah akan membalas kebaikannya (laki-laki, tunggal).

 

2. Jaza-Killah Khairan Katsiiraa

Buat kamu Perembuat Tunggal (ك – ki):

 

جَزَا ك الله خَيْرًا كَثِيْرًا

 

Artinya: Semoga Allah membalas-mu dengan kebaikan yang banyak. جَزَJazaa = semoga memberi, menambah, membalas, ك ki = engkau (wanita tunggal), اللهُAllah = Allah.

Jazakillah (جَزَا ك الله) artinya semoga Allah akan memberi/menambah/membalasmu. Ini dipakai sebagai ungkapan rasa syukur ucapan terima kasih atas kebaikan seseorang dan sekaligus sebagai sebuah do’a semoga Allah akan membalas kebaikannya (wanita tunggal / kamu).

 

3. Jaza-Kumullah Khairan Katsiiraa

Buat kamu Laki – Laki Jamak (كم – kum):

 

جَزَا كُمُ الله خَيْرًا كَثِيْرًا

 

Artinya: Semoga Allah Membalas-kalian dgn kebaikan yg banyak. جَزَ Jazaa = semoga memberi, menambahkan, membalas, كم kum = kamu (jamak), اللهُ Allah = Allah.

Jazakumullah (جَزَا كُمُ الله) artinya semoga Allah akan memberi, menambahkan, membalasmu. Ini dipakai sebagai ungkapan rasa syukur ucapan terima kasih atas kebaikan seseorang dan sekaligus sebagai sebuah do’a semoga Allah akan membalas kebaikannya mereka (laki-laki jamak / orang banyak).

 

4. Jaza-Kunallah Khairan Katsiiraa

Buat kamu Perempuan Jamak (كن – Kun):

 

جَزَا كم الله خَيْرًا كَثِيْرًا

 

Artinya: Semoga Allah Membalas-kamu dengan kebaikan yg banyak. جَزَ Jazaa = semoga memberi, menambahkan, membalas, كم  kam = kamu (jamak), اللهُ Allah = Allah.

Jazakamallah (جَزَا كم الله) artinya semoga Allah akan memberi, menambahkan, membalasmu. Ini dipakai sebagai ungkapan rasa syukur ucapan terima kasih atas kebaikan seseorang dan sekaligus sebagai sebuah do’a semoga Allah akan membalas kebaikannya mereka (laki-laki & Wanita jamak/orang banyak).

 

5. Jaza-Kamallah Khairan Katsiiraa

Buat kamu Perempuan dan Laki – laki Jamak (كم – kam):

 

جَزَا كم الله خَيْرًا كَثِيْرًا

 

Artinya: Semoga Allah Membalas-kamu dengan kebaikan yg banyak. جَزَJazaa = semoga memberi, menambahkan, membalas, كم kam = kamu (jamak), اللهُ Allah = Allah.

Jazakamallah (جَزَا كم الله) artinya semoga Allah akan memberi, menambahkan, membalasmu. Ini dipakai sebagai ungkapan rasa syukur ucapan terima kasih atas kebaikan seseorang dan sekaligus sebagai sebuah do’a semoga Allah akan membalas kebaikannya mereka (laki-laki & Wanita jamak / orang banyak).

 

6. Syukron

Dalam bahasa Indonesia, Syukron ini bisa diartikan sebagai ucapan kata Terima kasih kepada seseorang.

Kata ini biasa diucapkan saat seseorang menerima pemberian hadiah, pujian, sanjungan, atau hal lain yang membuat dirinya bahagia dari pemberian orang tersebut.

 

7. Barakallahu Fii Umrik

Barakallahu Fii Umrik artinya semoga kamu mendapatkan berkah dari Allah dalam usiamu.

Barakallah artinya semoga Allah memberkahi, Fii artinya untukmu, Fiikum artinya untukmu, Umrik artinya dalam usiamu.

Ucapan ini biasanya dipakai saat mendapati seseorang sedang milad, atau dalam pergaulan kamu disebut dengan ulang tahun.


 

Keutamaan Jazakallahu Khairan

Keutamaan Jazakallahu Khairan

Salah satu bentuk hubungan baik kepada sesama manusia yaitu berterima kasih saat mendapatkan pemberian atau perlakuan yang baik dari orang lain.

Perhatikan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di bawah ini:

Artinya: Tidaklah dikatakan bersyukur pada Alloh, siapa yang tidak tahu berterima kasih terhadap sesama manusia. (HR. Tirmidzi dan Abu Daud; hadist shahih)

Nah, dibawah ini ada beberapa keutamaan Jazakallahu Khairan yang harus kamu ketahui.

 

1. Sunah Rasulullah

Ucapan rasa terima kasih dengan Jazakallah Khairan ini merupakan sunah Rasulullah SAW.

Beliau juga udah mengajarkan ucapan terima kasih ini kepada sahabat dan sahabat rasul juga udah mengamalkannya.

 

إِذَا قَالَ الرَّجُلُ لأَخِيهِ : جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى الثَّنَاءِ

 

Artinya: Kalo ada seseorang udah berkata kepada saudaranya Jazaakallah Khairan (semoga Alloh selalu membalasmu dengan kebaikan), maka dia udah memujinya dengan setinggi – tingginya. (HR. Thabrani, Al Albani berkata: Shahih li Ghairihi)

 

2. Ucapan Terima Kasih Terbaik

Dibandingkan dengan ucapan terima kasih, syukron, thank you dan lainnya. Ucapan Jazakallahu Khairan ini yang paling baik.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 

مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى الثَّنَاءِ

 

Artinya: Barangsiapa diperlakukan baik sama orang lain kemudian dia berkata kepadanya jazaakallah khairan, maka ia udah memujinya dengan setinggi – tingginya.” (HR. Tirmidzi, Al Albani berkata: Shahih)

 

3. Ucapan Doa

Rasulullah mengajarkan, kalo kamu mendapat kebaikan atau hadiah dari orang lain. Maka, kamu harus membalasnya dengan kebaikan dan hadiah juga.

Tapi, kalo belum bisa, minimal dengan mengucapkan doa dan terima kasih kepadanya.

Ucapan Jazakallah Khairan, Jazakillah Khairan dan Jazakumullah Khairan merupakan ucapan terima kasih dan juga doa buat orang yang memberi kamu hadiah dan kebaikan.

 

وَمَنْ صَنَعَ إِلَيْكُمْ مَعْرُوفًا فَكَافِئُوهُ فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا مَا تُكَافِئُونَهُ فَادْعُوا لَهُ حَتَّى تَرَوْا أَنَّكُمْ قَدْ كَافَأْتُمُوهُ

 

Artinya: Dan barangsiapa yang berbuat kepada kamu maka balaslah. Kalo dia tidak mendapati sesuatu buat membalasnya, maka doakanlah dia, sampai kamu melihat kalo kamu udah membalasnya. (HR. Abu Daud)

 

4. Mendapat Doa

Saat kamu berterima kasih dengan mengucapkan doa, maka kamu juga akan mendapatkan jawaban dengan didoakan kembali.

Kalo gak dijawab oleh orang tersebut, maka yang menjawab adalah malaikat dengan mendoakan kita.


 

Cara Menjawab Ucapan Jazakallah Khairan

Cara Menjawab Ucapan Jazakallah Khairan

Gimana sih, cara menjawab atau membalas kalo kamu mendapat ucapan Jazakallah Khairan dan sejenisnya?

Karena doa, kamu bisa membalas dengan mengucapkan aamiin atau aamiin ya rabb. Atau dibalas dengan ucapan Afwan yang merupakan jawaban dari Syukron.

Tapi, yang lebih utama lagi yaitu kamu membalas dengan mendoakannya juga.

Dalam hadits shahih yang diriwayatkan Imam An Nasa’i dan Ibnu Hibban, saat Usaid bin Hudhair mewakili kaum Anshar berterima kasih kepada Rasulullah dengan jazakallah khairan, Rasulullah menjawabnya dengan ucapan:

وَأَنْتُمْ مَعْشَرَ الْأَنْصَارِ فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

Artinya: Dan kamu sekalian wahai kaum Anshar, semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan.

Jadi, balasan jazakallah khairan yang dicontohkan Rasulullah adalah:

 

فَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

(Faa Jazaakalloohu Khoiro)

Ucapan di atas sebagai jawaban kalo yang mengucapkan jazakallah khairan yaitu laki-laki. Sedangkan buat perempuan, jawaban untuknya adalah:

 

فَجَزَاكِ اللهُ خَيْرًا

(Faa Jazaakillaahu Khoiro)

Arti kedua ucapan diatas: Semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan.

Adapun kalo yang menyampaikan ucapan terima kasih itu orang banyak atau mewakili orang banyak, jawaban untuk mereka adalah:

 

فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

(Faa Jazaakumulloohu Khoiro)

Artinya: Semoga Allah juga membalas kalian dengan kebaikan.

Kata fa (فَ) pada jawaban di atas juga boleh diganti dengan wa (وَ). Hal itu gak mengubah makna dan tujuan dari jawaban tersebut.


 

Kesimpulan

Berikut, dibawah ini ada beberapa kesimpulan dari penjelasan singkat tentang Arti Jazallahu Khairan, yuk langsung aja simak.

  1. Arti Jazakallah Khairan (bisa dibaca: Jazakallahu Khairan) adalah Semoga Alloh selalu membalasmu dengan kebaikan.
  2. Arti Jazakumullah Khairan (bisa dibaca: Jazakumullahu Khairan) adalah semoga Alloh selalu membalas kalian dengan kebaikan.
  3. Adapun ucapan ini harus disesuaikan dengan subjek lawan bicara kita, Jazakallahu Khairan ( kepada laki- laki tunggal), Jazakillahu Khairan (kepada Perempuan tunggal) dan Jazakumullahu Khairan (kepada Jamak).
  4. Penggunaannya, lebih baik lagi dicukupkan dengan ucapan Jazakallahu Khairan aja, tanpa ada tambahan Katsiran sesuai yang tertera dalam Hadist.
  5. Kamu sebagai seorang Muslim sebaiknya meninggalkan ucapan terima kasih, diganti dengan ucapan Jazakallahu Khairan yang mengandung makna ucapan terima kasih dan juga Do’a.

Insyaallah mudah yaa!

Tinggalkan komentar