Teks Tanggapan Kritis

Tahu tidak sih kamu, menganai Teks Tanggapan Kritis itu? Dan, apa sih tujuan dari Teks Tanggapan Kritis?

Ingin tahu, apa yang dimaksud dengan Teks Tanggapan Kritis? Langsung aja yuk, simak pembahasan mengenai teks tersebut yang ada dibawah ini.


 

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Teks tanggapan kritis yaitu teks yang berisi kritik pedas terhadap suatu hal mengenai masalah atau persoalan yang berkaitan dengan sebuah kesalahan.

Contohnya: Biasanya terjadi saat debat berlangsung, si P memberi kritik kepada si Q karena apa yang disampaikan oleh si Q kurang pas.

Jadi, hal ini bisa kamu sebut juga dengan menganalisa suatu pendapat.

Nah, di setiap tanggapan yang diberikan harus mempunyai alasan tertentu dan manfaatnya membuat orang yang di tanggap akan semakin lebih baik.

Sedangkan, kalo tujuan dari teks tanggapan kritis yaitu buat memilih salah satu pernyataan, karena pada teks ini berisi alasan yang mendukung dan juga yang menolak.

Selain itu,

Teks tanggapan kritis dalam konteks sosial ini fungsinya sebagai kepedulian kita terhadap lingkungan dan menanggapi kebiasaan, secara kritis permasalahan di sekitar tempat tinggal kita.


 

Ciri – Ciri Teks Tanggapan Kritis

Ciri - Ciri Teks Tanggapan Kritis

Ciri – ciri yang dimiliki teks tanggapan kritis sangat khusus, karena pasti di dalamnya terhadap tanggapan – tanggapan berbeda.

Berikut, dibawah ini ada beberapa ciri – ciri dari teks tanggapan kritis, diantaranya yaitu:

  • Teks ini memuat tanggapan terhadap fenomena yang terjadi di sekitar dengan disertai fakta dan juga alasan.
  • Mempunyai  3 Struktur teks, yaitu: Evaluasi, Deskripsi Teks, dan Penegasan Ulang.
  • Mengandung kaidah kebahasaan atau ciri kebahasaan yang dimiliki oleh teks tanggapan kritis.

 

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Ada 3 struktur yang terdapat pada sebuah teks tanggapan kritis, diantaranya sebagai berikut ini:

1. Evaluasi

Evaluasi adalah bagian utama dalam teks tanggapan kritis. Bagian evaluasi berisi pernyataan umum mengenai, apa yang akan disampaikan oleh penulis didalam teks tersebut.

 

2. Deskripsi Teks

Deskripsi teks merupakan bagian kedua atau bagian isi yang ada didalam teks tanggapan kritis.

Bagian deskripsi teks ini memuat informasi mengenai data – data dan pendapat – pendapat yang mendukung penyataan atau melemahkan pernyataan.

 

3. Penegasan Ulang

Penegasan ulang merupakan bagian akhir teks tanggapan kritis yang berisi penegasan ulang terhadap apa yang udah dilakukan atau apa yang udah diputuskan.


 

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Apa aja sih, kaidah kebahasaan dari teks tanggapan kritis ini? Berikut, kaidah kebahasaan dari teks tanggapan kritis, yaitu:

1. Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks merupakan kalimat yang mempunyai lebih dari dua struktur dan juga dua verba didalamnya.

2. Konjungsi

Konjungsi merupakan kata penghubung yang menghubungkan di setiap kata dan juga di setiap struktur yang ada didalam teks tanggapan kritis tersebut.

3. Kata Rujukan

Kata rujukan merupakan sesuatu yang dipakai pemberi informasi (pembicara) buat menyokong atau memperkuat pernyataan dengan tegas.

4. Pilihan Kata

Pilihan kata merupakan pemilihan kata yang sesuai dalam penggunaan dan juga pembuatan sebuah teks tanggapan kritis.


 

Perbedaan dari Teks Tanggapan Kritis

Perbedaan dari Teks Tanggapan Kritis

Perbedaan teks tanggapan kritis satu dengan teks yang lainnya dari aspek struktur dan juga aspek fitur bahasa, diantaranya yaitu:

  • Teks tanggapan kritis tujuannya buat mempengaruhi, mendebat, membujuk, atau menyanggah.
  • Bahasa yang dipakai pada teks tanggapan kritis yaitu mengutamakan aspek persuasif atau ajakan.
  • Teks tanggapan kritis ini memakai bahasa yang efektif.
  • Bagian resume teks tanggapan kritis ini disusun secara kronologis.

 

Contoh Teks Tanggapan Kritis

1. Pergaulan Bebas

Pergaulan Bebas

a. Evaluasi

Saat ini, banyak sekali para remaja yang udah mengenal karena pergaulan bebas. Di Indonesia, kita sebagai orang yang beradab, sebaiknya gak melakukan Pergaulan bebas.

Pergaulan bebas sering ditemui di kalangan masyarakat saat ini, yang berarti salah satu bentuk perilaku menyimpang, yang mana “Bebas” maksudnya adalah melewati batas – batas norma ketimuran seperti orang luar yang ada.

 

b. Deskripsi Teks

Pergaulan bebas mempunyai dampak negatif yaitu seperti berteman dengan orang – orang yang kurang memahami norma.

Contohnya: Orang yang mabuk – mabukan, merokok, sex bebas, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, ada juga dampak positifnya yaitu mempunyai banyak teman, berbagi beberapa hal dari mulai cara berkomunikasi, cara menghormati, cara mengendalikan diri buat ada di tengah-tengah masyarakat, dan lainnya.

Biasanya, banyak orang – orang Indonesia yang meniru beberapa salam orang barat seperti berciuman, di barat seperti amerika, mereka menganggap berciuman yaitu hal yang wajar.

Tapi, beda halnya kalo di Indonesia apakah bangsa sekarang ini harus mengikuti cara salam orang lain?

Menurut factor – faktor penyebab terjadinya pergaulan bebas yaitu rasa gengsi, nafsu, pengen tahu, broken home, hidup sendiri, faktor keluarga.

Hal-hal tersebut gak punya sopan santun pada siapa aja, bahkan kepada orang tua mereka.

Biasanya, pergaulan bebas berasal dari anak – anak yang melihat saluran televisi yang gak baik, apalagi sekarang yaitu jaman modern remaja.

Banyak sekali dan juga dengan mudahnya membuka situs – situs yang berbau pornografi, yang akan memacu kenafsuan remaja saat ini buat melakukan yang tidak – tidak.

 

c. Penegasan Ulang

Sebaiknya, para orang tua harus mengawasi dan juga mendidik anaknya supaya gak masuk ke jalan yang salah dan pilihlah tontonan yang mendidik serta pakai internet sebaik mungkin, bukan buat menonton yang tidak – tidak kalo belum cukup umur.

Dan, buat orang tua harus selalu bercanda atau berdiskusi setiap malam atau saat hari libur, supaya anaknya mendapat bimbingan yang bermanfaat.

 

2. Smartphone

Smartphone

a. Orientasi

Smartphone merupakan sebuah alat komunikasi yang canggih, alat ini gak cuma dipakai buat berkomunikasi, tapi juga dipakai buat mengakses aplikasi – aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan, aktivitas, dan lain sebagainya.

 

b. Evaluasi

Canggihnya smartphone, membuat para remaja juga turut adil buat memakainya, menurut mereka smartphone adalah kehidupan mereka.

Alat canggih ini udah seakan – akan gak akan bisa hilang dari kehidupan mereka.

 

c. Tafsiran

Tapi, banyak orang tua yang gak setuju anaknya memakai smartphone, dengan alasan smartphone belum terlalu penting buat anak remajanya.

Selain itu, smartphone dianggap membawa dampak negatif buat remaja, karena smartphone bisa dipakai buat melihat situs – situs dewasa.

Ada juga orang tua yang setuju anaknya memakai smartphone, dengan adanya smartphone bisa dipakai buat mengakses aplikasi atau web yang berbau pembelajaran.

Sedangkan, dampak positif lain dari smartphone bisa dipakai buat mencari teman – teman lama dan juga berkomunikasi jarak jauh.


Gimana nih, penjelasan mengenai materi Teks Tanggapan Kritis? Udah pahamkan? Semoga bisa membantu dan juga bermanfaat 😀

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 18 April 2020 - Published : 19 April 2020

       

Tinggalkan komentar