Teks Iklan

Hampir setiap hari kita menemui berbagai iklan yang menawarkan barang atau jasa yang ditawarkan melalui berbagai media seperti televisi, radio, internet, koran, atau media lain.

Yang mempunyai tujuan supaya orang lain membeli atau menikmati barang atau jasa.

Tapi sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan teks iklan itu? Ingin tahu? Hayuk simak langsung ulasannya berikut ini!


Pengertian Teks Iklan

Pengertian Teks Iklan

Apa itu teks Iklan?

Teks Iklan yaitu salah satu media promosi yang sangat efektif buat mempromosikan barang atau jasa pada masyarakat yang dibuat se-menarik mungkin dengan tujuan agar masyarakat tertarik mengenali, membeli, atau menikmati barang atau jasa tersebut.

Iklan bisa disampaikan melalui media cetak seperti (koran, majalah, dll), ataupun elektronik seperti (radio, internet, televisi, dll).

Iklan juga bisa ditemui dalam bentuk brosur, spanduk, dan poster. Dengan tujuan, buat menarik perhatian masyarakat, jadi teks iklan adalah persuasif.

Persaingan di bidang iklan memang semakin tajam sejak adanya televisi.

Baca juga : Teks Deskripsi

Tapi, media cetak tetap mempunyai pasar tersendiri dan tetap jadi target produsen dalam mengiklankan produknya.

Iklan gak selamanya mengenai hal komersil, bisa juga berisi tentang layanan masyarakat yang dibuat oleh instansi pemerintah atau swasta buat mendukung program yang dilaksanakan.


Fungsi Teks Iklan

Fungsi Teks Iklan

Berikut ini, ada beberapa fungsi penting dari sebuah teks iklan, diantaranya yaitu:

1. Sebagai Sebuah Informasi

Fungsi iklan sebagai sebuah informasi yaitu buat bisa menyampaikan informasi suatu produk baru, ciri-ciri dari produk dan lain sebagainya.

2. Sebagai Persuasi

Fungsi iklan sebagai persuasi adalah buat mengarahkan para masyarakat (konsumen) buat membeli produk yang di iklankan tersebut.

3. Sebagai Reminder

Fungsi iklan sebagai reminder yaitu suatu iklan bisa mengingatkan para masyarakat (konsumen) tentang produk-produk tertentu, supaya bisa memakai selalu produk-produk yang di iklankan tersebut.


Ciri-Ciri Iklan

Ciri-Ciri Iklan

Berikut dibawah ini, ada beberapa ciri-ciri dari sebuah iklan yang baik dan benar, yaitu:

  1. Mempunyai sasaran yang jelas dengan menentukan target konsumen. Lalu, menentukan media pasang iklan dan penetapan target konsumen tergantung pada harga, distribusi, kualitas.
  2. Mempunyai fokus atau hal yang ingin diberitahu dari produk dan jasa yang diiklankan.
  3. Mempunyai daya tarik tertentu jadi konsumen yang dibidik bisa berhenti dan memperhatikan isi iklan. Selain kata-kata yang memikat, daya tarik iklan bisa timbul karena desain yang menarik.
  4. Sajikan iklan dengan sebagus dan semenarik mungkin.
  5. Komunikasi iklan mempunyai 4 unsur utama, yaitu:
    • Media komunikasi tempat iklan disajikan. Biasanya di media sosial, media cetak, dan lainnya.
    • Penerima iklan konsumen yang dibidik produk barang atau jasa kit.
    • Pengirim iklan yaitu produksen atau dalam bisnis periklanan bisa diwakili oleh biro iklan.
    • Isi iklan dalam iklan headline gak lebih dari 10 kata dan diharapkan konsumen bisa dapat banyak informasi tentang produk dan jasa.
  6. Pilih slogan yang padat, tapi berisi yang merupakan headline dari produk atau jasa kit.

Syarat Teks Iklan

Syarat Teks Iklan

Syarat teks iklan yang baik dan benar ini dibedakan menjadi 2, diantaranya yaitu:

1. Ditinjau dari isinya, teks iklan harus seperti:

  • Harus objektif dan jujur.
  • Singkat, padat, jelas dan mudah dipahami.
  • Gak menyinggung pihak yang lain.
  • Menarik perhatian orang banyak.

2. Ditinjau dari bahasanya, teks iklan harus seperti:

  • Menggunakan kata yang tepat, menarik, logis, dan sopan.
  • Ungkapan yang dipakai memikat dan mempunyai daya sugesti bagi khalayak.
  • Bahasanya disusun buat menonjolkan informasi yang dipentingkan.
  • Teks iklan harus menuju pada sasaran.

Struktur Teks Iklan

Struktur Teks Iklan

Nah, untuk membuat suatu iklan yang baik dan benar, maka diperlukan dan perhatikan 3 struktur teks iklan seperti berikut ini:

1. Judul

Judul yaitu bagian yang diletakkan pada bagian paling atas dan dilihat pertama kali oleh orang, tapi gak semua iklan mencantumkan judul.

2. Nama Produk atau Jasa

Nama jasa atau produk adalah bagian yang berisi tentang nama produk atau jasa yang akan kalian tawarkan kepada konsumen.

3. Deskripsi

Deskripsi yaitu bagian yang menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan pada masyarakat, ditulis dengan menarik dan cara mendapat produk tersebut, dan alamat atau nomor yang bisa dihubungi.


Jenis Teks Iklan

Jenis Teks Iklan

Ada banyak sekali jenis-jenis teks iklan, seperti diantaranya yaitu berikut ini:

  • Iklan Pengumuman yaitu iklan dengan tujuan buat memberitahu pada masyarakat tentang hal penting seperti kelahiran, ulangtahun, dan lainnya.
  • Iklan Undangan yaitu iklan ajakan buat mengikuti acara tertentu, contohnya pernikahan.
  • Iklan Layanan Masyarakat yaitu iklan yang menjelaskan kepada masyarakat tentang program pemerintah atau swasta. Contohnya program Keluarga Berencana, Anti-Narkoba, dan lainnya.
  • Iklan Permintaan contohnya seperti iklan lowongan pekerjaan.
  • Iklan Penawaran yaitu iklan yang berisi promosi produk barang atau jasa.
  • Iklan Artikel yaitu uraian iklan panjang tentang suatu hal seperti kelebihan dan keunggulan produk atau jasa.

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

1. Menggunakan Slogan

Slogan adalah kalimat yang mudah diingat, menarik, dan mencolok.

Slogan biasanya berupa susunan kata tertentu yang memberi penjelasan secara singkat terhadap suatu produk atau jasa jadi mudah diingat.

Baca juga : Contoh Slogan

Supaya teks iklan bisa diingat baik oleh orang-orang yang melihat atau mendengarnya, akan lebih baiknya menyertakan slogan di iklan sebagai ciri atau pembeda dari iklan yang lain jadi iklan terlihat lebih unik.

Contoh slogan komersil seperti:

  • Lebih baik mencegah, daripada mengobati.
  • Sholat lah kalian, sebelum kalian disholatkan.
  • Matikan rokok, sebelum rokok mematikan Anda.

2. Menggunakan Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif yaitu kalimat yang mempunyai tujuan buat meyakinkan dan membujuk pembacanya supaya melakukan atau menerima gagasan penulis pada suatu hal.

Ada beberapa kalimat persuasif yang ada pada iklan produk tersebut, diantaranya yaitu murah, cepat dan handal.

Sebuah iklan akan sangat efektif apabila kalimat yang dipakai bisa membujuk atau membuat orang tertarik buat membeli atau menikmati produk yang ditawarkan.

Untuk pembuatan sebuah iklan yang bagus, kamu perlu memperhatikan hal berikut:
  • Hindari kata seperti “top, gratis, paling, nomor satu, dan awalan ter”.
  • Iklan bisa berupa kalimat seperti “kalimat seruan, kalimat persilaan, berita, kalimat ajakan, perintah,  dan kalimat larangan”
Pahami berbagai kalimat berikut untuk membuat teks iklan yang baik, yaitu:
  • Kalimat Persilaan yaitu kalimat perintah yang halus, contohnya “silahkan beli di…
  • Kalimat Perintah biasanya di tandai dengan partikel “lah“, contohnya “belilah produk murah ini
  • Kalimat Ajakan biasanya ditandai dengan kata “mohon, tolong, ayo“, contohnya “mohon perhatikan label nya
  • Kalimat Seruan yaitu ungkapan yang mendadak, contohnya : “wah….
  • Kalimat Larangan yaitu kalimat yang melarang, umumnya kata yang sering muncul “jangan!

3. Menggunakan Subjek Orang Pertama

Biasanya, teks iklan akan menggunakan subjek orang pertama atau tunggal atau jamak Seperti aku, saya, dan kami, buat mengganti instansi pemasang iklan.

Subjek yang digunakan di teks iklan itu adalah subjek orang pertama jamak, yaitu “kami”.


Contoh Teks Iklan

1. Contoh Iklan Kolom

Contoh Iklan Kolom

Berbeda dengan iklan baris yang mendatar dan terbatas, iklan kolom tampil secara memanjang dan luas (bisa sampai 1 halaman).

Gak cuma tulisan, biasanya iklan kolom menyertakan konten lain seperti gambar atau foto.

Maka, iklan kolom pada umumnya dimanfaatkan buat menjual kendaraan dan ucapan duka cita yang biasanya memakai potret atau grafis lainnya.

2. Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Gak seperti iklan lainnya yang bersifat komersil, iklan layanan masyarakat justru dibuat untuk menyampaikan informasi penting.

Contohnya program keluarga berencana, penanggulangan bencana, sampah, go green, dan pencegahan narkoba.

Iklan ini akan sering kamu temukan di rumah sakit, puskesmas, dan fasilitas publik lainnya;

Contoh Iklan layanan masyarakat juga biasa dibuat dalam bentuk video atau grafis dengan beberapa keunikan tertentu agar mudah diingat penonton.

Hasil dari iklan jenis ini diharapkan dapat menggugah hati penonton terhadap isu yang dibahas dalam video tersebut.

Contoh Teks Kalimat Iklan Layanan Masyarakat, seperti:

  • Mari Hemat Listrik
    Nyalakan Secukupnya, Matikan Selebihnya. (Iklan Layanan PLN)
  • Berhenti Merokok dan Jangan Memulainya
    1 Kenikmatan Rokok = 1000 Bahaya (Iklan Layanan Kesehatan)
  • Global Warming Mengancam Keselamatan planet bumi!!
    Jika Anda Mencintai Planet Ini
    Jika Anda Mencintai Anak Cucu Anda
    Bertindaklah Sekarang Juga
    AYO..!! MENANAM POHON (Iklan Layanan Lingkungan)

Gimana tuh, pembahasan mengenai teks iklan tersebut? Mudah dipahami kan?

Kalo ada yang kurang dari pembahasan diatas atau ada pertanyaan, bisa langsung aja tulis di kolom komentar yak! Semoga bermanfaat 😀

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 1 September 2020 - Published : 18 Agustus 2020

       

Tinggalkan komentar