Sumber Daya Tambang

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Mulai dari sumber daya alam hutan, sumber daya alam laut, dan sumber daya tambang.

Nah, pada artikel ini kita fokuskan menganai sumber daya tambang di Indonesia. Persebaran tambang di Indonesia bisa dibilang cukup merata, hal ini dikarenakan kondisi geografis Indonesia yang berada di Ring of Fire.

Berikut adalah potensi sumber daya tambang yang ada di Indonesia:

1. Batu Bara

sumber daya tambang batubara

Batu bara merupakan salah satu bahan bakar fosil yang berasal dari endapan organik, utamanya adalah sisa-sia tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan.

Untuk tambang batu bara di Indonesia bisa kita temui di wilayah Pulau Sumatra serta di Pulau Kalimantan.

Pada tahun 2016, Indonesia telah menghasilkan sekitar 400 juta ton batubara dan menempatkan Indonesia di posisi 5 sebagai produsen batu bara terbesar di dunia.

2. Emas

potensi sumber daya tambang emas

Emas merupakan salah satu jenis logam mulia yang biasanya dijadikan sebagai bahan baku pembuatan perhiasan. Selain sebagai bahan baku pembuatan perhiasan, emas juga biasa digunakan sebagai alat investasi.

Salah satu tambang emas terbesar di Indonesia berada di pulau Papua yaitu PT Freepot. Adapun wilayah lain yang menjadi penghasil emas adalah Meuleboh (Aceh), Bengkalis (Sumatra), Logas (Riau), dan Cikotok (Jawa Barat).

3. Minyak Bumi

sumber daya tambang minyak bumi

Minyak bumi merupakan sumber daya tambang yang saat ini ketersediaannya sudah mulai langka. Hal ini disebabkan karena proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang sangat lama sedangkan untuk penggunaannya selalu meningkat setiap tahunnya.

Minyak bumi juga sering disebut dengan emas hitam.

Adapun wilayah penghasil minyak bumi di Indonesia antara lain Cilacap, Majalengka, Muara Enim, Lhoksumawe, Amuntai dan Sorong.

4. Tembaga

sumber daya tambang tembaga

Tembaga adalah salah satu logam yang paling sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan kabel. Hal ini dikarenakan tembaga merupakan konduktor panas dan listrik yang baik.

Untuk persebaran tambang tembaga bisa ditemui di Papua, Ciikotok dan Tirtamajaya.

5. Intan

potensi sumber daya tambang intan

Intan atau berlian adalah benda mineral yang secara kimia merupakan bentuk kristal dari karbon.

Yang menjadikan intan istimewa adalah kekerasannya mencapai tingkat kekeran tertinggi dan kemampuan untuk mendispersikan cahaya.

Biasanya intan digunakan sebagai tambahan untuk mempercantik sebuah perhiasan.

Beberapa wilayah penghasil intan di Indonesia antara lain Martapura di Pulau Kalimantan.

6. Bauksit

sumber daya tambang bauksit

Bauksit merupakan biji utama dari alumunium dan biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan badan pesawat.

Perlu kalian ketahui juga, Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor bauksit ke luar negri seperti Jepang.

Pertambangan bauksit di Indonesia bisa ditemui di Pulau Bintang dan Pulau Koyang.

7. Nikel

Nikel merupakan salah satu jenis logam yang mempunyai sifat tahan karat dan ketika masih dalam keadaan murni nikel bersifat lembek. Namun ketika sudah di padukan dengan besi, krom dan logam lainnya dapat membentuk baja yang tahan karat.

Adapun daerah-daerah penghasil yang menghasilkan nikel di Indonesia adalah Bengkalis, Cikotok, Rejang Lebong, dan Logas.

8. Marmer

sumber daya tambang marmer

Marmer merupakan batuan yang terbentuk dari proses malihan batu gamping atau batu kapur.Biasanya marmer murni memiliki warna putih dan terususun oleh mineral kalsit.

Biasanya marmer dimanfaatkan untuk pembuatan lantai, meja, jendela, patung, dan lain sebagainya.

Pertambangan batu marmer bisa kita temui di wilayah Tulungagung, Lampung dan Makasar.

9. Belerang

sumber daya tambang belerang

Belerang atau sulfur merupakan sebuah zat padat kristalin kuning yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit.

Selain bermanfaat bagi kulit, belerang juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan fungisida, insektisida, korek api, dan bubuk mesiu.

Untuk wilayah penghasil belerang di Indonesia bisa ditemui di Gunung Welirang, Gunung Ijen di Jawa Timur dan Gunung Patuha di Jawa Barat.

10. Timah

sumber daya tambang timah

Timah masuk kedalam jenis logam miskin namun tidak mudah untuk teroksidasi (tidak mudah berkarat). Hal ini menjadikan timah sebagai bahan campuran logam lainnya agar tidak mudah berkarat.

Sumber daya tambang timah bisa kita temui di wilayah Sungai Liat (Pulau Bangka), Manggara (Pulau Belitung), dan Pulau Karimun.

Demikian adalah pembahasan mengenai potensi sumber daya tambang di Indonesia. Semoga informasi di atas memberikan wawasan baru bagi kalian semua.

Daftar Pustaka

Endarto, Danang. Sarwono, dan Singgih. 2009. Geografi 2 Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Grahadi.

Sindhu, Yasinto. Geografi Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Penerbit Erlangga

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 1 Average: 1]
Avatar
Titan Hermawan

Mahasiswa pendidikan ekonomi yang ahli mata pelajaran Geografi tingkat SMA dan pernah ditunjuk untuk mengikuti OSN Geografi

Update : 23 Oktober 2020 - Published : 23 Oktober 2020