Puasa Syaban

Bulan Syaban adalah bulan mulia sebelum kita memasuki bulan yang Agung lagi mulia yaitu bulan Ramadhan.

Bulan syaban ini adalah bulan kedelapan dalam tatanan bulan hijriyah, yang sering dilalaikan oleh banyak orang, karena berada diantara dua bulan agung yaitu bulan Rajab dan Ramadhan.

Padahal jika kita membaca lebih banyak, ternyata bulan syaban ini juga memiliki banyak keistimewaan yang tak kalah dengan bulan lainnya. Bahkan Nabi shallallahu alaihi wa sallam memperbanyak puasa dibulan ini.


Keutamaan Puasa Syaban

1. Nabi Memperbanyak Puasa di Bulan ini

Diantara banyak hal yang dilakukan oleh nabi Shallallahu alaihi wa sallam ketika berada dibulan syaban adalah memperbanyak puasa.

Hal ini dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh istrinnya Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan :

“….Dan saya tidak pernah melihat Nabi shallallahu alaihi wa sallam berpuasa sebulan penuh kecuali dibulan Ramadhan, saya juga tidak melihat beliau berpuasa yang lebih sering ketika dibulan Sya’ban.”

HR. Bukhari & Muslim

2. Mempersiapkan diri Sebelum Puasa Ramadhan

Bulan syaban adalah bulan yang dekat dengan Bulan Ramadhan, di bulan ini banyak hadist yang mengatakan bahwa nabi banyak berpuasa dibulan ini.

Selain mengikuti sunnah Rasulullah yang berpuasa dibulan syaban ini, kita juga bisa mempersiapkan diri sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Apabila mungkin kita memiliki hutang puasa Ramadhan di tahun sebelumnya, dan belum sempat untuk mengganti, maka bulan syaban adalah bulan yang pass untuk mengganti puasa Ramadhan sebelumnnya.

Puasa syaban juga dapat melatih diri kita, sehingga nanti ketika memasuki bulan Ramadhan, dan kita melaksanakan puasa Ramadhan diri kita sudah terbiasa dan semakin semangat dalam menjalankan ibadah dibulan Ramadhan.


Niat Puasa Syaban

Niat puasa syaban ini sama halnya dengan niat puasa yang lain, boleh dilafadzkan atau tidak, itu terserah kita.

Apabila kita sudah berniat didalam hati maka itu sudah cukup.

Bacaan Niat Puasa Syaban Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Puasa Syaban Latin

Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’I sunnati Sya’bana lillahi ta’ala.

Arti Bacaan Niat Puasa Syaban

Aku berniat puasa sunnah sya’ban hari ini karena Allah ta’ala.


Amalan Keliru di Bulan Syaban

Bulan syaban adalah bulan tempatnya manusia banyak yang lalai, dimana pada bulan ini banyak manusia yang hanyut dalam kestimewaan bulan Rajab dan juga sedang menanti datangnya bulan Ramadhan.

Sehingga menganggap bulan ini tidak ada keutamaannya sama sekali, dan bahkan ada sebagian orang yang melakukan amalan amalan keliru dibulan syaban, contohnya adalah :

1. Tahlilan Khusus di Bulan Syaban

Perihal tahlilan ada perbedaan pendapat dikalangan guru kita, yang keliru disini adalah yang mengkhususkan tahlilan atau yasinan untuk mendoakan saudara yang sudah meninggal dibulan syaban.

Atau bagi orang jawa dikenal sebagai “Rawuhan” berasal dari kata Arwah sehingga bulan syaban di identikan dengan bulan kematian.

2. Mengkhususkan Malam Nishfu Syaban

Malam Nishfu syaban adalah malam yang dianggap mulia bagi sebagian orang, padahala banyak kritikan dikalangan para ulama yang menkhusukan malam nishfu syaban ini, diantarannya :

  1. Tidak ada dalil shahih, atau dalil yang menjelaskan malam nifshu syaban ini diambil dari hadist maudhu atau palsu.
  2. Nabi Shallalahu alaihi wa sallam Tidak pernah mengkhususkan malam nisfhu syaban.
  3. Malam Nisfhu syaban sama seperti malam malam yang lainnya.

3. Mengkhususkan Ziarah Kubur

Melakukan ziarah kubur juga terdapat perbedaan pendapat mengenai hal ini, namun yang salah adalah yang mengkhususkan ziarah kubur khusus dibulan syaban karena akan masuk kebulan Ramadhan.

Sehingga banyak orang yang ziarah kubur dibulan syaban ini.

Bulan syaban adalah bulan dimana kita harus semakin semangat dalam beramal, meskipun mungkin kita telah banyak beramal dibulan Rajab.

Maka dibulan Syaban ini kita harus lebih memperbanyak amalan kita, terutama Puasa sebagaimana Rasulullah memperbanyak puasannya dibulan ini.

Sehingga ketika memasuki bulan Ramadhan, diri kita sudah terbiasa dan semangat dalam beramal dibulan Ramadhan.


Daftar Pustaka :

  1. Rumaysho.com, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, “Amalan Keliru di Bulan Sya’ban”
  2. Rumaysho.com, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, “Hikmah di Balik Puasa Syaban
  3. Almanhaj.or.id, Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin , “Ada Apa dengan Bulan Sya’ban”

Avatar
Riki Ramdhani

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Founder salah satu program kemanusiaan terbaik di Purwokerto, Musharaka Project.

Update : 28 Juli 2020 - Published : 28 Juli 2020

       

Tinggalkan komentar