Pidato Persuasif

Pidato menjadi salah satu kegiatan yang biasa ditemukan dalam pelajaran berbahasa. 

Pidato dilakukan dengan membawakan suatu topik tentang hal atau peristiwa yang penting diperbincangkan pada khalayak ramai.

Pidato memiliki jenis yang sangat banyak. Nah, salah satunya adalah pidato persuasif.

Pidato persuasif ini, jadi pidato yang berisikan ajakan atau meyakinkan para pendengarnya buat tergerak melakukan sesuatu yang sesuai dengan topiknya.

Ingin tahu lebih jelas? Makanya, simak ulasannya dibawah ini yuk!


 

 

Pengertian Pidato Persuasif

Pengertian Pidato Persuasif

Apa sih, yang dimaksud dengan pidato persuasif itu? Jadi, pidato persuasif adalah

Pidato yang dipakai buat meyakinkan audiensi atau pendengar, supaya percaya sampai mau melakukan sesuatu dalam suatu topik tertentu.

Persuasi sendiri, merupakan bagian dari eksposisi.

Eksposisi ini digunakan buat meyakinkan pendengar atau pembaca dengan menyajikan argumen dari satu sudut pandang yang dibuktikan kebenarannya.

Makanya, isi dari teks pidato persuasif yang disampaikan harus berlandaskan pada argumentasi yang logis, masuk akal, nalar, dan bisa dipertanggungjawabkan.

Pidato persuasif punya sifat yang sama dengan pengertiannya, yaitu mengajak, mempengaruhi dan menghimbau pendengarnya but melakukan hal yang dianggap bermanfaat buat kepentingan mereka bersama.


 

 

Tujuan Pidato Persuasif

Tujuan Pidato Persuasif

Pidato persuasif ini, tujuannya buat membentuk opini atau tanggapan, menguatkan opini dan tanggapan, dan mengubah tanggapan dan opini yang udah lama ada.

Selain itu, ada juga beberapa tujuan utama dari pidato persuasif, diantaranya yaitu:

  • Mempunyai topik yang udah dikuasai sehingga mampu menguraikannya
  • Menambah kecakapan dalam berpidato.
  • Mempunyai tujuan dari apa yang disampaikan.
  • Menambah pengetahuan baru.
  • Mempunyai topik yang terjalin dari hubungan yang harmonis.

 

 

Ciri-Ciri Pidato Persuasif

Ciri-Ciri Pidato Persuasif

Berikut dibawah ini, ada beberapa ciri-ciri atau karakteristik dari pidato persuasif, diantaranya yaitu:

  • Menggunakan kalimat-kalimat yang bersifat membangun.
  • Bersifat perintah, ajakan, atau rekomendasi mengenai suatu hal yang perlu dilakukan.
  • Menyertakan topik permasalahan yang akan dibahas dan dijelaskan.

 

 

Struktur Pidato Persuasif

Struktur Pidato Persuasif

Pidato persuasif ini juga memiliki struktur yang membentuk, karena pidato persuasif termasuk kedalam teks eksposisi.

Nah, berikut dibawah ini ada beberapa struktur dari pidato persuasif, diantaranya adalah:

1. Pernyataan Posisi

Yaitu pendapat atau pendirian yang digunakan penulis buat mengulas suatu persoalan.

Contohnya:

  • Apa posisi pelaku pidato terhadap suatu persoalan?
  • Apakah menjadi korban, ahli, atau cuma seseorang yang peduli terhadap persoalan itu?

Untuk membuat pernyataan posisi yang kuat, kamu bisa mempertanyakan beberapa poin di bawah ini:

  • Siapa yang akan diyakinkan?
  • Apa yang akan diyakinkan? (mengubah pandangan? sikap? perilaku?)
  • Jenis argumen apa yang akan menarik perhatian mereka? (saat akan jauh lebih berpengaruh pada kaum tertentu di masyarakat, sedangkan buat kalangan akademik harus lebih logis dan realistis).
  • Apakah pernyataan sudah menyatakan posisi dengan jelas?

 

2. Tahap Argumen

Argumen yang dibuat harus diterangkan secara logis dan dibuktikan dengan alasan.

Contohnya: Bukti pakar, dan data atau informasi statistik yang kuat.

 

3. Penguatan Pernyataan Posisi

Pada bagian ini, letak argumen ditonjolkan. Simpulan posisi berdasarkan argumen yang udah disajikan memperkuat posisi.

Tahapannya mencakup seperti dibawah ini:

  • Memperkuat pernyataan posisi dan menekankan pikiran utama dengan penggunaan suara, nada tinggi-rendah, mimik, bahasa tubuh, dan gestur yang sesuai dengan argumen.
  • Argumen dikembangkan secara logis dan didukung oleh bukti-bukti, tidak hanya berdasarkan emosi dan intuisi.
  • Tabel, gambar, diagram atau foto bukti dari data sumber bisa dipakai buat menghasilkan pernyataan yang lebih kuat.

 

 

Kaidah Kebahasaan Pidato Persuasif

Kaidah Kebahasaan Pidato Persuasif

Berikut dibawah ini, ada beberapa kaidah kebahasaan dari pidato persuasif yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Menggunakan nominalisasi
  • Menggunakan kalimat pasif
  • Menggunakan pronomina
  • Menggunakan istilah khusus sesuai dengan topik yang dibahas
  • Menggunakan sinonim
  • Menggunakan kata benda abstrak
  • Menggunakan kata emotif
  • Menggunakan konjungsi sebab-akibat
  • Menggunakan kata keterangan modalitas.

 

 

Langkah Menyusun Pidato Persuasif

Langkah Menyusun Pidato Persuasif

Ada beberapa langkah-langkah dalam menyusun teks pidato persuasif yang baik dan benar, diantaranya yaitu:

1. Menentukan Topik

Pertama, yang harus kamu lakukan untuk membuat sebuah teks pidato persuasif adalah menentukan topik yang ingin disampaikan.

Selain itu, kamu juga harus mempelajari topik yang akan kamu bahas nantinya.

Lalu, lakukan riset dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang topik tersebut. Dan, pastikan kamu menggunakan referensi dari sumber yang terpercaya.

Contohnya seperti:

  • Koran atau Majalah
  • Wawancara
  • Internet
  • Buku
  • Dan lain sebagainya.

 

2. Tentukan Tujuan Pidato

Selanjutnya, kamu harus tentukan apa yang ingin kamu capai dari pidato persuasif yang kamu buat.

Pidato yang kamu buat harus bisa merefleksikan apa yang kamu harapkan dari para audiens atau pendengar.

  • Apakah kamu ingin para audiens melakukan suatu kegiatan?
  • Apakah kamu ingin para audiens merubah perilaku?
  • Dan sebagainya.

Dengan mengetahui tujuan, maka isi pidato yang kamu buat bisa lebih sesuai dan tidak berantakan.

 

3. Pahami Audiens

Selain menentukan tujuan, kamu juga harus bisa memahami para audiens sebelum membuat atau menyampaikan pidato.

Setidaknya, kamu harus bisa memahami beberapa hal seperti dibawah ini:

  • Siapakah audiens kamu nanti?
  • Bagaimana latar belakang mereka?
  • Berapa rentang usia mereka?

Dengan begitu, kamu bisa merancang pidato yang isinya bisa dipahami dengan mudah oleh para audiens dan tujuan dari pidato bisa terlaksana.

 

4. Tentukan Pokok Argumentasi

Selanjutnya, tentukanlah pokok-pokok argumentasi yang ingin disampaikan dalam pidato tersebut.

Kamu bisa menyampaikan 3-4 pokok argumentasi atau lebih, tergantung dari durasi pidato yang ingin dilakukan.

Ingat! Pastikan kamu menyampaikan argumentasi yang logis, jelas, dan bisa dipertanggungjawabkan.

 

5. Mengembangkan Naskah Pidato

Nah, setelah melakukan beberapa langkah diatas, kamu udah bisa memulai untuk menuliskan naskah pidato persuasif.

Kamu bisa mengembangkan naskah pidato sesuai dengan struktur pidato persuasif dan poin-poin penting yang kamu dapatkan dari langkah sebelumnya.

 

6. Latihan Menyampaikan Pidato

Setelah naskah pidato selesai dibuat, jangan lupa untuk menelitinya lagi.

Kalo kamu sudah yakin, kamu bisa langsung berlatih untuk menyampaikan pidato yang kamu buat tersebut.


 

 

Contoh Pidato Persuasif

Contoh Pidato Persuasif

Supaya kamu lebih paham lagi mengenai pidato persuasif ini, aku akan memberikan beberapa contoh pidato persuasi dibawah ini:

1. Pidato Persuasif Tentang Pendidikan

A. Pembukaan

Garda terdepan kemajuan suatu bangsa adalah pendidikan. Pendidikan tidak akan pernah lepas dari kunci sukses dari segala segi kehidupan.

Maka dari itu, izinkan saya untuk menggalangkan semangat pendidikan dalam kesempatan kali ini.

 

B. Isi

  • Pernyataan Posisi

Pendidikan adalah bidang yang sedang kita tempuh bersama-sama saat ini. Baik sebagai peserta didik maupun sebaga penyelenggara pendidikan.

Kita semua adalah sama di mata pendidikan, kita semua padu dalam ekosistem pendidikan sepanjang hayat.

Artinya, sampai kapanpun dan dimanapun kita semua harus menjadi penggerak pendidikan baik dalam skala kecil maupun besar.

  • Tahap Argumen

Pentingnya pendidikan dalam kehidupan bangsa bersandar pada kenyataan bahwa perkembangan sumber daya manusia merupakan faktor terbesar dalam kesuksesan sistem masyarakat.

Baik dalam sektor ekonomi, sosial, politik, budaya dan sektor-sektor utama lainnya.

Masyarakat yang berpendidikan akan membawa kita pada kehidupan yang lebih baik. Contoh nyatanya dapat dilihat pada Jepang.

Bagaimana negara tersebut dapat berdiri kembali dengan cepat setelah kehancurannya ketika bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki.

Sektor pendidikan adalah salah satu hal utama yang mereka perhatikan pasca bencana kemanusiaan tersebut.

Alhasil meskipun mereka kalah dalam perang dunia kedua mereka berhasil menjadi salah satu negara dengan perekonomian terkuat di dunia.

Hal tersebut dapat ditelusuri ke salah satu artikel yang diterbitkan oleh Britannica salah satu lembaga pendidikan dunia yang menyatakan bahwa pasca kekalahannya dalam perang dunia ke-2 telah terjadi reformasi dan pengembangan besar-besaran dalam sistem pendidikan Jepang.

  • Penguatan Pernyataan Posisi

Dengan potongan kecil contoh tersebut saya kira sudah cukup untuk menjadi argumen kuat ihwal pentingnya pendidikan.

Segala segi kehidupan di dunia ini tidak pernah lepas dari kemajuan pendidikannya pula.

Bukan hanya dari segi ilmu pengetahuannya saja, tapi dari pendidikan karakter dan kemajuan mental masyarakat pula.

 

C. Penutup

Kiranya sudah cukup jelas apa yang saya sampaikan kali ini. Mari kita bersama-sama terus mengingat dan mewujudkan pendidikan yang baik dan mendidik di Indonesia. Sekian dan terima kasih.

 

2. Pidato Persuasif Tentang Lingkungan

A. Pembukaan

Lingkungan merupakan pijakan utama kita dalam melakukan semua aktivitas kehidupan di dunia. Tanpa lingkungan yang menunjang dan memadai maka kehidupan kita tidak akan berjalan dengan baik pula.

Lingkungan yang baik akan memberikan dampak yang baik pula dalam kehidupan kita sebagai makhluk penghuni yang bahkan tidak akan bertahan hidup tanpanya.

 

B. Isi

  • Pernyataan Posisi

Maka dari itu menjaganya adalah hal yang harus kita lakukan. Senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sembari menggunakannya akan memberikan timbal balik yang sepadan juga bagi kita.

Sebaliknya jika kita hanya meninggali lingkungan ini dan mengabaikan kebersihannya, malapetaka adalah balasannya.

  • Tahap Argumen

Saya kira semuanya pasti sepakat bahwa kebersihan selalu identik dengan kesehatan. Oleh karena itu manfaat menjaga lingkungan yang pertama adalah menjaga kesehatan kita. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Menjaga kebersihan diri sendiri saja tidak cukup. Lingkungan tidak bersih dapat menjadi sarang bagi berbagai pembawa penyakit. Berbagai mikroba berbahaya dapat hidup di lingkungan yang tidak bersih, termasuk virus.

Selain kesehatan fisik, menjaga lingkungan yang bersih juga dapat menjaga kesehatan mental kita.

Menurut American Heart Association menghabiskan waktu pada lingkungan bersih yang terbuka dan hijau mampu membantu menurunkan tingkat kecemasan dan depresi.

Kemudian lingkungan yang bersih juga membuat kita jauh lebih nyaman untuk ditinggali. Semuanya pasti menyadari hal ini.

Lingkungan yang bersih membuat kita lebih nyaman untuk tinggal dalam waktu yang lebih lama yang pada akhirnya akan membantu berbagai kegiatan yang kita lakukan menjadi jauh lebih lancar.

  • Penguatan Penyataan Posisi

Sekali lagi saya tekankan, bahwa menjaga kebersihan lingkungan adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan oleh kita semua.

Bisa jadi kita tidak langsung mendapatkan dampak negatifnya. Tetapi orang lain yang merupakan sesama manusia dengan Anda membayar akibatnya.

Tanpa menjaga kebersihan lingkungan sungai banjir akan melanda orang-orang yang dekat dengan sungai. Sampah plastik berujung mengotori lautan.

Ya, sampah plastik jika tidak diolah dengan benar akan berujung ke lautan dan yang paling dirugikan adalah orang-orang yang berada di sana.

Bahkan, menurut data yang dihimpun national geographic, jika kita tidak berhenti membuang sampah plastik sembarangan, pada tahun 2040 hampir tiga puluh juta ton persegi sampah plastik akan membanjiri lautan.

 

C. Penutup

Demikian pemaparan dari saya mengenai kebersihan lingkungan.

Semoga pidato singkat ini dapat membakar semangat hadirin sekalian untuk selalu turut menjaga rumah kita semua. Sekian dan terima kasih.

 

3. Pidato Persuasif Tentang Narkoba

A. Pembukaan

Narkoba adalah permasalahan pelik di Indonesia bahkan dunia. Keberadaannya mengkhawatirkan banyak pihak.

Kondisi para korban yang sudah terlanjur terperosok ke jurang hitamnya juga sangat memprihatinkan. Narkoba udah merusak banyak jiwa muda yang sebetulnya perjalanannya masih panjang.

 

B. Isi

  • Pernyataan Posisi

Tindakan tegas untuk tidak menggubrisnya sama sekali adalah satu-satunya jalan untuk menghindarinya.

Karena sedikit saja berdekatan dengan benda ini, maka kita akan terperosok ke dalam lubang hitam yang akan menyiksa kita secara fisik atau psikis.

  • Tahap Argumen

Bagaimana tidak, sekali mencoba narkoba maka barang ini akan terus-menerus menghantui kita setiap hari, setiap jam, bahkan setiap detik!

Narkoba merupakan zat adiktif yang artinya tubuh kita akan terus memintanya saat udah mencicipinya.

Bukan berarti tubuh kita benar-benar menginginkannya, tetapi narkobalah yang memanipulasi tubuh kita untuk memintanya.

Tubuh kita akan dibodohi untuk terus memasukan obat berbahaya ini meskipun zat-zat yang terkandung di dalamnya justru menghancurkan tubuh kita.

Gak berhenti di situ aja, narkoba juga akan menyerang kita secara psikis. Artinya, hati kita akan terus dibuat gelisah jika belum mencicipinya.

Kepala kita akan ditutupi oleh kegelapan yang ditimbulkannya. Hingga kita bahkan mampu untuk membentak bahkan menyakiti orang yang kita kasihi.

Berbicara perihal orang yang kita kasihi, maka yang menjadi korban bukan hanya kita sendiri. Melainkan orang-orang terdekat kita yang peduli terhadap kehidupan kita.

Bayangkan perasaan orangtua kamu melihat kamu menderita karena terjebak oleh bahan berbahaya ini.

Mereka tidak akan sanggup melihat kita menderita. Mereka juga akan mendapatkan banyak stigma masyarakat untuk seumur hidup!

  • Penguatan Pernyataan Posisi

Sudah cukup rasanya 3.000.000 orang di Indonesia yang telah terjebak dalam kenikmatan fananya.

Ya, kamu gak salah mendengarnya 3.000.000 orang dan masih terus bertambah telah terjerumus ke lubang hitam benda haram ini berdasarkan data yang dihimpun oleh BNN atau Badan Narkotika Nasional pada tahun 2019.

 

C. Penutup

Oleh karena itu saya nyatakan dengan tegas, tolong jangan dekati benda haram ini! Bukan cuma masalah hukum dan bahkan hukum hanya perantara aja.

Narkoba harus dijauhi karena benda ini benar-benar destruktif, dan akan menghancurkan kehidupan kamu! Terima kasih.


Selamat belajar dan semoga bermanfaat yaa! 😀

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 1 Average: 5]
Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 21 Februari 2021 - Published : 21 Februari 2021