Peta Topografi

Buat kalian yang sering mendaki gunung atau mungkin yang memiliki cita-cita sebagai anggota militer, wajib banget memahamai tentang peta topografi.

Apa itu peta topografi?

Pengertian Peta Topografi

Peta topografi adalah peta yang memberikan gambaran mengenai kondisi bentuk suatu permukaan bumi dengan menggunakan garis kontur.

Garis kontur merupakan kombinasi dari dua segmen garis yang saling berhubungan akan tetapi tidak saling berpotongan.

Peta topografi masuk kedalam jenis peta khusus karena informasi yang diberikan hanya menjelaskan mengenai kenampakan permukaan bumi di wilayah itu saja.

Pada umumnya peta ini digunakan untuk mengetahui kondisi riil dari suatu daerah maka menggunakan skala besar dan menyajikan objek dengan tingkat detail yang tinggi.

Karakteristik Peta Topografi

Karakteristik utama dari peta topografi yaitu:

1. Memiliki Gari Kontur, Interval Kontur, dan Indeks Kontur

Ciri khas dari peta topografi adala terdapat 3 hal di atas yaitu: garis kontur, interval kontur, dan indeks kontur yang berisikan informasi mengenai ketinggian dan relief permukaan bumi.

Namun yang menjadi kendala adalah tidak semua orang bisa mengetahui mengenai informasi yang diberikan oleh 3 hal tersebut.

2. Memiliki Skala Besar

Pada umumnya peta topografi memiliki skala yang besar, hal ini bertujuan agar penggambaran mengenai garis kontur pada peta lebih akurat.

3. Tidak Memiliki Banyak Warna

Peta topografi berbeda dengan peta-peta pada umumnya yang biasanya memiliki warna yang bermacam-macam.

Pada peta topografi biasanya hanya memiliki satu warna dengan garis kontur yang tercetak dengan jelas.

Ini karena peta topografi lebih memfokuskan pada kontur tanah dan ketinggian.

4. Menyajikan Informasi Tentang Ketinggian

Peta topografi adalah peta yang bertujuan utnuk memberikan informasi mengenai ketinggian serta perbedaan ketinggian antar wilayah.

Membaca Peta Topografi

gambar peta topograf
gambar peta topografi (geologi.co.id)

Berdasrkan peta topografi di atas, daerah yang diwarani adalah kontur sebuah gunung, hal ini bisa kita ketahui dari bentuk kontur yang memiliki bundaran kecil di tengah, itu menunjukan puncak gunung tersebut.

Selain itu, kita juga dapat mengetahui seberapa curam dan landainya jalur yang bisa digunakan untuk melakukan pendakian.

Semakin rapat garis kontur maka akan semakin curam, sebaliknya jika semakin lebar jarak antar garis kontur maka akan semakin landai.

Pada umumnya informasi yang terkandung pada peta topografi dibagi menjadi dua bagian, yaitu informasi tentang ketinggian dan infomasi mengenai bentuk relief suatu lokasi.

Manfaat Peta Topografi

1. Memberikan Petunjuk Dalam Pendakian

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika peta ini bisa memberikan petujuk menganai jalu pendakian yang hendak di ambil.

2. Perencanaan Suatu Wilayah

Dalam merencakan suatu wilayah, sangat penting untuk mengetahui kondisi muka bumi di wilayah tersebut.

Informasi dari peta topografi dibutuhkan untuk menentukan lokasi mana saja yang tepat untuk dibangun pemukiman, akses jalan, dll.

3. Kegiatan Militer

Bagi satuan militer sudah hal wajib mampu membaca peta topografi, karena meraka bisa kapan saja dikirim ke medan perang yang mungkin masih sangat asing.

Bisa saja di hutan, gunung, atau daerah yang masih belum banyak informasi mengenai keadaan wilayah tersebut.

Dengan kemapuan seperti ini, diharapkan anggota militer mampu memetakan bagaimana pola penyerangan dan membuat pertahanan yang baik.

Nah demikian adalah pembahasan mengenai peta topografi, semoga informasi di atas membantu kamu dalam memahami materi ini.


Daftar Pustaka

Hartono.2009. Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta. Bandung: CV. Citra Praya.

Utoyo, Bambang. 2007. Geografi:Membuka Cakrawala Dunia untuk SMA dan MA Kelas X. Bandung: Setia Purna.

Avatar
Titan Hermawan

Mahasiswa pendidikan ekonomi yang ahli mata pelajaran Geografi tingkat SMA dan pernah ditunjuk untuk mengikuti OSN Geografi

Update : 14 September 2020 - Published : 25 Juli 2020