Pengertian Hujan

Dunia memang selalu menyimpan banyak sekali misteri, salah satunya adalah hujan.

Hujan adalah peristiwa prespitasi (turunnya air baik dalam bentuk cair ataupun padat ke permukaan bumi) dalam rentang waktu tertentu.

Pada saat terjadi hujan, biasanya akan dibarengi dengan petir dan angin.

Nah, agar lebih jelas mengenai apa itu hujan, di bawah ini telah kami rangkumkan bebrapa pengertian menurut ahli.

Pengertian Hujan Menurut Para Ahli

1. Lakitan

Hujan merupakan unsur fisik lingkungan yang paling beragam baik menurut waktu maupun tempat.

Selain itu hujan merupakan faktor penentu serta faktor pembatas bagi kegiatan pertanian secara umum.

2. BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)

Hujan adalah suatu bentuk presipitasi atau endapan dari cairan atau zat padat yang berasal dari kondensasi yang jatuh dari awan menuju permukaan bumi. Namun tidak semua air hujan mampu sampai ke permukaan bumi, karena sebagian menguap ketika jatuh melalui udara kering.

Proses Terjadinya Hujan

gambar proses terjadinya hujan
gambar proses terjadinya hujan (slideplayer.com)

Taukah kamu, bahwa air hujan sebelum menyentuh ke permukaan bumi mengalami proses yang cukup panjang.

Pertama, hujan terjadi akibat paparan sinar matahari yang menyebebkan air di permukaan bumi menjadi terangkat ke lapisan atmosfer, atau biasa disebut dengan penguapan (evaporasi).

Selanjutnya, hasil dari uap air tersebut mengalami proses kondensasi, dalam tahap ini air yang menguap berubah menjadi butiran embun.

Hal ini diakibatkan oleh adanya perbedaan suhu dilapisan atmosfer. Semakin tinggi suhu udara membuat butiran embun menjadi lebih banyak dan memadat.

Pada tahap ini awan sudah mulai terbentuk, jadi dengan kata lain awan adalah sekumpulan butiran embun yang terbentuk akibat perbedaan suhu.

Semakin banyak awan yang terbentuk dan menyatu menjadi satu, menjadikan awan memiliki banyak titik embun sehingga warna awan berubah menjadi kelabu.

Karena muatan yang terlalu banyak dan awan sudah tidak bisa bertahan di udara, maka embun tadi jatuh ke tanah sebagai hujan.

Manfaat Hujan

Seperti yang kita ketahui, hujan akan membawa air yang pastinya dapat memberikan berbagai macam manfaat untuk kehidupan seperti:

1. Menyediakan Persedian Air

Air merupakan unsur terpenting dalam kehidupan, dengan adanya air semua mahluk hidup bisa terus berkembang.

2. Memperbaiki Kualitas Udara

Kalian pasti merasakan udara akan lebih segar ketika terjadi hujan. Hal ini terjadi karena air hujan menetralkan udara disekitar kita, yang mungkin sudah penuh akan polusi, dan berbagai macam pencemaran udara lainnya.

3. Menyuburkan Tanah dan Tanaman

Dengan adanya hujan yang jatuh ke bumi, menjadikan tanah dan tanaman menjadi lebih subur.

Demikian adalah penjelasan mengenai pengertian hujan, proses terjadinya hujan dan manfaat hujan. Semoga informasi di atas menjdaikan kamu lebih paham akan materi ini.

Daftar Pustaka

Hartono.2007. Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta. Bandung: CV. Citra Praya.

Sindhu, Yasinto. Sunaryo. 2016. Mandiri Mengasah Kemampuan Diri Geografi untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga

Avatar
Titan Hermawan

Mahasiswa pendidikan ekonomi yang ahli mata pelajaran Geografi tingkat SMA dan pernah ditunjuk untuk mengikuti OSN Geografi

Update : 29 Juli 2020 - Published : 29 Juli 2020

       

Tinggalkan komentar