Doa Untuk Pengantin

Menikah adalah sebuah muara cinta terbaik seorang sepasang kekasih dalam melabuhkan cinta mereka.

Dengan menikah mereka akan terhindar dari berbagai kemaksitan, dan dengan menikah mereka sama saja telah menyempurnakan ibadah mereka kepada Allah.

Dimasa pandemi seperti ini, tidak sedikit pasangan calon suami istri yang mengadakan pesta pernikahan, ya meskipun mereka harus tetap memperhatikan protokol kesehatan covid19 tetapi mereka tetap antusias dalam menyajikan hal terbaik kepada para tamu undangan.

Dan taukah kamu ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam menghadiri sebuah undangan terlebih undungan pernikahan, diantarannya :


Adab Menghadiri Undangan Pernikahan

1. Tidak Datang Hanya Untuk Makan

Banyak diantara kita yang apabila mendatangi sebuah acara pernikahan, semata mata datang hanya untuk mencari makan saja.

Hal ini yang perlu kita luruskan, meskipun tidak salah namun rasannya tidak pantas apabila kita memenuhi undangan hanya untuk menumpang makan saja.

2. Menjaga Pandangan

Allah subhanahu wa ta alla senantiasa memperintahkan kita untuk menjaga pandangan dan menundukan pandangan kita dari hal hal yang tidak pantas untuk dilihat.

Di Acara walimahtul ursh, kita tidak hanya akan bertemu dengan calon mempelai wanita dan laki laki, melainkan teman sahabat keluarga yang lainnya kita juga akan temui.

Dan ini tentu akan membuka pintu pintu syaitan agar kita melihat yang salah, maka dari itu hendaknya kita menjaga pandangan kita dari hal hal yang tidak pantas untuk dilihat.

3. Menggunakan Pakaian yang Sopan

Pada saat kita memenuhi undangan pernikahan teman ataupun saudara maka hendaknnya kita menggunakan pakaian yang baik, yang sopan yang menutup aurat kita.

Karena dengan menggunakan pakaian yang baik, kitapun akan dihargai dengan baik, dan menjaga diri kita dari hal hal yang tidak diinginkan.

4. Mendoakan Penganten

Hal ini yang sering dilupakan oleh banyak orang, kebanyakan mereka datang, memberi selamat makan dan pulang tanpa mendoakan pangenten.

Padahal Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam menyampaikan bahwa apabila kita menghadiiri acara pernikahan maka berdoalah :

Bacaan Doa Untuk Penganten Arab

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

Bacaan Doa Untuk Penganten Latin

Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fiil Khairin

Arti Bacaan Doa Untuk Penganten

Mudah-mudahan Allah memberkahi engkau dalam segala hal (yang baik) dan mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan

Itulah hal hal yang perlu kita perhatikan apabila kita menghadiri jamuan undangan pernikahan.

Diantara orang orang yang berbahagia adalah orang orang yang mendoakan suadarannya, karena orang orang yang mendoakan saudarannya maka iapun akan mendapat hal yang sama dari apa yang dimintakannya kepada saudarannya.

Maka dari itu hendaklah senatiasa kita saling mendoakan satu sama lain, mendoakan hal hal yang baik baik, agar Allah senatiasa mencurahkan rahmat dan keberkahan kepada kita semua.


Daftar Pustaka :

Bincangsyariah.com. (2019, 19 November). Doa Untuk Penganten Baru diakses pada 5 Agustus 2020, dari https://bincangsyariah.com/zikir-dan-doa/doa-untuk-pengantin-baru/

Muslimah.or.id. (2019, 3 February). Adab Menghadiri Walimatul ‘Urs diakses pada 5 Agustus 2020, dari https://muslimah.or.id/10869-adab-menghadiri-walimatul-urs.html

Muslim.or.id. (2014, 25 Agustus). Bila di Undang ke Walimah Nikah diakses pada 5 Agustus 2020, dari https://muslim.or.id/22459-bila-di-undang-ke-walimah-nikah.html

Avatar
Riki Ramdhani

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Founder salah satu program kemanusiaan terbaik di Purwokerto, Musharaka Project.

Update : 6 Agustus 2020 - Published : 6 Agustus 2020