Doa Rezeki Lancar

Yuk kita ketahui apa sih itu rezeki? Doa supaya diberi rezeki lancar, maknanya bersyukur dan amalan untuk memperlancar Rezeki.

Ingin tahu? Langsung aja deh, ke pembahasan terlengkapnya berikut ini.


 

Rezeki

Rezeki

Dalam hidup, pasti semua umat muslim tentu mengharapkan mempunyai rezeki yang berlimpah.

Tapi, rezeki itu bukan cuma identik dengan harga dan uang.

Rezeki itu bisa berupa kelurga, istri, anak, kesehatan, pendengaran, penglihatan, pakaian dan lainnya.

هُوَ كُلُّ مَا تَنْتَفِعُ بِهِ مِمَّا اَبَاحَهُ اللهُ لَكَ سَوَاءٌ كَانَ مَلْبُوْسٌ اَوْ مَطْعُوْمٌ … حَتَّى الزَّوْجَة رِزْق، الاَوْلاَدُ وَ البَنَاتُ رِزْقٌ وَ الصِّحَةُ وَ السَّمْعُ وَ العَقْلُ …الخ

Artinya:

Segala sesuatu yang bermanfaat yang Allah halalkan untukmu, entah berupa pakaian, makanan, sampai pada istri.

Itu semua termasuk rezeki. Begitu pula anak laki-laki atau anak peremupuan termasuk rezeki. Termasuk juga dalam hal ini adalah kesehatan, pendengaran dan penglihatan.

Jadi, rezeki yaitu segala sesuatu yang bermanfaat dan bisa kamu manfaatkan buat kelangsungan kehidupan.

Rezeki dari Allah, maka kalo kamu ingin rezeki yang halal kamu wajib memohon dan meminta kepada-Nya.

Tapi, kadang kamu cuma fokus pada pekerjaan buat mencari rezeki aja, tanpa memohon kelancaran rezeki dari Allah SWT.

Makanya, fokus kerja boleh aja, tapi jangan sampai kamu melupakan kekuasaan Allah dalam mengatur rezeki kamu.

Ada salah satu cara buat melancarkan rezeki kamu, yaitu dengan memanjatkan doa pembuka rezeki kepada Allah buat memohon dibukanya pintu rezeki buat kita.


 

Doa Rezeki Lancar

Doa Rezeki Lancar

Jadi, supaya rezeki yang didapat halal dan berlimpah. Rasulullah udah mengajarkan pada kita mengenai doa rezeki lancar, seperti berikut ini:

Bacaan doa rezeki lancar:

اللهم افتخ لي أبواب الخير وأبواب السلامة وأبواب الصحة وأبواب النعمة وأبواب البركة وأبواب القوة وأبواب المودة وأبواب الرحمة وأبواب الرزق وأبواب العلم وأبواب المغفرة وأبواب الجنة يا أرحم الرحمين

Allaahummaftah alaina abwaabal khoiri wa abwaa bal barokati wa abwaaban ni’mati wa abwaabar rizki wa abwaabal Quwwati wa abwaabash shih haati wa abwaabas salaamati wa abwaabal jannah,

Allaahumma aafinaa mingkulli balaa’id dunyaa wa adzaabil aakhirah, Wash rif annaa bihaqqil Qur’anil adhiim wa nabiyyikal kariim syarraddunyaa wa syarral aakhiroh, Ghofarollaahu lanaa wa lahum birahmaatika yaa arhamar raahimiin.

Artinya:

Ya Allah pangeran tuhanku, bukankanlah bukakanlah untuk hamba pintu kebagusan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu kekuatan, pintu rizki, pintu kesehatan, pintu keselamatan, dan pintu sawarga.

Ya allah tuhanku hindarkanlah diriku dari bala’i dunia dan bala’i akhirat, jauhkan dariku, sesungguh-sungguhnya Al-Quran yang agung dan nabimu yang mulya dari kejahatan dunia dan kejahatan akhirat.

Semoga Allah mengampuni diriku semua dan mereka (muslim / muslimat) oleh rahmatmu yang asih.

Doa agar rezeki bertambah:

اَللَّهُمَّ زِدْنَا وَلاَ تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلاَ تُوْهِنَا وَأَعْطِنَا وَلاَ تَحْرِمْنَا وَاٰثِرْنَا وَلاَ تُؤْثِرْ عَلَيْنَا وَأَرْضِنَا وَارْضَ عَنَّا

Alloohumma zidnaa wa laa tanqushnaa wa akrimnaa wa laa tuuhinaa wa a’athinaa wa laa tahrimnaa wa aatsirnaa wa laa tu’tsir ‘alainaa wa ardhinaa wardhoo ‘annaa.

 

Artinya:

Ya Allah, tambahkanlah rezeki kepada kami, jangan Engkau kurangi. Muliakanlah kami dan jangan Engkau hinakan kami. Berilah kami dan jangan Engkau halangi kami. Pilihlah kami dan jangan Engkau tinggalkan kami, dan janganlah Engkau cegah kami.

Doa agar diberi rezeki halal:

Alloohumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesunggunya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.

Doa agar diberi rezeki yang berkah:

Alloohumma ashlihli lii diinii wa wassi’lii daarii wa baarik lii fii rizqii.

Artinya:

Ya Allah perbaikilah agamaku (yang menjadi pokok urusanku) lapangkanlah tempat tinggalku, dan berikanlah keberkahan pada rezekiku.

Doa agar dapat rezeki yang tak disangka-sangka:

Robbanaa anzil ‘alainaa maa-idatan minas samaa-i takuunu lanaa ‘iidan li awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatan minka warzuqnaa wa anta khoirur rooziqiin.

Artinya:

Ya Tuhan kami, turunkahlah kepada kami suatu hidangan dari langit (yang haru turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rezeki, dan Engkau pemberi rezeki yang paling utama.

Selain dengan memanjatkan doa tersebut, kamu juga harus selalu bersyukur terhadap apa yang kamu miliki sekarang dari Allah SWT.


 

Bersyukur

Bersyukur

Bersyukur yaitu salah satu cara yang bisa kamu lakukan, supaya rezeki kamu terus bertambah dan mendapat kelancaran terus – menerus.

Karena dengan bersyukur, maka Allah akan selalu menambah rezeki yang kamu dapatkan.

Dan, Allah senantiasa melimpahkan rezeki buat hamba-hambanya yang pandai bersyukur.

Jadi, jangan merasa kalo semua kekayaan, jabatan, harta, kesehatan dan apapun yang kamu miliki itu atas usaha kamu aja.

Semua itu, gak lain merupakan karunia dari kekuasaan Allah SWT.

Allah berfirman dalam Al Qur’an surat Ibrahim ayat 7:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Artinya:

Sesungguhnya kalo kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan kalo kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. (QS. Ibrahim ayat 7)

Tentu, kamu semua udah memahami kalo Allah udah mengatur semua rezeki buat setiap makhluknya di bumi.

Tapi, perlu kamu pahami kalo rezeki itu gak akan datang dengan sendirinya, kecuali kamu berusaha mendapatkannya.

Kamu bisa mendapatkan rezeki dengan cara bekerja atau dengan mempunyai usaha.

Udah jadi kodratnya kalo manusia butuh makanan, pakaian, tempat tinggal dan berbagai pendukung dalam kehidupannya.

Tapi, semua itu harus diringi dengan usaha keras dan doa yang khusus buat memperlancar rezeki.


 

Amalan untuk Memperlancar Rezeki

Amalan untuk Memperlancar Rezeki

Ada banyak amalan – amalan dan perbuatan yang bisa membuka dan melancarkan rezeki kamu, amalannya seperti ini.

 

1. Sholat Wajib Berjamaah

Sholat wajib merupakan tiangnya agama Islam.

Barang siapa umat muslim, yang sholat wajibnya gak pernah ditinggalkan dan dilakukan dengan berjamaah, maka Allah akan memudahkannya dalam berbagai urusan.

Makanya, jangan sampai menunda sholat wajib ini. Apalagi, sholat wajib subuh dan Isya, karena di kedua sholat tersebut ada keutamaan yang sangat luar biasa.

Rasulullah bersabda:

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

Artinya:

Sesungguhnya sholat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah sholat Isya dan sholat Shubuh.

Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, maka sungguh mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak. (HR. Bukhari dan Muslim)

 

2. Mendoakan Orang Tua

Orang tua merupakan orang yang sangat berjasa dan luar biasa. Karena mereka, kita bisa tumbuh besar dan jadi orang yang bisa mandiri.

Ridha Allah itu berasal dari ridha kedua orang tua kita. Sebagai anak yang sholeh, maka harus selalu ingat dengan jasa orang tua dan selalu mendoakannya.

Dengan berbakti dan selalu mendoakan kedua orang tua, maka ridha Allah senatiasa merahmati dan melancarkan semua usaha kamu.

Allah berfirman didalam surat Lukman ayat 14:

وَ وَصَّیۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَیۡہِ ۚ حَمَلَتۡہُ اُمُّہٗ وَہۡنًا عَلٰی وَہۡنٍ وَّ فِصٰلُہٗ فِیۡ عَامَیۡنِ اَنِ اشۡکُرۡ لِیۡ وَ لِوَالِدَیۡکَ ؕ اِلَیَّ الۡمَصِیۡرُ

Artinya:

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun.

Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. Luqman ayat 14)

Selain mendoakan kedua orang tua, kamu juga harus mendoakan keluarga, saudara, tetangga dan semua orang Islam.

 

3. Selalu Membaca Istighfar

Bacaan istighfar merupakan bacaan buat memohon ampunan Allah, atas semua dosa – dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan.

Membaca istighfar itu sangat baik dan sangat dianjurkan buat dilakukan kapan aja dan dimana aja, buat bisa membuka pintu rezeki.

Rasulullah menganjurkan buat membaca doa istighfar, supaya rezeki kamu lancar.

Bacaan doa Istighfar:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

Astaghfirullôhal ‘azhîm alladzî lâ ilâha illâ huwal hayyul qoyyûm wa atûbu ilaih.

Artinya:

Aku mohon ampunan Allah, Dzat yang tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri sendiri, dan aku bertobat kepada-Nya’,sebanyak tiga kali.

Maka, Allah mengampuni dosa-dosanya walaupun ia seumpama busa lautan, walaupun dia (seperti) pasir yang bertumpuk- tumpuk, dan walaupun dia (seperti) bilangan hari-hari dunia. (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

 

4. Perbanyak Sedekah

Semakin banyak kamu bersedekah, maka rezeki dari Allah akan semakin dimudahkan dan dilancarkan.

Tapi, bersedekah itu bukan cuma dengan uang atau harta aja, bersedekah bisa juga dengan ilmu atau tenaga kamu.

Dalam hal ini, yang penting yaitu usaha kamu dalam meringankan beban orang lain yang membutuhkan bantuan dari kamu.

Rasulullah bersabda:

لاَ تُوكِي فَيُوكى عَلَيْكِ

Artinya:

Janganlah engkau menyimpan harta (tanpa mensedekahkannya). Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki untukmu.

Dari hadist diatas udah jelas, kalo kamu gak mensedekahkan sebagian harta yang kamu miliki, maka Allah akan menahan rizki kamu.

Semoga dengan banyak bersedekah, maka semakin terbuka rezeki kamu dan akan semakin bertambah 😀

       

Tinggalkan komentar