Doa Masuk Pasar

Pasar adalah tempat dimana orang banyak melakukan transaksi jual beli secara langsung, baik itu kebutuhan pokok, ataupun kebutuhan hidup yang lainnya.

Pengertian Pasar

Pasar dibedakan menjadi dua :

1. Pasar Tradisional

Adalah sebuah tempat dimana orang dapat bertatap muka secara langsung untuk melakukan transaksi jual beli, yang dimana didalamnya terdapat tawar menawar.

Pasar tradisional ini ada dihampir seluruh wilayah di Indonesia, dan pasar tradisional biasannya banyak menjual kebutuhan pokok dari hasil alam.

2. Pasar Modern

Adalah pasar yang lebih maju dari pasar tradisional, dimana pasar modern ini memiliki fasilitas dan keamanan yang lebih baik dibanding pasar tradisional.

Pasar modern juga menjual berbagai macam kebutuhan pokok, dan berbagai kebutuhan yang lainnya.

Salah satu bentuk pasar modern ini seperti, super market, mall, toko swalayan, dll.

Nabi Shalallahu alaihi wa sallam bersabda :

أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ مَسَاجِدُهَا، وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ أَسْوَاقُهَا

“Tempat yang paling disukai Allah adalah masjid-masjidnya, sedangkan tempat yang paling dibenci Allah adalah pasar-pasarnya.”

HR. Muslim

Pasar disebutkan dalam hadist diatas menjadi tempat yang paling dibenci oleh Allah, kenapa ?

Karena pasar adalah tempat dimana banyak orang yang melakukan kecurangan, banyak yang mungkin menambah timbangan dagangannya, banyak yang menipu, memfitnah ataupun hal hal lainnya yang sangat dibenci oleh Allah.

Selain itu pasar juga tempatnnya orang orang lalai, karena banyak diantara mereka yang enggan memperhatikan dalam jual belinnya, yang ada hanya untung, untung dan untung.

Maka dari itu Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam mengajarkan kita satu doa, apabila kita hendak memasuki sebuah pasar.


Doa Masuk Pasar

Bacaan Doa Masuk Pasar Arab

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Bacaan Doa Masuk Pasar Latin

Laa Ilaaha Illallaah Wahdahu Laa Syariika Lah, Lahul-Mulku Wa Lahul-Hamdu, Wa Huwa ‘Ala Kulli Syai’in Qodiir.

Arti Bacaan Doa Masuk Pasar

Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.

Doa yang dibaca apabila kita hendak mesuk pasar ini diriwayatkan oleh Umar bin khatab radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Barang siapa masuk kepasar, kemudian membaca doa diatas, maka Allah akan mencatat untuknnya satu juta kebaikan, dan akan menghapuskan satu juta keburukan.

HR at Tirmidzi no 3428 & 3429

Menurut para ulama hadist diatas memiliki derajat hasan, dan bisa untuk dijadikan dalil.


Keutamaan Membaca Doa Masuk Pasar

Doa diatas diajarkan Rasulullah bukan tanpa sebab, tapi juga karena Rasulullah ingin menjadikan kita untuk menjadi hamba hamba yang tetap bisa mengingat Allah meskipun didalam wilayah yang banyak orang lalai didalamnya.

1. Beramal di Waktu yang Tepat

Salah satu keutamaan berdoa dan memperbanyak dzikir ketika dipasar adalah, karena amalan kita mudah diterima.

Salah satu yang mudah sebuah amalan diterima oleh Allah, adalah apabila kita beramal di waktu waktu yang banyak orang tidak bisa beramal diwaktu itu, seperti di sepertiga malam, tahajjud, di pasar, dll.

2. Menjadikan Hati Tenang

Salah satu kunci ketenangan apabila kita banyak berdzikir dan berdoa kepada Allah adalah hati kita menjadi tenang.

Meskipun banyak orang yang lalai, dan meskipun mungkin kita berada di pasar penjual yang kita beli dagangannya tidak jujur terhadap kita, hati kita akan tetap tenang dan bertawakal hanya kepada Allah.

3. Di Mudahkan dalam Mencari Kebutuhan

Apabila dari awal kita telah melibatkan Allah dalam kehidupan kita, maka kitapun akan diberikan kemudahan oleh Allah dalam segala hal.

Seperti berdoa terlebih dahulu sebelum masuk pasar, maka kitapun akan senantiasa dibimbing oleh Allah dalam membeli kebutuhan pribadi kita sesuai yang kita butuhkan bukan kita inginkan.

Semoga kita senantiasa menjadi hamba hamba yang selalu ingat kepada Allah, dimanapun kita berada, aamiin insyaallah.


Daftar Pustaka :

1. Rumaysho.com. (2012, 5 September). Mengingat Allah di Pasar diakses pada 8 Agustus 2020, dari https://rumaysho.com/2785-mengingat-allah-di-pasar.html

2. Muslim.or.id. (2010, 23 April). Keutamaan Berdzikir ketika masuk pasar diakses pada 8 Agustus 2020, dari https://muslim.or.id/2865-keutamaan-berdzikir-ketika-masuk-pasar.html

3. Konsultasisyariah.com (2013, 13 November). Doa Masuk Pasar dan Rahasiannya diakses pada 8 Agustus 2020, dari https://konsultasisyariah.com/21026-doa-masuk-pasar-dan-rahasianya.html

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 0 Average: 0]
Avatar
Riki Ramdhani

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Founder salah satu program kemanusiaan terbaik di Purwokerto, Musharaka Project.

Update : 9 Agustus 2020 - Published : 9 Agustus 2020

       

Tinggalkan komentar