Doa Ketika Angin Kencang

Angin adalah salah satu bentuk tanda tanda kebesaran Allah subhanahu wa ta alla yang tidak bisa kita lihat bagaimana bentuknnya namun bisa kita rasakan keberadaannya.

Angin menjadi salah satu tanda kekuasaan Allah bahwa tidak ada makhluk yang mampu mengendalikan itu semua kecuali hanyalah diri-Nya saja.

Maka teringat seorang perkaataan penyair bahwa :

“Didalam segala sesuatu terdapat tanda tanda atau bukti bahwa Dia (Allah) adalah zat yang maha esa”


Hal yang di Lakukan Ketika Datang Angin Kencang

Angin merupakan tanda dari sekian banyak tanda tanda kebesaran Allah, namun Angin juga bisa menjadi adzab dari Allah kepada hamba hamba yang tidak taat terhadap apa yang telah di perintahkan kepadanya.

Hal ini sebagaiana di kisahkan Allah didalam firmannya, yang berbunyi :

وَفِي عَادٍ إِذْ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِمُ الرِّيحَ الْعَقِيمَ (41)مَا تَذَرُ مِنْ شَيْءٍ أَتَتْ عَلَيْهِ إِلا جَعَلَتْهُ كَالرَّمِيمِ (42)

Dan juga pada (kisah) Aad ketika Kami kirimkan kepada mereka angin yang membinasakan. Angin itu tidak membiarkan satupun yang dilaluinya, melainkan dijadikannya seperti serbuk

Qs Adz Dzariyat:41-42

Maka dari itu kita sebagai muslim yang taat kepada Allah, yang beriman kepada Allah dan rasulnnya senantiasa mengaitkan hal apapun baik yang kita lihat atau rasakan sebagai bentuk dari kebesaran Allah.

Bahkan Rasulullah shallalaihi wa sallam melarang kita untuk mencaci atau bahkan mencela ketika datang Angin.

Karena diaturnnya angin oleh Allah adalah sebuah nikmat yang sangat besar bagi manusia, maka dari itu apabila beliau sudah merasakan datangnya Angin, beliau Shallallahu Alaihi wa sallampun berdoa, sebagaimana di abadikan didalam Shahih Muslim & Sunan Imam Abu Daud, yang berbunyi :

Bacaan Arab Doa Ketika Angin Kencang 1

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا

Bacaan Latin Doa Ketika Angin Kencang 1

Allahumma innii as’aluka khairahaa wa a’uudzubika min syarrih

Arti Bacaan Doa Ketika Angin Kencang 1

“Ya Allah, sungguh aku mohon kepadaMu kebaikan angin ini, serta aku berlindung kepadaMu dari keburukannya.”

HR. Abu Dawud nomor 5079 dan Ibnu Majah nomor 3727.

Atau didalam teks hadist yang lain yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, bahwa beliau Shallallahu alaihi wa sallam berdoa :

Bacaan Arab Doa Ketika Angin Kencang 2

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلْتَ بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلْتَ بِهِ

Bacaan Latin Doa Ketika Angin Kencang 2

Allahumma inni as’aluka khairaha wa khaira ma fiha wa khaira ma ursilat bihi wa a’udzubika min syarriha wa syarri ma fiha wa syarri ma ursilat bihi.

Arti Bacaan Doa Ketika Angin Kencang 2

“Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini dan kebaikan yang ada padanya dan kebaikan yang dibawanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan yang ada padanya dan keburukan yang dibawanya.”

HR.Muslim nomor 899, at Tarmidzi nomor 3449 dari Aisyah radhiyallahu ‘anha.

Makna Doa Ketika Angin Kencang

Diantara keutamaan atau fadilah makna dari doa ketika datang angin kencang yaitu senantiasa melembutkan hati kita, karena ketika kita melihat sesuatu kita langsung kaitkan apapun akan kekuasaan dan kebesaran Allah.

Dan terlindung dari adzab sebagaimana adzab yang diberikan Allah kepada kaum Aad.

Semoga bermanfaat, terimakasih banyak.


Daftar Pustaka :

muslim.or.id. (2010, 14 Januari). Angin Antara Nikmat dan Adzab diakses pada 17 Oktober 2020, dari https://muslim.or.id/1814-angin-antara-nikmat-dan-adzab.html

youtube.com. (2019, 18 Januari). Doa Angin Kencang |Ust. Oemar Mita,Lc | Masjid As Salam diakses pada 17 Oktober 2020, dari https://www.youtube.com/watch?v=3ojnreRQ1wA

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 0 Average: 0]
Avatar
Riki Ramdhani

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Founder salah satu program kemanusiaan terbaik di Purwokerto, Musharaka Project.

Update : 18 Oktober 2020 - Published : 18 Oktober 2020

       

Tinggalkan komentar