Contoh Teks Editorial

Apa sih, yang dimaksud dengan teks editorial itu? Jadi,

Teks editorial yaitu sebuah teks yang berisi tentang pandangan penulis terhadap suatu peristiwa yang sedang menjadi sorotan di masyarakat.

Didalam teks editorial, ada fakta dan opini dari penulis yang ditulis secara menarik.

Supaya, nantinya bisa mempengaruhi pendapat para pembaca terhadap peristiwa yang dibahas.

Nah supaya lebih paham, kamu bisa melihat beberapa contoh teks editorial yang ada dibawah ini!


Contoh Teks Editorial di Koran

Contoh Teks Editorial di Koran

Judul : DKI Putuskan Pembatasan Separuh Kapasitas Normal

Reporter : Tempo

Edisi : 18 Desember 2020

1. Pernyataan Pendapat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan, selama periode 18 Desember 2020 sampai 8 Januari 2021, jumlah pekerja di kantor dibatasi maksimal cuma 50 persen dari kapasitas normal.

Keputusan itu, tertuang dalam Seruan Gubernur Nomor 17 Tahun 2020 tentang Pengendalian Kegiatan Masyarakat dalam Pencegahan Covid-19 pada Masa Libur Natal dan Tahun Baru 2021.

2. Argumentasi

Sejumlah pertimbangan yang membuat pemerintah DKI memutuskan pembatasan maksimal cuma 50% diantaranya kalo setiap akhir tahun.

Sebagian besar perusahaan harus merampungkan laporan kinerja setahun terakhir.

Gubernur DKI Anies Baswedan menuturkan, Seruan Gubernur Nomor 17 Tahun 2020 dan Instruksi Gubernur Nomor 64 Tahun 2020 diterbitkan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah kasus Covid-19 akibat liburan natal dan tahun baru.

Karena, berdasarkan pengalaman pada bulan Oktober dan November lalu, penularan virus corona justru meningkat setelah liburan panjang berakhir.

“Diharapkan melalui Ingub dan Sergub ini, lonjakan kasus tidak terjadi,” katanya.

Seruan Gubernur nomor 17 Tahun 2020 menyebutkan, pada 24-27 Desember dan 31 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021.

Pelaku usaha atau pengelola pusat belanja, mal, kafe, restoran, rumah makan, bioskop dan tempat wisata wajib menerapkan batasan jam operasional sampai pukul 19.00.

Mereka juga diminta membatasi jumlah pengunjung paling banyak 50 persen dari kapasitas normal.

3. Kesimpulan

Pengawasan protokol kesehatan di tempat-tempat usaha akan ditingkatkan selama masa libur natal dan tahun baru.

Pengawasan ini, bakal melibatkan polisi dan tentara. Patroli juga menyasar area publik yang berpotensi menimbulkan kerumunan.


Contoh Teks Editorial Singkat

Contoh Teks Editorial Singkat

Judul : Vaksin Tanggung Jawab Negara

Reporter : Tempo

Edisi : 15 Desember 2020

1. Pernyataan Pendapat

Kementerian Kesehatan udah menetapkan target vaksinasi Covid-19 sebanyak 107 juta jiwa, yang merupakan 60 % dari jumlah penduduk berusia 18-59 tahun yang bebas penyakit penyerta (komorbid).

Dari 107 juta orang itu, sebanyak 32 juta mendapat vaksin gratis, yaitu tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik, aparat keamanan, dan sebagian penerima bantuan iuran pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.

Timbul persoalan, karena 75 juta orang lainnya harus melakukan vaksinasi mandiri atau membeli vaksin sendiri.

2. Argumentasi

Saat kondisi ekonomi sedang terpuruk karena pandemi, sulit berharap munculnya kesadaran masyarakat melakukan vaksinasi mandiri.

Aspek sukarela beresiko gagalnya program tersebut, karena sulit memenuhi cakupan vaksinasi yang optimal.

Dengan menggratiskan vaksi buat seluruh masyarakat, pemerintah bisa mengendalikan program vaksinasi seperti yang diharapkan.

Tidak ada lagi alasan masyarakat buat menolak vaksinasi atas pandemi Covid-19, yang udah ditetapkan Presiden Joko Widodo sebagai bencana nasional non-alam.

Keharusan menanggung biaya vaksin juga sejalan dengan Peraturan Menteri Kesehatan No. 42 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Imunisasi, yang menegaskan bahwa vaksinasi, termasuk imunisasi, khusus pada kondisi wabah penyakit, ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah.

3. Kesimpulan

Alasan keterbatasan anggaran semestinya tidak perlu ada, kalo pemerintah menjadikan program vaksinasi sebagai prioritas utama diatas berbagai program pemerintah yang lain.

Sejumlah kebijakan lampau yang lebih mengutamakan pertimbangan ekonomi ketimbang aspek kesehatan jangan sampai terulang.

Dalam situasi perang melawan Covid-19, anggaran buat kesehatan seharusnya mengalahkan segala urusan.

Salah satu solusi yang bisa ditempuh pemerintah yaitu tunda atau hentikan proyek-proyek infrastruktur ambisius yang udah dicanangkan pemerintah.


Contoh Teks Editorial Tentang Politik

Contoh Teks Editorial Tentang Politik

1. Pernyataan Pendapat

Ribuan orang tumpah ruah di Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan yang digelar di pusat Kota Bandung.

Tua, muda, sampai anak-anak larut dalam kemeriahan puncak peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia tersebut.

Kemeriahan semakin terasa saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan istri Iriana Jokowi dan para pejabat tinggi pemerintah pusat hadir di panggung kehormatan yang dibangun tepat di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu 26 Agustus 2020.

2. Argumentasi

Terik matahari tidak menyurutkan langkah Jokowi dan istri yang tiba tepat waktu pukul 14.05 WIB.

Senyum lebar pun tak henti-hentinya dilepaskan Presiden Jokowi yang saat itu mengenakan Beskap berwarna ungu.

Sementara sang istri tampak elegan dengan balutan kebaya dan alas kaki Kelom Geulis khas Tasikmalaya.

Riuh bunyi kohkol (kentongan khas Sunda) yang ditabuh Jokowi yang langsung disambut bunyi kohkol dan kendang tangan yang ditabuh ribuan orang menandai dibukanya karnaval tersebut.

Jokowi juga tampak sumringah menyaksikan satu per satu peserta karnaval saat melintasi panggung kehormatan.

Di tengah-tengah kemeriahan karnaval, ada hal yang istimewa. Sebuah kendaraan hias yang dirancang khusus seniman dan budayawan Sunda melaju pelan mendekati panggung kehormatan.

Itulah kendaraan hias yang dibuat khusus untuk mengantarkan Jokowi dan istri ke panggung kehormatan kedua yang dibangun di Taman Vanda, di kawasan Jalan Merdeka, Kota Bandung.

Jokowi dan sang istri yang didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menaiki kendaraan hias tersebut.

Dari atas kendaraan hias yang tampak gagah, tapi sederhana itu, senyum ramah Jokowi tak henti-hentinya diumbar pada warga yang memadati lintasan arak-arakan karnaval, mulai Jalan Diponegoro, Ir H Djuanda, Merdeka, sampai berakhir di Taman Vanda.

3. Kesimpulan

Kendaraan hias istimewa itu adalah hasil rancangan seniman dan budayawan sekaligus pengajar di Institut Teknologi Bandung Tisna Sanjaya bersama rekan sesama budayawan Aat Suratin dan sejumlah budayawan lainnya.

Menurut Tisna Sanjaya, mobil hias tersebut menyimbolkan kerja keras pemimpin buat membawa kesejahteraan rakyatnya.

Konsep yang diusung adalah “Mobil Bajasan” yang bermakna sederhana, tapi lahir dari kerja keras.


Contoh Teks Editorial Tentang Kesehatan

Contoh Teks Editorial Tentang Kesehatan

1. Pernyataan Pendapat

Kesehatan tentu sangat penting buat setiap individu. Makanya, diperlukan gaya hidup yang sesuai buat menjaga kesehatan dan kekuatan dalam tubuh agar tidak mudah terkena penyakit.

Karena, penanganan penyakit menular belum sepenuhnya berhasil jadi menciptakan beban ganda penyakit.

Adapun penyakit tidak menular atau penyakit degeneratif yang persoalannya sama.

Bahkan sejumlah seseorang yang terkena penyakit tidak menular meningkat secara pesat sehingga menjadi pembunuh nomor satu, penyakit tersebut misalnya diabetes, kanker, hipertensi, jantung, stroke.

2. Argumentasi

Menurut data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kalo penyebaran penyakit relatif merata di setiap kota besar dan kecil.

Hal ini menandakan, kalo keadaan kesehatan serta penyakit pada masyarakat udah bergeser sejak beberapa waktu

Jadi, diperlukan gaya hidup yang baik seperti menjaga pola makan dan minum serta memperhatikan kandungan gizi pada makanan yang dikonsumsi.

Perubahan pola yang dilakukan bersamaan dengan adanya demografi yang menyatakan, kalo lebih besar jumlah penduduk usia produktif dibandingkan jumlah penduduk tidak produktif.

Hal tersebut disertai dengan perilaku konsumtif dibandingkan produktif yang termasuk kedalam pola makan dan minum.

Indonesia emang bukanlah satu-satunya negara yang memiliki masalah penyakit ganda, tapi kita bisa belajar dari negara lain soal pencegahan penyakit tidak menular.

Prinsip untuk menangani penyakit adalah dengan mencegahnya dibandingkan harus mengobati.

Jadi, pemerintah bisa membuat upaya untuk mewajibkan label informasi kandungan gizi di setiap makanan atau minuman kemasan.

3. Kesimpulan

Pencegahan penyakit lebih baik dari mengobati penyakit, makanya masyarakat harus lebih memperhatikan pola hidup yang sehat.

Program yang dilaksanakan juga perlu dukungan dari kementerian atau lembaga yang terkoordinasi dengan melibatkan masyarakat buat hidup sehat.


Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan

Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan

Judul: Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan

1. Pernyataan Pendapat

Pendidikan tuh udah jadi kebutuhan seluruh manusia dan jadi kunci buat kemajuan sebuah bangsa dan negara.

Tentu aja, dengan pendidikan yang berkualitas, kesempatan buat sejajar dengan bangsa lain yang udah lebih maju semakin besar.

Tapi, nyatanya kualitas pendidikan di negara ini gak sebagus seperti negara lain.

2. Argumentasi

Lembaga pendidikan mengupayakan berbagai cara buat menciptakan lulusan yang berkualitas, buat mengantisipasi perubahan dan tantangan yang semakin sulit.

Keberhasilan itu, gak lepas dari segala kondisi.

Buat mencapai keberhasilan dalam meningkatkan mutu pendidikan, maka dilakukan berbagai upaya dengan sungguh-sungguh buat mencari solusi dari permasalahan yang akan dihadapi.

Usaha buat meningkatkan mutu pendidikan jadi penting, dalam rangka menjawab tantangan Globalisasi, Kemajuan IPTEK, dan pergerakan tenaga ahli yang sangat masif.

Lembaga pendidikan dituntut buat bisa melahirkan keluaran pendidikan yang berkualitas.

Karena, perlombaan antar bangsa berlansung sangat sengit dan juga intensif.

Jadi, punya keahlian dan kompetensi profesional yang siap menghadapi kompetisi global.

Di era teknologi saat ini, guru gak jadi satu-satunya sumber informasi dan ilmu pengetahuan.

Tapi, peran guru sudah berubah jadi motivator, fasilitator, dan dinamisator.

Bahkan, ada internet yang didalamnya membuat banyak web yang menyediakan materi belajar.

3. Kesimpulan

Dalam keadaan seperti ini, diharapkan guru bisa memberikan peran lebih besar lagi.

Karena, peran pendidik gak bisa digantikan oleh siapapun dan apapun itu.

Jadi, buat melakukan peran itu secara efektif, maka diperlukan peningkatan langkah dan usaha yang jelas serta tepat.

Beberapa usaha peningkatan kualitas pendidikan yaitu tantangan terbesar yang harus segera dilakukan oleh pemerintah.


Contoh Teks Editorial Tentang Lingkungan

Contoh Teks Editorial Tentang Lingkungan

1. Pernyataan Pendapat

Lingkungan yaitu suatu tempat yang berdekatan dengan kehidupan kita, karena sangat perlu dijaga kebersihannya.

Menjaga lingkungan adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap orang. Sehingga, menjadi tanggung jawab semua warga negara bukan cuma pemerintah.

Setiap orang memiliki peran yang harus dilaksanakan. Salah satunya yaitu murid yang harus menjaga lingkungan sekolah.

Dengan begitu maka setiap warga sekolah, baik kepala sekolah, guru, atau siswa harus ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan sekolah.

2. Argumentasi

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah yaitu  suatu hal yang paling penting buat menciptakan kegiatan belajar mengajar yang nyaman.

Jadi, bisa membuat siswa dan siswi menjadi lebih semangat dalam belajar di sekolah.

Ada banyak cara atau kegiatan yang membuat siswa siswi sadar akan lingkungan, salah satunya mengadakan perlombaan mengenai kebersihan. Siswa dan siswi juga turut diajarkan cara mengelola sampah yang baik.

3. Kesimpulan

Dengan diadakannya kegiatan tersebut, maka siswa akan lebih bertanggung jawab buat membuang sampah pada tempatnya.


Contoh Teks Editorial Tentang Sampah

Contoh Teks Editorial Tentang Sampah

Judul : Pentingnya Membuang Sampah Pada Tempatnya

1. Pernyataan Pendapat

Sejak kecil, masyarakat Indonesia kurang peduli dengan lingkungan dan udah terbiasa dengan membuang sampah sembarangan.

Karena, secara tidak langsung setiap orang tua udah mengajarkan pada anaknya guna membuang sampah sembarangan dengan memperlihatkan perilaku yang mereka terapkan.

Parahnya lagi kalo kebiasaan itu udah menjadi sesuatu yang biasa dan menjadi suatu kebiasaan yang dianggap lazim oleh masyarakat Indonesia.

Padahal sampah yang mereka buang sembarangan bisa menyebabkan bencana alam seperti banjir.

Makanya sungai akan tersumbat oleh sampah, jadi aliran air tidak akan mengalir dengan lancar dengan cuaca kemarau yang berkepanjangan.

2. Argumentasi

Kebiasaan dalam membuang sampah sembarangan tersebut, harus segera dihilangkan pada diri masing-masing masyarakat agar bisa terciptanya lingkungan yang bersih dan nyaman.

Sering sekali, masyarakat yang tinggal di bantaran sungai akan lebih mudah buat membuang sampah kedalam sungai, jadi membuat mereka malas buat membuang sampah di tempatnya.

3. Kesimpulan

Masalah lingkungan yang bersih akan sampah merupakan tugas setiap orang buat menjaganya.

Masyarakat bisa mengerjakan usaha dalam membayar iuran bersama, jadi bisa menyediakan tong sampah yang cukup.


Nah, itulah pembahasan tentang Contoh Teks Editorial yang bisa kamu ketahui dan pelajari.

Semoga pembahasan diatas bisa membantu dan bermanfaat buat kalian semua sobat cerdika.com 😀

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 1 Average: 5]
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 20 Mei 2021 - Published : 20 Mei 2021