Contoh Kata Pengantar Skripsi

Didalam pembuatan skripsi, pastinya kamu akan membutuhkan sebuah kata pengantar skripsi.

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan kata pengantar itu? Jadi,

Kata pengantar adalah halaman yang berisikan ucapan-ucapan dari penyusun atas selesainya karya tulis.

Umumnya, kata pengantar berisi rasa terimakasih, ucapan rasa syukur, tujuan, manfaat dari penulisan serta kritik dan saran yang membangun.

Selain itu, kata pengantar juga berisikan kalimat penjelasan dan pengharapan yang berkaitan dengan tema yang dibahas oleh si penyusun.

Penasaran? Langsung simak aja deh, ulasan lengkapnya berikut ini!


Unsur Kata Pengantar Skripsi

Unsur Kata Pengantar Skripsi

Kata pengantar skripsi harus mengandung beberapa unsur didalamnya, diantaranya seperti berikut ini:

  • Ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Penjelasan tentang dibuatnya tugas penulisan skripsi.
  • Penjelasan tentang pelaksanaan penulisan skripsi.
  • Penjelasan adanya bantuan, bimbingan, dan arahan dari pihak-pihak yang dianggap membantu. Seperti, pada seseorang, sekelompok orang, atau organisasi/lembaga.
  • Ungkapan rasa terima kasih kepada seseorang/lembaga yang telah membantu.
  • Penulisan nama kota, tanggal, bulan, tahun, dan nama lengkap penyusun skripsi tanpa dibubuhi tanda tangan.
  • Harapan penulis atas karangan tersebut.
  • Manfaat buat pembaca dan kesediaan dalam menerima kritik serta saran.

Struktur Kata Pengantar Skripsi

Struktur Kata Pengantar Skripsi

Dibawah ini, ada beberapa struktur penulisan kata pengatar skripsi yang tepat dan bisa memudahkan kamu dalam menyusunnya, yaitu:

1. Pembukaan

Pembukaan ini, terdiri atas ungkapan syukur dari penyusun atas selesainya pembuatan skripsi.

Biasanya, orang-orang memulai dari ungkapan syukur pada Tuhan sesuai dengan agamanya masing-masing. Seperti buat yang beragama islam, ucapkan terima kasih kepada Allah SWT.

2. Isi

Pada bagian isi ini, biasanya akan berisi gambaran dari judul yang dikerjakan dalam skripsinya.

Bisa dengan menyebutkan judul skripsi yang kamu ambil dulu, lalu diikuti dengan sedikit penjelasan tentang pembuatan dan penyusunan skripsi.

3. Penutup

Pada bagian penutup, kamu bisa menyampaikan ungkapan maaf dan harapan kedepannya mengenai karya tulis yang kamu buat.

Permohonan maaf yang dimaksud, tujuannya agar kalo ada kesalahan penulisan dalam pembuatannya bisa dimaklumi. Karena, emang manusia gak akan lepas dari kekurangan.


Cara Penulisan Kata Pengantar Skripsi

Cara Penulisan Kata Pengantar Skripsi

Pada dasarnya, kata pengantar dalam skripsi yaitu ungkapan isi hati si penulisnya. Kamu bisa mengungkapkan rasa terima kasih, syukur, harapan, dan permohonan maaf.

Tapi, dalam penulisan kata pengantar skripsi ini tentu ada aturannya dalam penulisannya, gak bisa asal-asalan lho!

Gimana sih? Cara penulisan kata pengantar skripsi tersebut? Berikut dibawah ini beberapa caranya, yaitu:

  • Tulisan ungkapan rasa syukur dan terima kasih atas selesainya skripsi.
  • Jelaskan sedikit tentang materi yang kamu tulis didalam skripsi.
  • Jelaskan sedikit maksud dan tujuan skripsi tersebut.
  • Ucapan terima kasih pada orang-orang yang berpengaruh terhadap skripsi kamu.
  • Tuliskan keinginan apa yang ingin diwujudkan dengan adanya skripsi.
  • Ucapkan permohonan maaf, apabila ada kesalahan.
  • Mintalah pembaca buat memberikan kritik dan saran.

Contoh Kata Pengantar Skripsi

1. Contoh Pertama

Contoh Pertama Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur bagi Allah atas ridho-Nya, penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik. Skripsi ini ditujukan untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan program Sarjana di Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Politeknik Kesehatan Semarang.

Penulis memahami tanpa bantuan, doa, dan bimbingan dari semua orang akan sangat sulit untuk menyelesaikan skripsi ini. Maka dari itu penulis ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan dan kontribusi kepada;

  1. Bapak Ramdhan, S.Si, MKM, selaku Ketua Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Semarang.
  2. Ibu DR. Amy Sujirah, M.Kes, selaku Ketua Kaprodi S1 Analis Kesehatan.
  3. Ibu Dra. Nining Sulis, M.M Kes, selaku dosen pembimbing yang telah membimbing selama penyusunan usulan penelitian ini.
  4. Serta kepada dosen penguji yang senantiasa memberikan masukan dan arahan kepada penulis untuk menyelesaikan usulan penelitian ini.
  5. Orang tua, saudara saya dan teman-teman Bima, Sindy, Jacky, Putra dan Kiki yang selalu membantu saat menghadapi kesulitan.
  6. Serta kepada semua pihak yang terlibat dan tidak dapat disebutkan satu persatu semoga Allah membalas kebaikannya.

Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri dan pembaca. Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam skripsi ini.

Semarang, April 2020

Penulis,

Dafa Wardhana

2. Contoh Kedua

Contoh Kedua Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR

Assalamulaaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan mengucap puji dan syukur kepada Allah SWT atas segala segala rahmat dan hidayah-Nya yang telah diberikan kepada saya sehingga dapat menyelesaikan penelitian ini. Dan tidak lupa kita panjatkan shalawat serta salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah menjadi suri tauladan yang baik bagi umatnya dan untuk berbuat kebajikan.

Penelitian ini disusun sebagai salah satu syarat kelulusan bagi setiap mahasiswa Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Selain itu juga merupakan suatu bukti bahwa mahasiswa telah menyelesaikan kuliah jenjang program Strata-1 dan untuk memperoleh gelar Sarjana Komputer.

Penyusunan penelitian ini dapat selesai dengan lancar karena tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada :

  1. Bapak Prof. Dr. M. Suyanto, MM. selaku Rektor Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
  2. Ibu Krisnawati, S.Si, M.T. selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
  3. Bapak Dony Ariyus, M.Kom selaku dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan dan berbagai macam masukan dalam melakukan penelitian.
  4. Bapak dan Ibu Dosen Universitas Gajah Mada Yogyakarta yang telah banyak memberikan ilmunya selama masa study.
  5. Kedua orang tua saya yang telah memberi berbagai macam bantuan baik secara dorongan doa,motivasi, moral dan materi.
  6. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu yang telah membantu saya untuk menyelesaikan penelitian.

Peneliti tentunya menyadari bahwa pembuatan skripsi ini masih banyak kekurangan dan kelemahannya. Oleh karena itu peneliti berharap kepada semua pihak agar dapat menyampaikan kritik dan saran yang membangun untuk menambah kesempurnaan skripsi ini. Namun peneliti tetap berharap skripsi ini akan bermanfaat bagi semua pihak yang membacanya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yogyakarta, 25 Maret 2020

Penulis,

Hendy Purnama
16.12.xyz

3. Contoh Ketiga

Contoh Ketiga Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap puji serta syukur kepada Allah SWT atas seluruh seluruh rahmat serta hidayah- Nya yang sudah diberikan kepada penulis sehingga bisa menuntaskan penelitian ini. Serta tidak lupa juga mari kita panjatkan shalawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang sudah jadi suri tauladan yang baik untuk umatnya serta buat berbuat kebajikan.

Penelitian ini disusun bagaikan salah satu ketentuan kelulusan untuk tiap mahasiswa Universitas Padjajaran.

Tidak hanya itu saja, akan tetapi juga sebagai bukti bahwa mahasiswa sudah menuntaskan kuliah jenjang program Strata- 1 serta buat mendapatkan gelar Sarjana S.pd.

Penyusunan penelitian ini bisa selesai dengan mudah sebab tidak lepas adanya dari dorongan bermacam pihak. Maka untuk itu peneliti mengucapkan terimakasih sebesar- besarnya.

kepada:

  1. Bapak Rieneke Amisyani M.A.Pd. selaku Ketua Jurusan Magister Administrasi Pendidikan;
  2. Ibu Setiowani Indri M.Pd. selaku Ketua Kaprodi S1 bidang Pendidikan;
  3. Ibu Marya Ningsih M.Pd. selaku dosen pembimbing yang telah membimbing selama penyusunan penelitian ini;
  4. Serta kepada dosen penguji yang senantiasa memberikan masukan dan arahan kepada penulis untuk menyelesaikan usulan penelitian ini;
  5. Serta tak lupa kepada kedua orang tua tercinta yang telah memberikan dukungannya.
  6. Teman seperjuangan selama di kelas belajar.

Peneliti pastinya menyadari kalau pembuatan skripsi ini masih banyak kekurangan serta kelemahan. Oleh sebab itu peneliti berharap kepada seluruh pihak supaya bisa memberikan kritik serta saran yang membangun buat menjadi kesempurnaan skripsi ini. Tetapi juga peneliti senantiasa berharap skripsi ini hendak berguna untuk seluruh pihak yang membacanya.

Bandung, 28 Maret 2020

Penulis,

Anastasya Micka

1212.12.xyz


Semoga bisa membantu 😀

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 24 September 2020 - Published : 24 September 2020