Cara Membuat CV di Word

Banyak orang yang menganggap bikin CV itu harus dengan desain yang wah banget. Ternyata anggapan itu ngga sepenuhnya bener.

Kamu juga bisa lho membuat CV yang menarik untuk HRD hanya dengan menggunakan Microsoft Word.

Hmm, penasaran caranya? Hmm, tapi sebelum ke cara membuat, kamu harus paham dulu ya, perbedaan CV dan resume.


Cara Membuat CV yang Menarik di Microsoft Word

Untuk kamu yang belum tau, ternyata Microsoft Word juga sudah menyediakan fitur template. Mulai dari template jurnal, brosur termasuk juga template CV.

Tetapi sebelum buat CV kamu perlu tau juga sebenarnya template CV ini sudah ada sejak versi Microsoft Word 2007. Tapi untuk kali ini cerdika bakal bahas tutorial dengan menggunakan versi word terbaru yaitu 2020.

Cus langsung aja, eh jangan lupa juga ya sebelum buat CV, pahami format CV.

  • Langkah pertama, kamu bisa buka dulu aplikasi Microsoft word. Nantinya akan langsung muncul tampilan seperti di bawah ini.
    buka aplikasi word
  • Sebenarnya disitu sudah muncul banyak template yang bisa kamu pilih. Untuk memudahkannya, kamu bisa ketikkan “CV” atau “resume” pada kolom pencarian di pojok kanan atas. Lalu pilih template yang diinginkan.
    pilih template yang diinginkan
  • Jika sudah klik Create.
  • Template CV yang kamu inginkan sudah tersedia, sekarang tinggal edit sesukamu, sesuaikan juga dengan format dan aturan dari penulisan CV.
    template cv word sudah siap

Itu dia tips mudah membuat CV di Microsoft Word. Tapi bagaimana jika template yang disediakan tidak ada yang sesuai dengan kamu?

Tenang, cerdika bakal nyediain beberapa template CV Word yang bisa kamu download dan langsung gunakan. Tapi kalo males ribet pake Microsoft Word, kamu bisa loh pake website CV online gratis. Disitu ada banyak template gratis CV yang bisa langsung kamu edit.


Template CV Word Gratis

1. Template CV APA style by Eza Hazami

Jika diperhatikan, CV jenis ini lebih mengutamakan isi daripada desain tampilan, kamu bisa lihat CV APA style tersebut tanpa menggunakan warna yang mencolok, tanpa menggunakan aksen grafis sama sekali.

CV di atas hanya memanfaatkan garis dan juga font. Karena desainnya yang minimalis dan simpel, nantinya HRD akan lebih mudah dalam melakukan sorting dari CV yang kamu apply.

Kamu bisa download CV di atas dengan klik link berikut Download CV APA style by Eza Hazami.

2. Template CV Minimalis Coolfreecv

Template CV berikutnya adalah dari Coolfreecv, CV ini memiliki desain minimalis dan simpel hampir sama seperti CV APA style, hanya saja untuk CV jenis ini diberikan sedikit sentuhan grafis yang membuat CV ini setidaknya lebih menarik.

Untuk download template CV tersebut kamu bisa klik link berikut Download CV Minimalis Coolfreecv.

3. Modern Template by Coolfreecv

Template selanjutnya masih dari coolfreecv, setelah sebelumnya menggunakan desain minimalis, kali ini coolfreecv memberikan template CV dengan konsep modern.

Aksen biru dongker dan orange pada font memberikan kesan sendiri, dan jika diperhatikan pada template tersebut terdapat hobi, jika memang menurut kamu tidak diperlukan, kamu bisa menggantinya dengan hal lain seperti sertifikasi.

Untuk download template CV tersebut, kamu bisa klik link berikut ini Download CV Modern Template Coolfreecv

Itu dia beberapa tips membuat CV di word, beserta template CV word gratis yang bisa kamu gunakan atau sebagai referensi membuat CV.

Setelah buat CV, jangan lupa juga persiapkan surat lamaran kerja, baik itu surat lamaran kerja bahasa Inggris, maupun surat lamaran kerja bahasa Indonesia. Jangan lupa juga perhatikan etika mengirim email lamaran kerja juga ya.

Jika sudah paham cara membuat CV di word? Langsung aja yuk coba bikin!