Perbedaan CV dengan Resume

Resume dan CV pasti udah sering kita dengar, terutama para job hunter. Tapi, apa kamu tahu CV dan resume itu merupakan dua hal yang berbeda?

Kamu bisa simak nih pembahasan lengkap tentang perbedaan CV dan resume berikut ini.

Panjang Dokumen

Perbedaan pertama yang dapat dilihat adalah panjang dokumen. Mungkin Kamu menyadari bahwa kedua jenis dokumen lamaran kerja nampak berbeda.

Hal ini pada dasarnya merupakan salah satu perbedaan dasar antara CV dan resume. 

Curriculum Vitae

CV dibuat secara komprehensif, rapi, dan tertata dengan baik. Pada dasarnya tidak terdapat aturan baku mengenai jumlah halaman dokumen ini. Kamu boleh membuatnya lebih dari satu halaman.

Namun, biasanya mencapai 2-3 halaman bergantung pada pengalaman kerja yang telah dilakoni.

Resume

Sebuah resume harus dibuat sesingkat mungkin, namun kaya akan informasi. Resume biasanya tidak lebih dari satu halaman.


Fungsi

thumbnail format cv

Beda CV dan resume yang kedua adalah dalam hal fungsi. Meski kerap kali digunakan untuk melamar kerja, terdapat fungsi lain yang dimiliki CV maupun resume.

Oleh karena itu, di beberapa tempat keduanya sering digunakan untuk tujuan yang berbeda.

Curriculum Vitae

CV tidak hanya umum digunakan untuk melamar pekerjaan. Dokumen ini juga seringkali dibuat untuk tujuan akademis, misalnya untuk mengikuti program penelitian di suatu institusi.

Contoh lainnya adalah seseorang bergelar pH.D yang hendak bergabung dengan pengajar di suatu universitas.

Resume

Resume umumnya dibuat untuk melamar pekerjaan tetap di suatu perusahaan. Dengan demikian, penggunaan dokumen ini memang sudah tidak asing bagi pelamar. 


Komponen dan Format

Baik CV maupun resume, memang memiliki komponen yang berisi informasi mengenai pelamar. Namun, keduanya memiliki detail bagian yang berbeda.

Jika dari jumlah halaman saja berbeda, komponen di dalamnya pun memiliki karakteristik tersendiri

Curriculum Vitae

CV bisa dibilang sebagai timeline atau kronologis perjalanan kehidupan seseorang. Berbagai kualifikasi dimuat dalam CV, sehingga benar-benar menggambarkan apa saja yang telah dilewati selama berkarir. 

CV bersifat universal dan dapat diperbarui seiring pengalaman yang bertambah. Oleh karena itu, CV dibuat lebih panjang dan detail.

CV dibuat secara berurutan sesuai dengan kronologi pengalaman kerja dan pendidikan. 

Dengan demikian, CV memiliki aturan tersendiri dalam pembuatannya. Isi dari CV harus tertata rapi agar informasi diri yang hendak disampaikan mudah dipahami.

Resume

Resume secara bahasa memang disebut sebagai ringkasan. Dokumen ini dibuat tidak memiliki aturan baku, melainkan disesuaikan dengan kebutuhan pelamar.

Penulisan resume berfokus pada informasi profesionalitas pelamar. Oleh karena itu, pembuatan dokumen ini tidak hanya bergantung pada sisi akademik semata.

Resume dapat dibuat sesuai dengan posisi pekerjaan yang hendak dilamar. Terlebih jika Kamu memiliki pengalaman kerja yang masih berhubungan.


Negara yang Menggunakan 

Perbedaan CV dan resume tidak hanya bergantung pada hal-hal teknis di atas saja. Ternyata, keduanya juga berbeda berdasarkan negara yang menggunakan.

Hal ini penting dipahami jika sewaktu-waktu Kamu hendak melamar pekerjaan di luar negeri.

Curriculum Vitae

CV lebih sering digunakan di negara-negara Amerika Latin dan Eropa untuk melamar pekerjaan. Di Eropa sendiri tidak begitu sering menggunakan resume yang hanya memberikan gambaran sekilas mengenai informasi diri.

Jika Kamu hendak melamar pekerjaan di kawasan Inggris, ada baiknya menyiapkan CV yang rapi dan tertata dengan baik.

Resume

Resume kerap kali digunakan di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.

Terutama untuk melamar suatu pekerjaan di perusahaan. Di Amerika Serikat, penggunaan resume cukup jarang untuk tujuan akademis.

Mereka menggunakan CV lengkap ketika hendak berkontribusi dalam institusi pendidikan.


Contoh

Untuk memudahkan kamu dalam membedakan mana CV dan mana resume, lebih baik kamu simak contoh berikut ini.

Curriculum Vitae

Kamu bisa melihat bahwa contoh CV di bawah ini menggambarkan identitas secara berurutan.

Hal ini dimulai dari foto, informasi kontak/profil, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, dan penghargaan/prestasi apabila memilikinya. 

contoh-cv-pada-perbedaan-cv-dan-resume

Resume

Seperti yang telah diulas diatas, resume pada dasarnya tidak memiliki aturan yang tetap. Artinya, pelamar bisa menuliskannya sesuai kebutuhan ketika melamar pekerjaan.

Seperti contoh di bawah ini yang menjelaskan resume mengenai identitas secara singkat.

contoh-resume-pada-perbedaan-cv-dan-resume

Gimana? Udah paham perbedaan CV dan resume?

Jika sudah, kamu sudah bisa mulai dong buat cv atau resume sesuai kebutuhan kamu.

Jika kamu belum paham tentang cara membuat resume, kamu bisa cek artikel Format CV, untuk memudahkan kamu membuat CV yang disukai HRD.